%0 Thesis %9 S1 %A Silvia, Ana %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2025 %F eprintuntirta:50387 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Block media, Cognitive development, Early childhood Media balok, Perkembangan kognitif, Anak usia dini %P 203 %T IMPLEMENTASI MEDIA BALOK UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA ISLAMIC SCHOOL SERANG BANTEN %U https://eprints.untirta.ac.id/50387/ %X This study was conducted to find out the problems regarding the cognitive development of children aged 4-5 years that must be stimulated in an effective way, the researcher found one effective way to stimulate the cognitive development of children aged 4-5 years using block media that has been established at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten, therefore the researcher raised the title of the study, namely Implementation of the Use of Block Media to Improve the Cognitive Development of Children Aged 4-5 Years at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten. The research method used is qualitative. The cognitive aspects that researchers use for this study come from the cognitive domain in Bloom's taxonomy C1-C6 (remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating and creating or developing), All aspects that are references for cognitive development of children aged 4-5 years at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten which are stimulated through the use of block media have experienced good development for each child., the cognitive aspects that researchers use for this study come from Bloom's taxonomy C1-C6 (remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating and creating or developing), All aspects that are references for cognitive development of children aged 4-5 years at PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten which are stimulated through the use of block media have experienced good development for each child. %Z Penelitian ini dilakukan mengetahui permasalahan mengenai perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun yang harus distimulasi dengan cara yang efektif, peneliti menemukan salah satu cara efektif untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun menggunakan media balok yang telah ditetapkan di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten, maka dari itu peneliti mengangkat judul penelitian yaitu Implementasi Penggunaan Media Balok Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Aspek kognitif yang peneliti gunakan untuk penelitian ini berasal dari ranah kognitif dalam taksonomi bloom C1-C6 (mengingat, memahami, menerapkan, mengenalisis, mengevaluasi dan mencipta atau mengembangkan), Semua aspek yang menjadi acuan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten yang distimulasi melalui penggunaan media balok telah mengalami perkembangan yang baik bagi setiap anak., aspek kognitif yang peneliti gunakan untuk penelitian ini berasal dari Taksonomi bloom C1-C6 (mengingat, memahami, menerapkan, mengenalisis, mengevaluasi dan mencipta atau mengembangkan), Semua aspek yang menjadi acuan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten yang distimulasi melalui penggunaan media balok telah mengalami perkembangan yang baik bagi setiap anak.