@phdthesis{eprintuntirta50735, note = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan bahan ajar yang menarik pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Kota Serang yang berdampak pada motivasi belajar siswa. Atas dasar itulah peneliti mengembangkan e-modul komik matematika guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMPN 10 Kota Serang sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen non-tes, diantaranya angket kelayakan, angket kepraktisan dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk teruji layak yang didasari oleh hasil penelitian ahli materi sebesar 87\% dengan kriteria sangat layak, penilaian oleh ahli media sebesar 88\% dengan kriteria sangat layak. Kemudian produk teruji sangat praktis yang didasari oleh hasil penilaian oleh guru sebesar 94\% dan hasil penilaian oleh siswa sebesar 81\% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya produk juga mampu meningkatkan motivasi belajar yang didasari oleh hasil pengujian N-Gain sebesar 0,67 yang termasuk ke dalam kategori sedang dan didukung dengan hasil belajar dari tes formatif mengalami peningkatan yang didasari oleh hasil pengujian N-Gain sebesar 0,47 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan demikian, e-modul komik matematika yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Produk ini layak dijadikan alternatif bahan ajar inovatif berbasis teknologi digital yang mendukung pembelajaran matematika lebih menarik dan interaktif.}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP}, year = {2025}, author = {Riny Anggraeni}, abstract = {This research is motivated by the lack of use of interesting teaching materials in mathematics learning at SMPN 10 Serang City which has an impact on student learning motivation. On that basis, researchers developed a math comic e-module to increase student learning motivation. The method used is Research and Development (R\&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects in this study were students of class VII E SMPN 10 Serang City as many as 30 students. The instruments used in this research are non-test instruments, including feasibility questionnaire, practicality questionnaire and learning motivation questionnaire. The results showed that the product was tested feasible based on the results of material expert research of 87\% with very feasible criteria, an assessment by media experts of 88\% with very feasible criteria. Then the product was tested to be very practical based on the results of the assessment by the teacher of 94\% and the results of the assessment by students of 81\% with very practical criteria. Furthermore, the product is also able to increase learning motivation based on the results of N-Gain testing of 0.67 which is included in the moderate category and supported by learning outcomes from formative tests experiencing an increase based on the results of N-Gain testing of 0.47 which is included in the moderate category. Thus, the developed math comic e-module is proven to be valid, practical, and effective in increasing the motivation to learn.}, keywords = {E-module, comic, learning motivation, mathematics, ADDIE development model E-modul, komik, motivasi belajar, matematika, pengembangan ADDIE}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/50735/} }