eprintid: 50497 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 22754 dir: disk0/00/05/04/97 datestamp: 2025-07-11 02:22:21 lastmod: 2025-07-11 02:22:21 status_changed: 2025-07-11 02:22:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NABILA, RD RIZKA creators_id: 2287210028 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ABADI, REZA FEBRI contributors_name: SIDIK, SISTRIADINI ALAMSYAH contributors_id: 198902072018031002 contributors_id: 198705142015042002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS title: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MESSY PLAY DALAM MENINGKATKAN SENSORI TAKTIL PADA ANAK AUTIS KELAS IX SMPKH DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG ispublished: pub subjects: L1 divisions: Khusus divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Messy Play learning media, improving tactile sensory, autistic child. media pembelajaran Messy Play, meningkatkan sensori taktil, anak autis. note: Penggunaan media pembelajaran Messy Play dijadikan sebagai media pembelajaran untuk melakukan intervensi karena media ini dapat menstimulasi anak untuk mau belajar merangsang sensori taktil anak autis. Media pembelajaran Messy Play yang digunakan dalam penelitian ini merupakan media yang dibuat oleh peneliti untuk meningkatkan sensori taktil pada anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keekfektifan penggunaan media pembelajaran Messy Play dalam meningkatkan sensori taktil pada anak autis kelas IX SMPKH di SKh Negeri 02 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan rangsangan sensori taktil. fase baseline 1 (A1) yang dilakukan 4 sesi menunjukkan kesamaan nilai 15. Fase intervensi (B) yang dilakukan sebanyak 8 sesi menghasilkan nilai 32, 38, 38, 40, 40, 41, 43, dan 43. Fase baseline 2 (A2) yang dilakukan sebanyak 4 sesi menunjukkan kesamaan nilai 48. Efektifitas dilihat dari presentase overlap, dari intervensi (B) ke baseline 1 (A1) tidak menunjukkan data yang tumpang tindih, sedangkan dari baseline 2 (A2) ke intervensi (B) menunjukkan presentase overlap 25%. Dengan demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran Messy Play efektif dalam meningkatkan sensori taktil pada anak autis kelas IX SMPKH di SKh Negeri 02 Kota Serang. abstract: The use of Messy Play learning media is used as a learning medium to intervene because this media can stimulate children to want to learn to stimulate the tactile senses of autistic children. The Messy Play learning media used in this study is a media created by researchers to improve tactile sensory in autistic children. This study aims to determine the effectiveness of the use of Messy Play learning media in improving tactile sensory in grade IX autistic children in SMPKH at SKh Negeri 02 Kota Serang . The method used in the research used was using the Single Subject Research (SSR) experimental method. Based on the results of the study, it shows an increase in tactile sensory stimuli. Baseline phase 1 (A1) which was carried out in 4 sessions showed the same value of 15. The intervention phase (B) which was carried out as many as 8 sessions resulted in scores of 32, 38, 38, 40, 40, 41, 43, and 43. The baseline phase 2 (A2) which was carried out in 4 sessions showed the same score of 48. Effectiveness was seen from the percentage of overlap, from intervention (B) to baseline 1 (A1) did not show overlapping data, while from baseline 2 (A2) to intervention (B) showed a percentage of overlap of 25%. Thus, it can be concluded that the use of Messy Play learning media is effective in improving tactile sensory in grade IX autistic children in SMPKH at SKh Negeri 02 Kota Serang. date: 2025 date_type: published pages: 194 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NABILA, RD RIZKA (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MESSY PLAY DALAM MENINGKATKAN SENSORI TAKTIL PADA ANAK AUTIS KELAS IX SMPKH DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/1/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/4/Rd%20%20Rizka%20Nabila_2287210028_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/5/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/6/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/7/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/8/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/9/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/19/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50497/20/Rd%20Rizka%20Nabila_2287210028_01.pd