%0 Thesis %9 S1 %A UROHMAH, AULIA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, %B PENDIDIKAN MATEMATIKA %D 2025 %F eprintuntirta:50710 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Animated Video Learning Media, Banten Culture, Conceptual Understanding, Three-Dimensional Geometry Media Pembelajaran Video Animasi, Kebudayaan Banten, Pemahaman Konsep Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar, %P 259 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEBUDAYAAN BANTEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS %U https://eprints.untirta.ac.id/50710/ %X This research is motivated by the low conceptual understanding of students in learning three-dimensional geometry with flat surfaces and the limited use of contextual and engaging learning media. The focus of this study is to develop animated video learning media that integrates local culture, specifically Banten culture, to enhance students' conceptual understanding in mathematics. Theoretical foundations include media-based learning theory, constructivist approaches in mathematics education, and the importance of integrating local wisdom in the learning process. The purpose of this study is to develop a valid, practical, and effective Banten culture-based animated video learning media to improve students' conceptual understanding. This research employs a Research and Development (R&D) method using the 4D development model, which includes Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The procedures involve analyzing students’ needs and curriculum, designing the media and instruments, developing the animated video, validating it through media and content experts, conducting limited trials at SMP Negeri 10 Kota Serang (Grade IX), and implementing limited dissemination. The results show that the developed media is highly valid, with an overall validation score of 80.5%—86% from content experts and 75% from media experts. The practicality test, based on students' responses, reached 82%, categorized as very practical. The effectiveness test showed a significant improvement in students' conceptual understanding, with the average pre-test score of 30.16 increasing to 84.92 in the post-test, resulting in an N-Gain score of 0.77 (high category). It can be concluded that the Banten culture-based animated video media is valid, practical, and effective for enhancing students’ mathematical conceptual understanding in learning three-dimensional shapes. %Z Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran video animasi yang mengintegrasikan kebudayaan lokal, khususnya kebudayaan Banten, untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Landasan teori yang mendasari penelitian ini mencakup teori pembelajaran berbasis media, teori konstruktivisme dalam memahami konsep matematika, serta pentingnya kearifan lokal dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis kebudayaan Banten yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Prosedur penelitian dimulai dari tahap pendefinisian kebutuhan siswa dan kurikulum, dilanjutkan dengan perancangan media, pengembangan produk, validasi oleh ahli materi dan ahli media, uji coba terbatas di kelas IX SMP Negeri 10 Kota Serang, serta penyebarluasan terbatas media yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata validasi sebesar 80,5%. Uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan kategori sangat praktis dengan skor 82%, dan uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep matematis siswa, dengan nilai N-Gain sebesar 0,77 (kategori tinggi). Dengan demikian, disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis kebudayaan Banten layak digunakan untuk mendukung pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang sisi datar.