eprintid: 50613 rev_number: 41 eprint_status: archive userid: 22762 dir: disk0/00/05/06/13 datestamp: 2025-07-15 03:20:40 lastmod: 2025-07-15 03:20:40 status_changed: 2025-07-15 03:20:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HERMANSYAH, AURA AYUNI creators_id: 2223200107 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Pahamzah, John contributors_name: Evenddy, Sutrisno Sadji contributors_id: 197902182003121001 contributors_id: 197907172005011002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS title: THE EFFECT OF STUDENT SELF-ASSESSMENT METHOD TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AT SMAS DAARUL MUTTAQIEN TANGERANG ispublished: pub subjects: L1 divisions: Inggris divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Self-assessment, Speaking, Skill, Method, High School Students note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari metode penilaian diri terhadap kemampuan berbicara siswa di SMAS Daarul Muttaqien Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Penelitian ini melibatkan 72 siswa sebagai sampel, yang terdiri dari 36 siswa di kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas kontrol. Pre-test diberikan kepada kedua kelas pada pertemuan pertama dan post-test pada pertemuan terakhir. Untuk mengetahui pengaruhnya, post-test diberikan kepada kedua kelas. Pengujian hipotesis dihitung dengan menggunakan independent sample t-test melalui SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari metode penilaian diri terhadap kemampuan berbicara siswa di SMAS Daarul Muttaqien Tangerang. Hasil Sig. (2-tailed) dari Independent T-test sebesar 0.000, yang lebih rendah dari 0.05 (0.000 < 0.05). Oleh karena itu, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Ini berarti penggunaan metode penilaian diri meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode penilaian diri terhadap keterampilan berbicara siswa di SMAS Daarul Muttaqien Tangerang. abstract: This research aimed to determine any significant effect of the self-assessment method on students’ speaking skills at SMAS Daarul Muttaqien Tangerang. This research used a quantitative research method that implements an experimental research design. This study involved 72 students as the sample, consisting of 36 students in the experimental class and 36 students in the control class. The pre-test was given to both classes at the first meeting and then the post-test at the last meeting. To find the effect, the post-test was provided to both classes. The hypothesis testing was computed using the independent sample t-test through SPSS 25.0. The result demonstrated the positive effect of the self-assessment method toward students’ speaking skills at SMAS Daarul Muttaqien Tangerang. The result of Sig. (2-tailed) of Independent T-test at 0.000, which was lower than 0.05 (0.000 < 0.05). Therefore, this demonstrates that the alternative hypothesis is accepted. It means using the self-assessment method increased students’ speaking skills. Therefore, it can be concluded that there is any significant effect of using the self-assessment method toward students’ speaking skills at SMAS Daarul Muttaqien Tangerang. date: 2024 date_type: published pages: 114 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: HERMANSYAH, AURA AYUNI (2024) THE EFFECT OF STUDENT SELF-ASSESSMENT METHOD TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AT SMAS DAARUL MUTTAQIEN TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/8/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/9/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/4/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/1/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/2/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/3/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/5/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/6/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50613/7/AURA%20AYUNI%20HERMANSYAH_2223200107_LAMP.pdf