<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA \r\nMOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL \r\nFLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI \r\nPENGGERAK SEPEDA LISTRIK"^^ . "Pemerintah Indonesia menetapkan target Indonesia nol emisi pada tahun \r\n2060. Selaras dengan rencana itu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) \r\nmenetapkan kebijakan transportasi di kampus barunya. Kebijakan transportasi ini \r\nditetapkan guna membatasi jumlah kendaraan bermotor dan menganjurkan \r\nmahasiswa dan pegawai untuk berjalan di sekitar Kampus. Kampus Sindang sari \r\nyang merupakan Kampus baru Untirta di bangun pada lahan seluas 11,5ha. Pada \r\nlahan yang luas kebijakan tersebut cukup memberatkan jika dilihat dari efisiensi \r\nwaktu, sehingga muncul gagasan untuk membuat penelitian terkait sepeda listrik \r\nguna menyelesaikan masalah tersebut. Sepeda adalah alat transportasi jarak dekat \r\nyang dirancang sebagai alat transportasi yang mudah dibawa dan tidak memerlukan \r\nruang yang besar untuk penyimpanannya. Komponen yang membedakan sepeda \r\nlistrik dan sepeda konvensional adalah motor listrik, baterai dan sistem kontrol. \r\nMotor listrik adalah komponen utama penggerak sepeda listrik. Motor listrik yang \r\nbiasa digunakan sebagai aplikasi penggerak sepeda listrik adalah motor BLDC \r\ninner rotor dan outer rotor. Motor BLDC adalah salah satu jenis motor sinkron. \r\nInner rotor dan outer rotor merupakan jenis peletakkan rotor pada bagian dalam \r\ndan luar dari motor. Penelitian ini bertujuan untuk merancangan, membandingkan \r\nperforma serta memilih motor BLDC inner rotor dan outer rotor untuk aplikasi \r\nsepeda listrik. Metode yang digunakan pada perancangan motor BLDC ini adalah \r\nmetode simulasi dengan menggunakan software desain elektromagnetik berbasis \r\nFEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan performa motor BLDC outer rotor \r\nlebih unggul dibandingkan motor BLDC inner rotor. Efisiensi motor BLDC outer \r\nrotor 18 slot 16 pole dan 18 slot 14 pole didapat sebesar 92,77% dan 91,976%. Pada \r\nmotor BLDC inner rotor 18 slot 16 pole dan 18 slot 14 pole didapatkan efisiensi \r\nsebesar 87,572% dan 89,505%."^^ . "2021" . . . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . "teknik elektro, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . . . . ""^^ . ""^^ . " "^^ . . "MUHAMMAD MAULANNA"^^ . "ZENSIH"^^ . "MUHAMMAD MAULANNA ZENSIH"^^ . . "Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa"^^ . . . . . . . "PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA \r\nMOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL \r\nFLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI \r\nPENGGERAK SEPEDA LISTRIK (Text)"^^ . . . "PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA \r\nMOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL \r\nFLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI \r\nPENGGERAK SEPEDA LISTRIK (Text)"^^ . . . "PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA \r\nMOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL \r\nFLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI \r\nPENGGERAK SEPEDA LISTRIK (Other)"^^ . . . . . . "PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA \r\nMOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL \r\nFLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI \r\nPENGGERAK SEPEDA LISTRIK (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #50597 \n\nPERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA \nMOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL \nFLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI \nPENGGERAK SEPEDA LISTRIK\n\n" . "text/html" . . . "TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering"@en . .