%X The implementation of saving habits to form a disciplined attitude in children aged 4-5 years at TK PUTRA II Serang has been carried out well. Discipline is one of the important elements in the formation of children's character that can be developed through simple activities carried out routinely, such as saving habits. The purpose of this study was to describe how the implementation of saving habits can help form a disciplined attitude in children aged 4-5 years. This study uses a qualitative descriptive approach with data collection methods through observation, interviews, and documentation. The subjects of the study were children aged 4-5 years in group A1 at TK PUTRA II Serang. The findings of the study revealed that 1. The savings strategy implemented at TK PUTRA II Serang is quite good, so that by saving it can form a disciplined attitude in children such as obeying the rules, being responsible, and appreciating every process, 2. The challenges of implementing saving habits to form a disciplined attitude are in children, 3. The solution to the challenges of implementing saving habits to form a disciplined attitude in children aged 4-5 years at TK PUTRA II Serang involves the active role of teachers and parents in providing motivation for children in this saving and discipline habit. %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %A Via Nur Fadhillah %O Implementasi pembiasaan menabung untuk membentuk sikap disiplin anak usia 4-5 tahun di TK PUTRA II Serang sudah dilakasanakan dengan baik. Sikap disiplin adalah salah satu unsur penting dalam pembentukan karakter anak yang dapat dikembangkan melalui kegiatan sederhana yang dilakukan secara rutin, seperti kebiasaan menabung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan kebiasaan menabung dapat membantu membentuk sikap disiplin pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun pada kelompok A1 di TK PUTRA II Serang. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa 1. Strategi menabung yang diterapkan di TK PUTRA II Serang sudah cukup baik, sehingga dengan menabung ini dapat membentuk sikap disiplin anak seperti menaati aturan, bertanggung jawab, dan menghargai setiap proses, 2. Tantangan implementasi pembiasaan menabung untuk membentuk sikap disiplin terdapat pada anak, 3. Solusi tantangan implementasi pembiasaan menabung untuk membentuk sikap disiplin anak usia 4-5 tahun di TK PUTRA II Serang ini melibatkan peran aktif pihak guru dan orang tua dalam memberikan motivasi anak dalam pembiasaan menabung dan disiplin ini. %D 2025 %L eprintuntirta50358 %K Saving, Habits, Discipline, Children Aged 4-5 Years Menabung, Pembiasaa, Disiplin, Anak Usia 4-5 Tahun %T IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MENABUNG UNTUK MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK PUTRA II Serang Banten)