TY - THES A1 - MABRUROH, MABRUROH KW - School climate KW - work discipline and teacher performance Iklim sekolah KW - Disiplin kerja dan Kinerja guru N1 - Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Gunungsari. 2). Menganalisis hubungan disiplin kerja dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Gunungsari. 3). Menganalisis hubungan iklim sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Gunungsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan populasi seluruh guru di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Gunungsari. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah divalidasi dan reliabel, kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi normalitas, korelasi Pearson, dan regresi berganda untuk mengukur hubungan variabel-variabel tersebut secara simultan maupun parsial. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa variabel iklim sekolah memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi (Pearson) sebesar 0,934. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan dan sangat kuat antara iklim sekolah dengan kinerja guru. Arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa semakin baik iklim sekolah, maka kinerja guru juga akan semakin meningkat. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,990. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan sangat kuat antara disiplin kerja dan kinerja guru. Hubungan yang positif menunjukkan bahwa peningkatan disiplin kerja akan diikuti oleh peningkatan kinerja guru. Berdasarkan uji F, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi (R) sebesar 0,991. Ini berarti bahwa iklim sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan dan sangat kuat terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi lingkungan kerja yang baik dan sikap disiplin yang tinggi sangat berkontribusi dalam mendukung peningkatan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Selain itu, kedua variabel tersebut secara bersama-sama juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, ini berarti iklim sekolah yang baik dan disipilin kerja yang tinggi akan diikuti dengan kinerja yang guru yang tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan iklim sekolah yang kondusif dan penerapan disiplin kerja yang tinggi sebagai faktor penunjang keberhasilan peningkatan kinerja guru di tingkat dasar. Implikasi dari hasil ini dapat digunakan sebagai acuan bagi pengambil kebijakan dan praktisi pendidikan dalam menetapkan strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. UR - https://eprints.untirta.ac.id/50567/ TI - HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGSARI EP - 153 ID - eprintuntirta50567 Y1 - 2025/// PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan AV - restricted N2 - This study aims to 1). Analyze the relationship between school climate and teacher performance at Public Elementary Schools in Gunungsari District. 2). Analyze the relationship between work discipline and teacher performance at Public Elementary Schools in Gunungsari District. 3). Analyze the relationship between school climate and work discipline together with teacher performance at Public Elementary Schools in Gunungsari District. This study uses a correlational approach with a population of all teachers in Public Elementary Schools in Gunungsari District. Data collection was carried out through a validated and reliable questionnaire, then analyzed using the normality assumption test, Pearson correlation, and multiple regression to measure the relationship between these variables simultaneously or partially. The results of the correlation test show that the school climate variable has a significance value of 0.000 <0.05 and a correlation coefficient (Pearson) of 0.934. This means that there is a significant and very strong relationship between school climate and teacher performance. The positive direction of the relationship indicates that the better the school climate, the better the teacher performance will be. The results of the analysis show that the work discipline variable has a significance value of 0.000 <0.05 and a correlation coefficient of 0.990. This shows that there is a significant and very strong relationship between work discipline and teacher performance. A positive relationship indicates that an increase in work discipline will be followed by an increase in teacher performance. Based on the F test, a significance value of 0.000 <0.05 and a correlation coefficient (R) of 0.991 were obtained. This means that school climate and work discipline together have a significant and very strong influence on teacher performance. This shows that the combination of a good work environment and a high level of discipline greatly contributes to supporting the improvement of teacher performance. The results of the study indicate that there is a positive and significant relationship between school climate and work discipline on teacher performance. In addition, both variables together also have a significant influence on teacher performance, this means that a good school climate and high work discipline will be followed by high teacher performance. These findings emphasize the importance of managing a conducive school climate and implementing high work discipline as supporting factors for the success of improving teacher performance at the elementary level. The implications of these results can be used as a reference for policy makers and education practitioners in determining strategies for improving the quality of education in elementary schools. M1 - masters ER -