relation: https://eprints.untirta.ac.id/50597/ title: PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL FLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI PENGGERAK SEPEDA LISTRIK creator: ZENSIH, MUHAMMAD MAULANNA subject: TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering description: Pemerintah Indonesia menetapkan target Indonesia nol emisi pada tahun 2060. Selaras dengan rencana itu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menetapkan kebijakan transportasi di kampus barunya. Kebijakan transportasi ini ditetapkan guna membatasi jumlah kendaraan bermotor dan menganjurkan mahasiswa dan pegawai untuk berjalan di sekitar Kampus. Kampus Sindang sari yang merupakan Kampus baru Untirta di bangun pada lahan seluas 11,5ha. Pada lahan yang luas kebijakan tersebut cukup memberatkan jika dilihat dari efisiensi waktu, sehingga muncul gagasan untuk membuat penelitian terkait sepeda listrik guna menyelesaikan masalah tersebut. Sepeda adalah alat transportasi jarak dekat yang dirancang sebagai alat transportasi yang mudah dibawa dan tidak memerlukan ruang yang besar untuk penyimpanannya. Komponen yang membedakan sepeda listrik dan sepeda konvensional adalah motor listrik, baterai dan sistem kontrol. Motor listrik adalah komponen utama penggerak sepeda listrik. Motor listrik yang biasa digunakan sebagai aplikasi penggerak sepeda listrik adalah motor BLDC inner rotor dan outer rotor. Motor BLDC adalah salah satu jenis motor sinkron. Inner rotor dan outer rotor merupakan jenis peletakkan rotor pada bagian dalam dan luar dari motor. Penelitian ini bertujuan untuk merancangan, membandingkan performa serta memilih motor BLDC inner rotor dan outer rotor untuk aplikasi sepeda listrik. Metode yang digunakan pada perancangan motor BLDC ini adalah metode simulasi dengan menggunakan software desain elektromagnetik berbasis FEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan performa motor BLDC outer rotor lebih unggul dibandingkan motor BLDC inner rotor. Efisiensi motor BLDC outer rotor 18 slot 16 pole dan 18 slot 14 pole didapat sebesar 92,77% dan 91,976%. Pada motor BLDC inner rotor 18 slot 16 pole dan 18 slot 14 pole didapatkan efisiensi sebesar 87,572% dan 89,505%. date: 2021 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50597/1/Abstrak%20Skripsi%20Muhammad%20Maulanna%20Zensih%20%283332170028%29.pdf format: text language: en identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50597/2/Naskah%20Skripsi%20Muhammad%20Maulanna%20Zensih%20%283332170028%29.pdf identifier: ZENSIH, MUHAMMAD MAULANNA (2021) PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL FLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI PENGGERAK SEPEDA LISTRIK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.