eprintid: 50817 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 4152 dir: disk0/00/05/08/17 datestamp: 2025-07-08 03:45:47 lastmod: 2025-07-11 04:54:47 status_changed: 2025-07-11 04:54:47 type: thesis succeeds: 50789 metadata_visibility: show creators_name: SUCI, CITA creators_id: 4441210079 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: WIBOWO, ARIS SUPRIYO contributors_name: WIDIATI, SITI contributors_id: 196307272006041001 contributors_id: 199603072022032008 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS PERTANIAN corp_creators: JURUSAN AGRIBISNIS title: ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAKMIE SEJAWAT SEBAGAI KULINER KHAS DI SUKABUMI JAWA BARAT ispublished: pub subjects: S1 divisions: FAPERTA divisions: Agri full_text_status: restricted keywords: Bakmie Sejawat, Marketing Strategy, QSPM, Sukabumi, SWOT. note: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Bakmie Sejawat sebagai usaha kuliner khas Sukabumi dengan menggunakan pendekatan SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara yang disebarkan kepada 30 orang karyawan internal dan 10 orang konsumen eksternal. Analisis Matriks IFE menunjukkan total skor 3,32 dan Matriks EFE skor 3,20, menempatkan Bakmie Sejawat pada Kuadran I Matriks IE, yang menunjukkan strategi tumbuh dan membangun. Posisi ini menunjukkan bahwa Bakmie Sejawat memiliki kapabilitas internal yang kuat dan berada dalam lingkungan eksternal yang menguntungkan, memberikan landasan yang kuat untuk ekspansi bisnis. Dalam konteks ini, perusahaan didorong untuk mengadopsi strategi intensif seperti pengembangan produk dan penetrasi pasar, serta strategi integratif seperti meningkatkan rantai pasokan atau membentuk kemitraan strategis. Pendekatan-pendekatan ini selaras dengan kekuatan Bakmie Sejawat dalam hal branding, kualitas produk, dan keterlibatan pelanggan. Analisis SWOT menghasilkan delapan strategi alternatif, dan Matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi prioritas utama adalah memberikan pelatihan khusus kepada karyawan Generasi Z untuk meningkatkan layanan pelanggan (TAS 5,78). Studi ini menyimpulkan bahwa Bakmie Sejawat memiliki potensi yang kuat untuk tumbuh melalui strategi yang intensif dan integratif, dengan fokus pada peningkatan kualitas layanan, pengembangan produk, dan efisiensi operasional sebagai merek kuliner lokal yang kompetitif. abstract: This study aims to analyze the marketing strategy of Bakmie Sejawat as a signature culinary business in Sukabumi using SWOT and QSPM approaches. This research used a descriptive quantitative method with data collected through observation, and interviews. distributed to 30 internal employees and 10 external consumers. The IFE Matrix analysis shows a total score of 3.32 and the EFE Matrix a score of 3.20, placing Bakmie Sejawat in Quadrant I of the IE Matrix, which suggests a growth and build strategy. This position indicates that Bakmie Sejawat has strong internal capabilities and is in a favorable external environment, providing a solid foundation for business expansion. In this context, the company is encouraged to adopt intensive strategies such as product development and market penetration, as well as integrative strategies like enhancing its supply chain or forming strategic partnerships. These approaches are aligned with Bakmie Sejawat's strengths in branding, product quality, and customer engagement. The SWOT analysis resulted in eight alternative strategies, and the QSPM Matrix indicated that the top-priority strategy is providing special training to Generation Z employees to improve customer service (TAS 5.78). This study concludes that Bakmie Sejawat has strong potential for growth through intensive and integrative strategies, focusing on service quality enhancement, product development, and operational efficiency as a competitive local culinary brand. date: 2025 date_type: published pages: 113 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: AGRIBISNIS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: SUCI, CITA (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAKMIE SEJAWAT SEBAGAI KULINER KHAS DI SUKABUMI JAWA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/1/Cita%20Suci_4441210079_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/2/Cita%20Suci_4441210079_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/3/Cita%20Suci_4441210079_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/4/Cita%20Suci_4441210079_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/5/Cita%20Suci_4441210079_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/6/Cita%20Suci_4441210079_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/7/Cita%20Suci_4441210079_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50817/8/Cita%20Suci_4441210079_Lamp.pdf