eprintid: 50500 rev_number: 44 eprint_status: archive userid: 22633 dir: disk0/00/05/05/00 datestamp: 2025-07-25 06:55:08 lastmod: 2025-07-25 06:55:08 status_changed: 2025-07-25 06:55:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FEBRIYANI, DEBI creators_id: 2228210040 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SAYEKTI, TRI contributors_name: APRILYANTI, DIAN SURYA contributors_id: 197503222008122001 contributors_id: 199404192022032007 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI title: PENGARUH METODE BERNYANYI ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PUTRA II SERANG ispublished: pub subjects: L1 subjects: LC subjects: LC5201 divisions: FKIP divisions: PGPAUD full_text_status: restricted keywords: Articulation Singing Method, Speaking Ability, Early Childhood Metode Bernyanyi Artikulasi, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini. note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi artikulasi terhadap kemampuan berbicara anak usia 4–5 tahun di TK Putra II Serang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian berjumlah 30 anak yang terbagi menjadi dua kelompok: 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan metode bernyanyi artikulasi. Hal ini dibuktikan melalui uji-t dengan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi artikulasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia 4–5 tahun. abstract: This study aims to determine the effect of the articulation singing method on the speaking ability of 4–5-year-old children at TK Putra II Serang. The research method used was a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The subjects consisted of 30 children divided into two groups: 15 children in the experimental group and 15 in the control group. The research instrument was an observation sheet that had been tested for validity and reliability. Data collection techniques involved pretests and posttests for both groups. The results showed a significant improvement in the speaking ability of the experimental group after being treated with the articulation singing method. This was proven by a t-test result with a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05. Therefore, it can be concluded that the articulation singing method has a positive and significant effect on the speaking ability of children aged 4–5 years. date: 2025 date_type: published pages: 127 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: FEBRIYANI, DEBI (2025) PENGARUH METODE BERNYANYI ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PUTRA II SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/1/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_FULL%20TEXT%20.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/19/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/3/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/4/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/5/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/6/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/7/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/8/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50500/9/DEBI%20FEBRIYANI_2228210040_LAMP.pdf