@phdthesis{eprintuntirta50681, year = {2025}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR DAN KAPABILITAS PEMASARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT. ATOMY Indonesia)}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management atau CRM (X) terhadap Kinerja Pemasaran (Y) yang dimediasi oleh Orientasi Pasar (Z1) dan Kapabilitas Pemasaran (Z2) pada salah satu agensi di PT. ATOMY Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dari penelitian ini merupakan agensi 313 Warrior Heppi dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana responden merupakan seluruh agen 313 Warrior Heppi yang berjumlah 48 agen pemasar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) CRM berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, (2) CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi pasar, (3) CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapabilitas pemasaran, (4) Orientasi pasar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, (5) Kapabilitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, (6) Orientasi pasar tidak mampu memediasi pengaruh CRM terhadap kinerja pemasaran dan (7) Kapabilitas pemasaran mampu memediasi pengaruh CRM terhadap kinerja pemasaran.}, author = {GRACE MARINTAN STEACY SIMBOLON}, keywords = {CRM, Marketing Performance, Market Orientation, Marketing Capabilities CRM, Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar, Kapabilitas Pemasaran}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/50681/}, abstract = {This study aims to determine the effect of Customer Relationship Management or CRM (X) on Marketing Performance mediated by Market Orientation (Z1) and Marketing Capabilities (Z2) at one of the agencies at PT. ATOMY Indonesia. The method that is used in this research is quantitative research. The population of this study is the 313 Warrior Heppi Agency and the sampling technique of this study uses a saturated sampling technique where the respondents are all 313 Warrior Heppi agents totalling 48 agents. The data analysis technique used in this study is Structural Equation Modelling (SEM) using SmartPLS 4 as the analysis tool. The results of this study indicates that: (1) CRM has a positive but insignificant effect on marketing performance, (2) CRM has a positive and significant effect on market orientation, (3) CRM has a positive and significant effect on marketing capabilities, (4) market orientation has a negative and insignificant effect on marketing performance, (5) marketing capabilities has a positive and significant effect on marketing performance, (6) market orientation is unable to mediate the effect of CRM on marketing performance and (7) marketing capabilities is able to mediate the effect of CRM on marketing performance.} }