eprintid: 50689 rev_number: 38 eprint_status: archive userid: 7644 dir: disk0/00/05/06/89 datestamp: 2025-07-11 03:45:50 lastmod: 2025-07-11 03:45:50 status_changed: 2025-07-11 03:45:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sabrinaokta67@gmail.com creators_name: Putri, Sabrina Oktaviantri Sagita creators_id: 2282210043 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Solfarina, Solfarina contributors_name: Fatmasari, Nela contributors_id: 197304202000122000 contributors_id: 199406102023212043 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN KIMIA title: PENGEMBANGAN E-MODUL REAKSI REDUKSI OKSIDASI DENGAN COMIC BERBASIS LEARNING CYCLE 5E ispublished: pub subjects: L1 divisions: Kimia divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Comic , E-Modul, Learning Cycle 5E, Reaksi Reduksi Oksidasi note: Pemahaman peserta didik terhadap materi reaksi reduksi dan oksidasi masih rendah karena sifat konsepnya yang abstrak, sehingga menyebabkan miskonsepsi, serta belum tersedianya media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-modul interaktif pada materi reaksi reduksi oksidasi berbasis komik dengan pendekatan Learning Cycle 5E yang layak digunakan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XII di SMAN 6 Pandeglang. Hasil validasi oleh sembilan validator ahli menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata validasi materi sebesar 0,96 dan validasi media sebesar 0,91. Respons peserta didik terhadap penggunaan e-modul menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan rata-rata skor 93,1%, mencakup aspek isi (93,06%), penyajian (93,06%), bahasa (90,93%), kegrafikan (95,83%), kelayakan media elektronik (93,19%), dan penerapan model Learning Cycle 5E (92,22%). Implementasi e-modul menghasilkan rata-rata nilai diskusi kelompok sebesar 95,63 dan nilai evaluasi individu sebesar 91,11. Temuan ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia yang interaktif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. abstract: Students' understanding of reduction and oxidation reactions is still low due to the abstract nature of the concepts, which leads to misconceptions and a lack of contextual and engaging learning media. This study aims to produce interactive e-modules as learning media on oxidation-reduction reactions based on comics using the 5E Learning Cycle approach that is suitable for use. The study employs the ADDIE development model, which includes five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects were 36 twelfth-grade students at SMAN 6 Pandeglang. Validation results from nine expert validators indicate that the e-module falls into the highly valid category, with an average material validation score of 0.96 and a media validation score of 0.91. Student responsses to the use of the e-module showed a very high level of feasibility with an average score of 93.1%, covering aspects of content (93.06%), presentation (93.06%), language (90.93%), graphics (95.83%), electronic media feasibility (93.19%), and the application of the 5E Learning Cycle model (92.22%). Implementing the e-module resulted in an average group discussion score of 95.63 and an individual evaluation score of 91.11. These findings indicate that the developed e-module is suitable for use as an interactive and effective chemistry learning medium to enhance student learning outcomes. date: 2025 date_type: published pages: 352 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Pendidikan Kimia thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. Ahmar, D. S., Azzajjad, M. F., & Syahrir, M. (2020). Students’ Representation Ability in Chemistry. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(2), 181–187. Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. Ainin, Moh. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(8), 95–110. Ainun, N., Masriani, M., & Rasmawan, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Proyek Pembuatan Ekstrak Indikator Alami Asam Basa. Jurnal Education And Development, 9(3), 103–109. Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 185–199. Annisa, N., Sugiarti, Y., & Handayani, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Materi Sortasi dan Grading. EDUFORTECH, 6(1), 39–44. Ardiyanto, R. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Website Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa [Skripsi]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Arianti, A. S. (2019). Kajian Visual Gaya Gambar Komik Aksi Indonesia Studi Kasus Pandji Tengkorak (1968) Dan Raibarong (2016). Universitas Komputer Indonesia. Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, Si. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daroini, S. (2022). Studi Kelayakan Buku Ajar Bahasa Arab Berdasarkan Standar BSNP. Tarbiyatuna : Jurnal pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116. Astuti, N., & Muncarno, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 983–989. Avianka, V., Mardhiani, Y. D., & Santoso, R. (2022). Studi Pustaka Peningkatan Nilai SPF (Sun Protection Factor) pada Tabir Surya dengan Penambahan Bahan Alam. JSK : Jurnal Sains dan Kesehatan, 4(1), 79–88. Bahri, M. S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. Baroroh, E. K., & Ismatulloh, K. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Kimia di Kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela. Lambda : Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 2(1), 1–5. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (1 ed., Vol. 1). Springer US. Chang, R., & Goldsby, K. A. (2016). Chemistry (12 ed., Vol. 1). Publisher McGraw: Hill Education. Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. Destiniar, D., Rohana, R., & Ardiansyah, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1797. Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. Elsheikh, M., Guirguis, H., & Amer, A. E. (2017). Removal of Iron and Manganese from Groundwater: A Study of Using Potassium Permanganate and Sedimentation. Bulletin of the Faculty of Engineering. Mansoura University, 42(3), 7–12. Fausih, M., & T, D. (2014). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3), 1–9. Hadinugrahaningsih, T., Rahmawat, Y., & Suryani, E. (2022). An Analysis Of Preservice Chemistry Teachers’ Misconceptions Of Reduction-Oxidation Reaction Concepts. Journal of Technology and Science Education, 12(2), 448–465. Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Literasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 54–64. Haryono, H. E. (2019). KIMIA DASAR (1 ed.). Deepublish Publisher. Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwan, A. M., Rahmat, A., & P, I. M. I. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran Media Pembelajaran (Vol. 1). Hayati, I., Sholahuddin, A., & Irhasyuarna, Y. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 118–125. Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. Istiyanto, H., Tumingan, T., & Suryono, J. (2025). Evaluasi Dampak Korosi Baja Terhadap Kapasitas Struktur Jembatan Sungai Dama. Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil, 12(3), 108–114. Izasatifa, B. (2023). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Izzati, F. D., & Sumarsih, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Peta Akuntansi (Taksi) Berbasis Android Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 32–46. Kurniawati, Y., Wandita, S. A., & Lestari, Y. (2023). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Kuantan Singingi, 1(1), 28–33. Lena, M. S., Nisa, S., Suciwanisa, R., & Taftian, L. Y. F. (2023). Analisis Penerapan EYD dalam Sebuah Karya Ilmiah. BERSATU : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 199–206. Likens, G. E., & Bormann, F. H. (1974). Acid Rain: A Serious Regional Environmental Problem. Science, 184(4142), 1176–1179. Lubis, S. J. (2022). Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Siswa Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Edumaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 55–61. Mardlyyah, N. S. (2024). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Pengukuran [Skripsi]. Universitas Lampung. Marfu’ah, S., Anwar, S., & Hendrawan, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Koloid Menggunakan Metode Four Steps Teaching Material Development. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 715–727. Maydiantoro, A. (2021). Research Model Development: Brief Literature Riview. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1(2), 29–35. Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. Minarni, Malik, A., & Fuldiaratman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik dengan 3D Page Flip pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2295–2306. Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. Nelson, N., & Yocum, C. F. (2006). Structure and Function of Photosystem I and II. Annual Review of Plant Biology, 57(1), 521–565. Nikat, R. F., & Sumanik, N. B. (2021). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi Media Pembelajaran Untuk Menunjang Kompetensi Inovatif Guru Di SMPN 3 Merauke Rikardus Feribertus Nikat 1). Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 273–282. Ningtyas, H. A., & Rahmawati, L. E. (2023). Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan Bahan Ajar Teks Deskripsi di SMP Kelas VII. Imajeri : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 52–71. Norsidi, N., & Suwarno, A. (2024). Efektivitas dan Kelemahan Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XII IPS SMA Wisuda Pontianak. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 8(1), 32–40. Nugraheni, S. D., Harijono, H., & Wardani, A. K. (2023). Optimasi Konsentrasi Senyawa Anti Pencoklatan pada Penyimpanan Jamur Kancing (Agaricus bisporus) Segar. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 17(3), 632–643. Nurrahmajanti, A., Ramadhani, S., & Mulyani, R. W. E. (2023). Pengaruh Oksidasi Kalium Permanganat Terhadap Hasil Pre-Treatment Kain Poliester Kapas (65%-35%). Texere, 21(2), 123–130. Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50–55. Pratama, A. R., Deswalantri, Sesmiarni, Z., & Khairuddin. (2022). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Di Sma Negeri 4 Kota Bukittinggi. KOLONI : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 383–392. Prayitno, D., Riyono, J., Pujiastuti, E., & J, S. (2021). Korosi : Mekanisme dan Pencegahannya. Kocenin Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–24. Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111. Putri, M. A., Salsabilla, S., Yusuf, S., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur : Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 437–441. Rahma, S., Effendi, Z. M., Zuwirna, Z., Kusumaningrum, I., & J, F. Y. (2023). Development of E-Modules Based on 5E instructional Models in Chemistry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6603–6609. Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. Rayanto, Y. H., & Sugianti, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek (T. Rokhmawan, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Lembaga Academic & Research Institute. Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84–92. Rokhim, D. A., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2023). Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 23–34. Roziyah, D. A., & Kamaludin, A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Chemo-Edutaiment (CET) pada Materi Reaksi Redoks. Journal of Tropical Chemistry Research & Education (JTC-RE), 1(1), 21–28. Said, U. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis PjBL Dalam Pemanfaatan Limbah Jerami Padi Dan Sekam Padi Untuk Pembelajaran Kimia Hijau Pada Fase E [Skripsi]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sanij, A. R. D., Tharumalingam, E., Dusseault, M. B., & Fraser, R. (2019). Study of energy storage systems and environmental challenges of batteries. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 104, 192–208. Saputro, Y. P. D., & Lestari, M. (2022). Evaluasi Penggunaan Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 5(2), 75–78. Saraswati, S., Linda, R., & Herdini, H. (2019). Development of Interactive E-Module Chemistry Magazine Based on Kvisoft Flipbook Maker for Thermochemistry Materials at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 3(1), 1–6. Sari, F. A., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 24–32. Satriady, A., Alamsyah, W., Saad, A. H., & Hidayat, S. (2016). Pengaruh Luas Elektroda Terhadap Karakteristik Baterai LiFePO4. Jurnal Material dan Energi Indonesia, 6(2), 43–48. Seftiana, D., & Delia, B. A. (2022). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon dan Game Interaktif Menggunakan Webside Oodlu Materi Pecahan Sederhana Kelas 3 Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51–59. Septianingrum, I. (2022). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan Kritis Inggit Septianingrum. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 273–279. Setiawan, A., Gustianda, F., & Hisayat, A. (2023). Analisis Pengaruh Air Hujan dan Akibat Terjadinya Karat Jenis Korosi pada Besi Metalic. Jurnal Multidisiplin Raflesia, 2(2), 78–82. Siregar, F. M. H., Zainul, R., Andromeda, A., Oktavia, B., & Lubis, A. P. (2023). Module Development on Basic Laws of Chemistry Based on the 5E Instructional Model to Improve Science Process Skill in Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5420–5428. Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 92–106. Sofwan, M. Z., Farida, F., Arroyo, M., Sa diyah, H., Junianti, A. D., & Andrean, M. R. (2024). Optimalisasi Penggunaan Kalimat Efektif untuk Meningkatkan Komunikasi yang Jelas. JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6799–6808. Subroto, E. N., Qohar, Abd., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 135–141. Sukmawati, W. (2020). REDOKS DAN ELEKTROKIMIA (Vol. 1). Bintang Pustaka Madani. Sunar, S., Gustina, T. R., & Nikmah, N. (2021). Respons Pertumbuhan, Produksi, dan Kandungan Seng (Zn) Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Terhadap Teknik Pemberian dan Dosis Pupuk Zink Sulfat. Jurnal Agrisia, 14(1), 1–13. Sundari, T. U. M. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Arias Dan Learning Cycle 5e Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair. [Skripsi].Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Suryati, S., Surningsih, S., & Mashami, R. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Reaksi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Nature Of Science untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa. Reflection Journal, 2(1), 26–33. Susanto, D. A. (2013). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan 7E Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Cahaya Peserta Didik [Skripsi]. Universitas Pendidikan Indonesia. Syahrani, R. A., Jusniar, J., & Hardin, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Berbasis Flip PDF Professional Pada Model Discovery Learning. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3), 235–242. Tang, W., Zhu, X., & Qian, Y. (2022). Applying Factor Analysis For Assessing Knowledge Structure Of Students In Grade 10: The Subject Of Redox Reaction. Journal of Baltic Science Education, 21(4), 680–693. Tiara, M. W., Daningsih, E., & Candramila, W. (2025). Pengembangan E-encyclopedia Fitoplankton dengan Mengintegrasikan Hasil Penelitian di Sungai Penyangkat Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 8(1), 53–62. Tsuroyya, Z. N., Yunita, L., & Ramli, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Ikatan Kimia untuk Siswa Kelas X IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 123–130. Umam, K. (2018). Pengaruh Media Picture Story terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 111–115. Umam, M. A. Z. (2025). Optimasi Sifat Fisik dan Mekanik Baja SS400 dengan Variasi Metode Chromizing [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia. Utami, V. U., Ardi, A., Lufri, L., & Fuadiah, S. (2021). Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sistem Gerak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 217–223. Wahyuni, A., Marjanah, M., & Aswan, D. M. (2024). Penghambatan Proses Browning Enzimatis pada Buah Apel sebagai Model Praktikum Biologi. Jurnal Biologica Samudra, 6(1), 50–56. Wanti, R., & Yerimadesi. (2019). Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edu Kimia Journal, 1(2), 38–45. Wati, D., Usman, & Nurlaili. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Model Learning Cycle 3E dan Learning Cycle 5E pada Materi Larutan Penyangga. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, 1, 112–114. Weber, A. Z., Mench, M. M., Meyers, J. P., Ross, P. N., Gostick, J. T., & Liu, Q. (2011). Redox flow batteries: a review. Journal of Applied Electrochemistry, 41(10), 1137–1164. Wicaksono, I., Aprilia, I., & Supraptiningsih, L. K. (2022). Penerapan Asesmen Formatif Pembelajaran Fisika dengan Kuis Game Edukasi dan Penilaian Diri Siswa SMA. Education Journal, Journal Education Research and Development, 6(2), 139–150. Widhy, P. (2012). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA (Nomor 1). Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936. Wulandari, E., Ratnaningsih, A., & Pangestika, R. R. (2022). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 34–39. Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa, 5(1), 42–47. Yuliana, V., Copriady, J., & Erna, M. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 1–12. Yusuf, M., Legowo, A. M., & Al-Baarri, A. N. (2024). Uji Penghambatan Reaksi Pencoklatan pada Buah Apel Potong oleh Asam Hypoiodous (HIO) Berdasarkan Deteksi Perubahan Warna. Jurnal Teknologi Pangan, 8(2), 3–6. Zainudin, M., Shafieka, N., Salleh, W., & Hakimi, W. M. N. (2024). Pembangunan dan Kebolehgunaan Permainan Catterpillar Bond bagi Topik Ikatan Kimia Terhadap Pelajar Tingkatan 4. Asian Pendidikan, 4(4), 10–15. Zhang, L., Yang, S., Chang, J., Zhao, D., Wang, J., Yang, C., & Cao, B. (2020). A Riview Of Redox Electrolytes for Supercapacitors. Frontiers in Chemistry, 8(413). Zulfiranti, D. (2022). Pengembangan KIT Praktikum Reaksi Redoks di SMA Negeri 1 Jaya [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. citation: Putri, Sabrina Oktaviantri Sagita (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL REAKSI REDUKSI OKSIDASI DENGAN COMIC BERBASIS LEARNING CYCLE 5E. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/1/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/9/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_01.PDF document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/3/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/4/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/6/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/5/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/7/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/8/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50689/10/Sabrina%20Oktaviantri%20Sagita%20Putri_2282210043_CP.PDF