@phdthesis{eprintuntirta50416, year = {2025}, author = {AMELIA HERMAYA}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN GAMIFICATION}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman konseptual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran berbasis gamifikasi. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan desain sequential explanatory. Data kuantitatif dikumpulkan melalui pretest dan posttest terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan gamifikasi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sementara itu, data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara, dan portofolio siswa yang dikategorikan dalam kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan media pembelajaran berupa Wordwall dan Google Sites. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran gamifikasi secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan pemahaman konseptual yang tinggi cenderung lebih mampu memahami masalah, merencanakan strategi, menyelesaikan soal, dan memeriksa kembali hasil pekerjaannya. Secara kualitatif, gamifikasi memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menantang, meningkatkan motivasi, serta membantu siswa membangun koneksi antara konsep dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, gamifikasi berpotensi menjadi alternatif pembelajaran inovatif yang memperkuat keterkaitan antara pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/50416/}, keywords = {conceptual understanding, mathematical problem solving ability, gamification, mathematics learning, SPLDV. pemahaman konseptual, kemampuan pemecahan masalah matematis, gamifikasi, pembelajaran matematika, SPLDV.}, abstract = {This study aims to analyze the effect of conceptual understanding on mathematical problem-solving ability in gamification-based learning. The method used is a mixed method with a sequential explanatory design. Quantitative data were collected through pretests and posttests on two classes, namely the experimental class given gamification treatment and the control class with conventional learning. Meanwhile, qualitative data were obtained from observations, interviews, and student portfolios categorized into high, medium, and low groups. The material used in the study was the Two-Variable Linear Equation System (SPLDV) with learning media in the form of Wordwall and Google Sites. The results showed that gamification learning significantly improved students' conceptual understanding and mathematical problem-solving ability compared to conventional learning. There is a significant positive relationship between conceptual understanding and mathematical problem-solving ability. Students with high conceptual understanding tend to be better able to understand problems, plan strategies, solve problems, and re-check their work. Qualitatively, gamification provides a fun and challenging learning experience, increases motivation, and helps students build connections between concepts and their applications in solving problems. Therefore, gamification has the potential to be an innovative learning alternative that strengthens the relationship between conceptual understanding and mathematical problem solving.} }