eprintid: 50655 rev_number: 36 eprint_status: archive userid: 22767 dir: disk0/00/05/06/55 datestamp: 2025-07-11 07:24:20 lastmod: 2025-07-11 07:24:20 status_changed: 2025-07-11 07:24:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 2222210042@untirta.ac.id creators_name: FADILLA, SALMA creators_id: 2222210042 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: EDIWARMAN, EDIWARMAN contributors_name: IRIYANSAH, MUHAMMAD RINZAT contributors_id: 196610052001121001 contributors_id: 198909022022031007 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA title: PENGARUH METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PADARINCANG ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: Bahasa full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Menulis Teks Naratif, Metode Mendongeng, Media Boneka Tangan, Metode Demonstrasi, Media Audiovisual YouTube. note: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode mendongeng dan media boneka tangan, pengaruh penggunaan metode demonstrasi dan media audiovisual YouTube, dan perbedaan pengaruh antara penggunaan metode mendongeng dengan media boneka tangan dan penggunaan metode demonstrasi dengan media audiovisual YouTube terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VII di SMPN 1 Padarincang. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain the Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi adalah 243 yang tersebar di tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Dengan jumlah sampel 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Data yang diperoleh berupa hasil tes menulis teks naratif dari pretest dan posttest melalui perhitungan statistik dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, ditemukan bahwa: (1) metode mendongeng dan media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VII di SMPN 1 Padarincang, dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ α= 0,05; (2) metode demonstrasi dan media audiovisual YouTube juga berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VII di SMPN 1 Padarincang, dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 ≤ α= 0,05; dan (3) terdapat perbedaan signifikan antara penggunaan metode mendongeng dengan media boneka tangan dan penggunaan metode demonstrasi dengan media audiovisual YouTube terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VII di SMPN 1 Padarincang, dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,037 ≤ α= 0,05. Selain itu, nilai rerata belajar siswa yang menggunakan metode mendongeng dengan media boneka tangan sebesar 72,0000, sedangkan dengan nilai rerata belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi dengan media audiovisual YouTube sebesar 66,9328, dengan selisih sebesar 5,0672 poin. Dengan demikian, pembelajaran menulis teks naratif lebih efektif jika menggunakan metode mendongeng dengan media boneka tangan. abstract: This study aims to analyse the effect of using storytelling method and hand puppet media, the effect of using demonstration method and YouTube audiovisual media, and the difference in effect between the use of storytelling method with hand puppet media and the use of demonstration method with YouTube audiovisual media on the ability to write narrative text of grade VII students at SMPN 1 Padarincang. This quantitative approach research uses a Quasi-Experimental Design with the Nonequivalent Control Group Design which uses two classes, namely the experimental class and the control class. The total population is 243 spread across seven classes. The sampling technique in this study used Purposive Sampling technique. With a sample size of 25 experimental class students and 25 control class students. Data obtained in the form of narrative text writing test results from pretest and posttest through statistical calculations with the help of SPSS 25 application. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, it was found that: (1) storytelling method and hand puppet media have an effect on the ability to write narrative text of seventh grade students at SMPN 1 Padarincang, as evidenced by the Sig. (2-tailed) value of 0,000 ≤ α= 0,05; (2) demonstration method and YouTube audiovisual media also have an effect on the ability to write narrative text of seventh grade students at SMPN 1 Padarincang, as evidenced by the Sig. (2-tailed) value of 0,002 ≤ α= 0,05; and (3) there is a significant difference between the use of storytelling method with hand puppet media and the use of demonstration method with YouTube audiovisual media on the ability to write narrative text of grade VII students at SMPN 1 Padarincang, as evidenced by the Sig. (2-tailed) value of 0,037 ≤ α= 0,05. In addition, the average learning value of students using the storytelling method with hand puppet media is 72,0000, while the average learning value of students using the demonstration method with YouTube audiovisual media is 66,9328, with a difference of 5,0672 points. Thus, learning to write narrative text is more effective when using the storytelling method with hand puppet media. date: 2025-07-04 date_type: published pages: 359 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Arista, Reski. (2022). Pengaruh Metode Mendongeng Plus Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelas B3 di TK Mawar Somba OPu. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Gowa: Univeristas Islam Negeri Alauddin Makassar. Diakses 22 Desember 2024, dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20584/1/Pengaruh%20Metode%20Mendongeng%20Plus%20Boneka%20Tangan%20terhadap%20Kemampuan%20Berbicara%20Anak%20Kelas%20B3%20di%20TK%20Mawar%20Somba%20Opu.pdf Arzani, M., & Marzoan, L. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Dewi Kayangan Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 377-387. Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata. Budiana, I. et al. (2022). Strategi Pemebelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary, 3, 190-203. Djumingin, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Teori dan Penerapannya. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. Ellis, G., & Brewster, J. (2014). Tell Again! : The Storytelling Handbook for Primary English Langauge Teacher. England: British Council. Fadlan, A., & Harianto, D. (2019). Efektivitas Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37. Fatimah, Nurul, Layali, Aziztul, & Ramiyati, Eka. (2024). Pengaruh Metode Mendongeng dengan Bantuan Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDI Kebunrejo. ATTA'LIM:Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 73 - 83. Hasibuan, N. H., Sibuea, P., Rambe, N., Ningsih, D. S., & Utami, W. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 202-213. Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik: Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani. Howard, R. M. (2021). Writing Matters: a Handbook for Writing and Research. New York: McGraw Hill. Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(2), 1-19. Jauhari, H. (2018). Terampil Mengarang: Dari Persiapan hingga Presentasi, dari Opini hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendikia. Keraf, G. (2003). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT SUN. Klasek, C. B. (1972). Intructional Media in the Modern School. U.S.A: Profesional Educators Publications. Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya. Kurniawan, A. et al. (2022). Metode Pembelajaran di Era Digital 4.0. Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenada Media Group. Kusumaningrum, E. (2021). Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak. Yogyakarta: Jejak Pustaka. Lubis, R. F. (2016). Narrative Text. English Education, 4(2), 1-14. Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Marwah, & Marwah. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34-42. Masturo, U., & Nasucha, J. A. (2023). Implementasi Media Boneka Tangan dan Media Audio Drama dalam Melatih Kemampuan Bahasa Anak di Paud-KB-TK Islam Sabrina Sidoarjo. JOECES: Journal of Early Childhood Education Studies, 3(2), 210-270. Mulyaningtyas, R. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Alim's Publishing Jakarta. Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA. Reswita, & Bastian, A. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata. Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. S., M. S., Atmapratiwi, H., & Sudrajat, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMP Generasi Madani Cibinong. ALEGORI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 1-8. Schmidt, H. J., & Schmidt, K. J. (1989). Learning with Puppets: a Guide to Making and Using Puppets in the Classroom. U.S.: Meriwether Pub. Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing. Simanungkalit, E., Halimatussakdiah, Faisal, Sembiring, M. M., & Marbun, S. M. (2019). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Solang, D. J. (2023). Metode Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain Vs Stacking Analisis Perubahan Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta:Suryacahya. Sundahry, Putra, Y. I., Andriani, O., Pilitan, R. B., & Mufti, D. (2023). Metode, Model, dan Media Pembelajaran. Klaten: Lakeisha. Sutikono, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovattif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok : Holistica. Tarigan, H. G. (2021). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Menulis. Bandung: Titian Ilmu. Tatro, M., Supriyadi, & Ntelu, A. (2021). Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2020/2021. JBSB: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 11(2), 108-121. Trihono, E. S. (2017). Kemampuan Menulis Teks Naratif. Malang: Media Nusa Creative. Tyasmaning, E. (2022). Model dan Metode Pembelajaran. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Wibowo, B. E., Sukardi, & Purnomo. (2017). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat dan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Narasi. JLJ: Joyful Learning Journal, 6(2), 83-91. Widiyani, Dewi Sri. (2019). Pengaruh Kegiatan Mendongeng dengan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B di TKIT Nurul 'Ilmi Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Diakses 22 Desember 2024, dari http://repository.uinsu.ac.id/8107/1/DEWI%20SRI%20WIDIYANI.pdf Zinsser, W. K. (2001). On Writing Well: The Classic Guide to Writing Nonfiction. New York: Harper-Collins. citation: FADILLA, SALMA (2025) PENGARUH METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PADARINCANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/1/SALMA%20FADILLA_2222210042_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/19/SALMA%20FADILLA_2222210042_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/3/SALMA%20FADILLA_2222210042_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/4/SALMA%20FADILLA_2222210042_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/5/SALMA%20FADILLA_2222210042_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/6/SALMA%20FADILLA_2222210042_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/7/SALMA%20FADILLA_2222210042_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/8/SALMA%20FADILLA_2222210042_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50655/9/SALMA%20FADILLA_2222210042_LAMP.pdf