%0 Thesis %9 S1 %A Syarifah, Nadya Rezky %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Jurusan Pendidikan Matematika, %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2025 %F eprintuntirta:50541 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Learning Media, Mathematics, Scratch, Learning Motivation, Students Media Pembelajaran, Matematika, Scratch, Motivasi Belajar, Peserta didik %P 217 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA %U https://eprints.untirta.ac.id/50541/ %X This research was conducted in response to the low motivation of students to learn caused by the lack of use of technology-based learning media. Technology can be used in the learning process, one of which is the creation of scratch-based learning media. This research aims to produce a technology-based media, namely scratch-based mathematics learning media by providing materials related to building a decent, practical, and effective flat side space to be used in increasing students' learning motivation. This research uses the ADDIE development model and is carried out at Tangerang City Amanah Junior High School, especially in grade 8. Based on the results of the study, the learning media developed was declared valid, with an assessment from material experts of 81% and media experts of 74% with a feasible category. The media developed is considered to have a high level of practicality based on the results of the practicality test by teachers and students with percentage values of 82.14% and 83.57%, respectively, where both are included in the very practical category. The learning media developed is considered quite effective in increasing students' motivation to learn. This can be seen from the results of the N-gain test which obtained a value of 0.729 with a percentage of 72.94% of the category of quite effective. Based on this, scratch-based mathematics learning media is declared feasible, very practical, and effective enough to increase the learning motivation of junior high school students. %Z Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap rendahnya motivasi belajar peserta didik yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Teknologi dapat digunakan dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu pembuatan media pembelajaran berbasis scratch. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media berbasis teknologi yaitu media pembelajaran matematika berbasis scratch dengan menyediakan materi terkait bangun ruang sisi datar yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan dilaksanakan di SMP Amanah Kota Tangerang khususnya pada kelas 8. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, dengan penilaian dari ahli materi sebesar 81% dan ahli mediasebesar 74% dengan kategori layak. Media yang dikembangkan dinilai memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi berdasarkan hasil uji kepraktisan oleh guru dan peserta didik dengan nilai persentase masing-masing sebesar 82,14% dan 83,57%di mana keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis. Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-gain yang memperoleh nilai sebesar 0,729 dengan persentase sebesar 72,94% kategori cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran matematika berbasis scratchdinyatakan layak, sangat praktis, dan cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah menengah pertama.