eprintid: 50387 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 22255 dir: disk0/00/05/03/87 datestamp: 2025-07-11 01:51:00 lastmod: 2025-07-11 01:51:00 status_changed: 2025-07-11 01:51:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Silvia, Ana creators_id: 2228210043 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rusdiyani, Isti contributors_name: Fatimah, Atin contributors_id: 196402281990012001 contributors_id: 197903082006042001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI title: IMPLEMENTASI MEDIA BALOK UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA ISLAMIC SCHOOL SERANG BANTEN ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: PGPAUD full_text_status: restricted keywords: Block media, Cognitive development, Early childhood Media balok, Perkembangan kognitif, Anak usia dini note: Penelitian ini dilakukan mengetahui permasalahan mengenai perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun yang harus distimulasi dengan cara yang efektif, peneliti menemukan salah satu cara efektif untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun menggunakan media balok yang telah ditetapkan di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten, maka dari itu peneliti mengangkat judul penelitian yaitu Implementasi Penggunaan Media Balok Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Aspek kognitif yang peneliti gunakan untuk penelitian ini berasal dari ranah kognitif dalam taksonomi bloom C1-C6 (mengingat, memahami, menerapkan, mengenalisis, mengevaluasi dan mencipta atau mengembangkan), Semua aspek yang menjadi acuan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten yang distimulasi melalui penggunaan media balok telah mengalami perkembangan yang baik bagi setiap anak., aspek kognitif yang peneliti gunakan untuk penelitian ini berasal dari Taksonomi bloom C1-C6 (mengingat, memahami, menerapkan, mengenalisis, mengevaluasi dan mencipta atau mengembangkan), Semua aspek yang menjadi acuan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten yang distimulasi melalui penggunaan media balok telah mengalami perkembangan yang baik bagi setiap anak. abstract: This study was conducted to find out the problems regarding the cognitive development of children aged 4-5 years that must be stimulated in an effective way, the researcher found one effective way to stimulate the cognitive development of children aged 4-5 years using block media that has been established at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten, therefore the researcher raised the title of the study, namely Implementation of the Use of Block Media to Improve the Cognitive Development of Children Aged 4-5 Years at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten. The research method used is qualitative. The cognitive aspects that researchers use for this study come from the cognitive domain in Bloom's taxonomy C1-C6 (remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating and creating or developing), All aspects that are references for cognitive development of children aged 4-5 years at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten which are stimulated through the use of block media have experienced good development for each child., the cognitive aspects that researchers use for this study come from Bloom's taxonomy C1-C6 (remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating and creating or developing), All aspects that are references for cognitive development of children aged 4-5 years at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten which are stimulated through the use of block media have experienced good development for each child. date: 2025 date_type: published pages: 203 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Silvia, Ana (2025) IMPLEMENTASI MEDIA BALOK UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA ISLAMIC SCHOOL SERANG BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/1/Ana%20Silvia_2228210043_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/3/Ana%20Silvia_2228210043_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/4/Ana%20Silvia_2228210043_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/5/Ana%20Silvia_2228210043_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/6/Ana%20Silvia_2228210043_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/7/Ana%20Silvia_2228210043_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/8/Ana%20Silvia_2228210043_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/9/Ana%20Silvia_2228210043_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50387/19/Ana%20Silvia_2228210043_CP.pdf