eprintid: 50537 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 69 dir: disk0/00/05/05/37 datestamp: 2025-07-03 09:23:55 lastmod: 2025-07-03 09:23:55 status_changed: 2025-07-03 09:23:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PANGESTU, YOGA FAJAR creators_id: 3336160006 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Bethary, Rindu Twidi contributors_name: Budiman, Arief corp_creators: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa title: ANALISA KELAYAKAN PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK DALAM PENGUPAYAAN FASILITAS, SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KEBIJAKAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Mass Rapid Transit (MRT) Rute Blok M – Bundaran HI) ispublished: unpub subjects: TA divisions: Sipil full_text_status: restricted keywords: Kelayakan pelayanan, fasilitas, sumber daya manusia, kebijakan abstract: Jakarta memiliki masyarakat dengan mobilitas yang tinggi sehingga Jakarta dinilai membutuhkan transportasi publik yang efisien untuk menopang kebutuhannya. Salah satunya adalah Mass Rapid Transit Jakarta (MRTJ), salah satu transportasi rel cepat di Jakarta. Tetapi kondisi di masa pandemi perlu adanya penyesuaian yang tidak semua orang menerima. Berkaitan permasalahan yang terjadi perlu pengevaluasian terhadap kelayakan pelayanan yang diberikan oleh MRT Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan pelayanan pada MRT Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna MRT Jakarta saat ini dan memberikan alternatif perbaikan masalah yang terjadi pada MRT Jakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian statistika deskriptif dengan acuan Standar Pelayanan Minimum tentang transportasi berbasis rel dan Keputusan Menteri Kesehatan tahun 2020 tentang standar protokol kesehatan di fasilitas dan transportasi publik. Berdasarkan hasil penelitian penerapan protokol kesehatan sedikit mempengaruhi kelayakan pelayanan MRT Jakarta, namun tetap layak. Ketiga variabel memiliki nilai kepuasan yang bervariasi dan semuanya berada diatas nilai penerimaan yakni sebesar 3 (tiga). Sumber daya manusia memiliki rata-rata dan persentasi kepuasan tertinggi yakni 4.24 atau 84.80%, fasilitas dengan rata-rata dan persentasi 4.02 atau 81.96%, dan yang terakhir adalah kebijakan yakni dengan rata-rata dan persentasi terendah dengan 3.95 atau 79.02%. Hipotesis yang menyatakan ketiga variabel saling berkaitan, dan mempengaruhi kelayakan pelayanan MRT Jakarta sebagai transportasi publik dapat diterima. Sebagai alternatif perbaikan perlu evaluasi lebih lanjut untuk kebijakan, karena kebijakan memiliki tingkat kepuasan terendah serta tetap memperhatikan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) tahun 2020 selain penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) angkutan berbasis rel. date: 2022 date_type: completed institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Sipil thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: PANGESTU, YOGA FAJAR (2022) ANALISA KELAYAKAN PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK DALAM PENGUPAYAAN FASILITAS, SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KEBIJAKAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Mass Rapid Transit (MRT) Rute Blok M – Bundaran HI). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50537/1/Abstrak_Yoga%20Fajar%20Pangestu_3336160006.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50537/2/TA-YOGA%20FAJAR%20PANGESTU_3336160006.pdf