@phdthesis{eprintuntirta50405, year = {2025}, author = {Rosailatul Muslimah}, title = {PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IZZAH KOTA SERANG BANTEN}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Izzah Kota Serang Banten. Penelitian ini menjelaskan pembiasaan shalat berjamaah dalam menanamkan karakter religius anak usia 5-6 tahun di RA Al Izzah Kota Serang Banten. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan di analisis dengan cara analisa deskriptif yang menjelaskan secara jelas data-data yang dikumpulkan, dengan pendekatan mendalam terhadap pembiasaan shalat berjamaah dalam menanamkan karakter religius anak usia 5-6 tahun di RA Al-Izzah Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembiasaan shalat berjamaah dalam menanamkan karakter religius anak usia 5-6 tahun ini, yang terintegrasi dalam kurikulum terpadu, efektif mengembangkan karakter religius dan sosial anak usia 5-6 tahun. Didukung oleh SDM memadai, fasilitas yang baik, serta kerjasama dengan orang tua, program ini berhasil menanamkan nilai-nilai agama, kedisiplinan, dan kebersamaan. Evaluasi menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan capaian target yang tinggi serta dampak positif pada perkembangan karakter anak secara holistik.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/50405/}, keywords = {Practicing congregational prayer, Religious character, Children aged 5-6 years Pembiasaan shalat berjamaah, Karakter religius, Anak Usia 5-6 Tahun}, abstract = {The Habit of Congregational Prayer in Instilling Religious Character in Children Aged 5-6 Years at RA Al-Izzah, Serang City, Banten. This study explains the habit of congregational prayer in instilling the religious character of children aged 5-6 years at RA Al Izzah, Serang City, Banten. The method used in this study is qualitative research and is analyzed by means of descriptive analysis that clearly explains the data collected, with an in-depth approach that emphasizes a deep understanding of the habit of congregational prayer in instilling the religious character of children aged 5-6 years at RA Al-Izzah, Serang City. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the implementation of the habit of congregational prayer in instilling the religious character of children aged 5-6 years, which is integrated in an integrated curriculum, is effective in developing the religious and social character of children aged 5-6 years. Supported by adequate human resources, good facilities, and cooperation with parents, this program has succeeded in instilling religious values, discipline, and togetherness. The evaluation showed satisfactory results, with high target achievement and a positive impact on the holistic development of children's character.} }