%0 Thesis %9 S1 %A Putri, Sabrina Oktaviantri Sagita %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN KIMIA, %B Pendidikan Kimia %D 2025 %F eprintuntirta:50689 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Comic , E-Modul, Learning Cycle 5E, Reaksi Reduksi Oksidasi %P 352 %T PENGEMBANGAN E-MODUL REAKSI REDUKSI OKSIDASI DENGAN COMIC BERBASIS LEARNING CYCLE 5E %U https://eprints.untirta.ac.id/50689/ %X Students' understanding of reduction and oxidation reactions is still low due to the abstract nature of the concepts, which leads to misconceptions and a lack of contextual and engaging learning media. This study aims to produce interactive e-modules as learning media on oxidation-reduction reactions based on comics using the 5E Learning Cycle approach that is suitable for use. The study employs the ADDIE development model, which includes five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects were 36 twelfth-grade students at SMAN 6 Pandeglang. Validation results from nine expert validators indicate that the e-module falls into the highly valid category, with an average material validation score of 0.96 and a media validation score of 0.91. Student responsses to the use of the e-module showed a very high level of feasibility with an average score of 93.1%, covering aspects of content (93.06%), presentation (93.06%), language (90.93%), graphics (95.83%), electronic media feasibility (93.19%), and the application of the 5E Learning Cycle model (92.22%). Implementing the e-module resulted in an average group discussion score of 95.63 and an individual evaluation score of 91.11. These findings indicate that the developed e-module is suitable for use as an interactive and effective chemistry learning medium to enhance student learning outcomes. %Z Pemahaman peserta didik terhadap materi reaksi reduksi dan oksidasi masih rendah karena sifat konsepnya yang abstrak, sehingga menyebabkan miskonsepsi, serta belum tersedianya media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-modul interaktif pada materi reaksi reduksi oksidasi berbasis komik dengan pendekatan Learning Cycle 5E yang layak digunakan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XII di SMAN 6 Pandeglang. Hasil validasi oleh sembilan validator ahli menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata validasi materi sebesar 0,96 dan validasi media sebesar 0,91. Respons peserta didik terhadap penggunaan e-modul menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan rata-rata skor 93,1%, mencakup aspek isi (93,06%), penyajian (93,06%), bahasa (90,93%), kegrafikan (95,83%), kelayakan media elektronik (93,19%), dan penerapan model Learning Cycle 5E (92,22%). Implementasi e-modul menghasilkan rata-rata nilai diskusi kelompok sebesar 95,63 dan nilai evaluasi individu sebesar 91,11. Temuan ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia yang interaktif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.