TY - THES N1 - Strategi guru dalam meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun merupakan upaya penting dalam membentuk dasar keagamaan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa-Serang ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian beberapa anak kelompok B di TK Islam Tirtayasa SerangBanten. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 di TK Islam Tirtayasa Serang sudah terencana dengan baik dengan adanya RPPH, 2. Pelaksanaan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa sudah cukup baik, 3. Terdapat 2 evaluasi Evaluasi hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5- 6 Tahun di TK Islam Tirtayasa yaitu evaluasi (khusus dan umum) 4. Faktor pendukung terlaksananya hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun yaitu karena faktor guru, dan orang tua, 5. Faktor penghambat terlaksananya hafalan surat-surat pendek pada anak usia 5-6 tahun karena dua faktor yaitu faktor dari orang tua dan faktor dari anak itu sendiri, 6. Solusi faktor penghambat hafalan suratsurat pendek pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa sudah cukup baik dalam meningkatkan minat menghafal anak, memberi motivasi kepada anak dan untuk solusi lainnya guru memerlukan kerjasama dan komunikasi yang baik dengan orang tua. UR - https://eprints.untirta.ac.id/50363/ EP - 159 TI - STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian kualitatif deskriptif pada Anak usia 5-6 Tahun di TK Islam Tirtayasa Serang-Banten) A1 - Citra, Viona Tamara KW - Teacher?s Strategy KW - Short Surah Memorization KW - Children Aged 5-6 Year Strategi Guru KW - Hafalan Surat Pendek KW - Anak Usia 5-6 Tahun N2 - The teacher's strategy in improving the memorization of short surahs among children aged 5?6 years is an important effort in establishing a religious foundation from an early age. This study aims to identify the strategies implemented by teachers to enhance short surah memorization in children aged 5?6 years at TK Islam Tirtayasa-Serang. This research uses a qualitative method with research subjects consisting of several Group B students at TK Islam Tirtayasa SerangBanten. Data collection techniques include observation, interviews, documentation, and field notes. The results of the study show that: 1) The planning for short surah memorization in children aged 5?6 years at TK Islam Tirtayasa Serang is well-prepared through the use of daily learning plans (RPPH), 2) The implementation of memorization activities is quite effective, 3) There are two types of evaluations specific and general with specific evaluations conducted weekly and general evaluations twice a year, 4) Supporting factors for the memorization process include teachers and parents, 5) Inhibiting factors include lack of support from parents and the children?s own limitations, and 6) Solutions to these inhibiting factors include increasing children's interest in memorization, providing motivation, and enhancing collaboration and communication between teachers and parents. M1 - sarjana AV - restricted PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ID - eprintuntirta50363 Y1 - 2025/// ER -