%I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %D 2025 %X Early numeracy skills are abilities that start from the surrounding environment and children can develop all aspects they have. Lack of understanding of children in recognizing numbers and number symbols, addition and subtraction, matching pictures with numbers is caused by the learning media used being conventional and less interesting for children in learning to count. This study aims to produce mobile learning animation media using the Kodular application. The type of research used is Research and Development with the ADDIE model through the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection techniques use interviews and questionnaires, while data analysis is carried out with quantitative and qualitative approaches. Product validity is evaluated against two validators, namely media experts and material experts. Based on the validation results carried out by experts, it can be concluded that mobile learning animation media is very feasible and very valid to be used as a learning medium to improve early numeracy skills in children aged 5-6 years. %T PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN %O Kemampuan berhitung permulaan merupakan kemampuan yang dimulai dari lingkungan sekitar dan anak dapat mengembangkan semua aspek yang dimilikinya. Kurangnya pemahaman anak dalam mengenali bilangan dan lambang bilangan, penjumlahan dan pengurangan, mencocokan gambar dengan angka yang disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan bersifat konvensional dan kurang menarik minat anak dalam mempelajari berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media animasi mobile learning dengan menggunakan aplikasi Kodular. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE melalui tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Validitas produk dievaluasi terhadap dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian dari ahli media dan ahli materi yang memperoleh nilai 85% dan 91%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa animasi mobile learning sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan terutama dalam aspek memperkenalkan bilangan dan lambang bilangan pada anak usia 5-6 Tahun. %K Animation; mobile learning, numeracy skills, children aged 5-6 years. Animasi; mobile learning, kemampuan berhitung, anak usia 5-6 tahun. %L eprintuntirta50393 %A Anni Saumi Fitri