eprintid: 50320 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 22694 dir: disk0/00/05/03/20 datestamp: 2025-07-01 07:43:04 lastmod: 2025-07-01 07:43:04 status_changed: 2025-07-01 07:43:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: rrohmansyah1@gmail.com creators_name: Rohmansyah, Rohmansyah creators_id: 3334200021 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Muriani Zulaida, Yeni contributors_name: Suryana, Suryana contributors_id: 197401032005012001 contributors_id: 197402162001121001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS TEKNIK corp_creators: TEKNIK METALURGI title: MODIFIKASI RANCANG BANGUN MESIN ROTARY FRICTION WELDING UNTUK PENINGKATAN PERFORMA PENYAMBUNGAN TEMBAGA DENGAN PENAMBAHAN SISTEM SLIDING DAN PENGATUR KECEPATAN PUTAR ispublished: pub subjects: TJ subjects: TS divisions: Metalurgi full_text_status: restricted keywords: rotary friction welding, sistem sliding, kecepatan putar, kekuatan tarik, struktur mikro. note: Mesin Rotary Friction Welding (RFW) generasi pertama yang telah dirancang tidak berfungsi secara optimal karena belum dilengkapi dengan sistem pengaturan parameter kecepatan putar. Selain itu, desain awal mesin RFW menyebabkan chuck dan poros hidrolik ikut berputar, sehingga tidak memenuhi prinsip kerja RFW. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi konstruksi mesin, termasuk penambahan sistem sliding guna mencegah rotasi poros hidrolik, serta menambahkan sistem kontrol untuk pengaturan parameter agar proses pengelasan dapat berlangsung secara konsisten, terukur, dan menghasilkan sambungan dengan kekuatan tarik yang lebih tinggi. Metode yang digunakan meliputi perancangan ulang desain, pembuatan sistem kontrol kecepatan putar, pengujian performa mesin, dengan melakukan pengelasan tembaga berdiameter 12 mm, dan mengevaluasi hasil pengelasan dengan pengamatan visual, metalografi serta uji tarik. Hasil modifikasi menghasilkan mesin dengan dimensi 1220 mm × 430 mm × 840 mm, memiliki kecepatan putar hingga 2400 rpm, dan tekanan maksimum 130 MPa. Sistem sliding yang ditambahkan dapat menahan poros agar tidak ikut berputar selama pengelasan, sehingga dapat dilakukan pengelasan RFW. Setelah hasil penyambungan dilakukan, pengujian tarik didapatkan nilai optimum pada variasi tekanan 3,5 MPa dan kecepatan putar 2200 rpm dengan kekuatan tarik sambungan sebesar 246,15 MPa atau 88% dari kekuatan tarik base metal tembaga. Selain itu, hasil pengamatan struktur mikro yang menunjukkan bahwa sambungan interface terbentuk secara sempurna. abstract: Mesin Rotary Friction Welding (RFW) generasi pertama yang telah dirancang tidak berfungsi secara optimal karena belum dilengkapi dengan sistem pengaturan parameter kecepatan putar. Selain itu, desain awal mesin RFW menyebabkan chuck dan poros hidrolik ikut berputar, sehingga tidak memenuhi prinsip kerja RFW. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi konstruksi mesin, termasuk penambahan sistem sliding guna mencegah rotasi poros hidrolik, serta menambahkan sistem kontrol untuk pengaturan parameter agar proses pengelasan dapat berlangsung secara konsisten, terukur, dan menghasilkan sambungan dengan kekuatan tarik yang lebih tinggi. Metode yang digunakan meliputi perancangan ulang desain, pembuatan sistem kontrol kecepatan putar, pengujian performa mesin, dengan melakukan pengelasan tembaga berdiameter 12 mm, dan mengevaluasi hasil pengelasan dengan pengamatan visual, metalografi serta uji tarik. Hasil modifikasi menghasilkan mesin dengan dimensi 1220 mm × 430 mm × 840 mm, memiliki kecepatan putar hingga 2400 rpm, dan tekanan maksimum 130 MPa. Sistem sliding yang ditambahkan dapat menahan poros agar tidak ikut berputar selama pengelasan, sehingga dapat dilakukan pengelasan RFW. Setelah hasil penyambungan dilakukan, pengujian tarik didapatkan nilai optimum pada variasi tekanan 3,5 MPa dan kecepatan putar 2200 rpm dengan kekuatan tarik sambungan sebesar 246,15 MPa atau 88% dari kekuatan tarik base metal tembaga. Selain itu, hasil pengamatan struktur mikro yang menunjukkan bahwa sambungan interface terbentuk secara sempurna. date: 2025-07-01 date_type: published pages: 134 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Teknik Metalurgi thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: [1] Y. Purwaningrum, “Optimasi Sambungan Rotary Friction Welding (Rfw) Pada Aluminium Dengan Variasi Ukuran Diameter,” Poros, vol. 18, no. 1, pp. 33–38, 2023, doi: 10.24912/poros.v18i1.23291. [2] A. Setiaji, “Rancang Bangun Mesin Las Gesek (Friction Welding),” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015. (No Publisher). [3] A. P. Dio Gunafi Rakhmayadi, “Perancangan Mesin Rotary Friction Welding Skala Lab untuk Material dengan Suhu Rekristalisasi di Bawah 850 ° C,” Pros. 11th Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 3, no. 11, p. 15, 2020, [Online]. Available: https://irwns.polban.ac.id [4] N. S. W. Supriyanto, I. K. A. Widi, and D. R. Putra, “Penggunaan Las Gesek (Friction Welding) Guna Penyambungan Dua Buah Logam Baja Karbon ST 42 pada Pengujian Tarik dan Struktur Mikro untuk Spring Pin pada Mobil,” J. Flywheel, vol. 14, no. 2, pp. 59–65, 2023, doi: 10.36040/flywheel.v14i2.7731. [5] R. A. Muhammad Ryan Detra, “Pengaruh Sudut Chamfer terhadap Timing Melt Point pada Penyambungan Material Mild Steel menggunakan Las Gesek Rotari,” Jom FT Tek., vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2021. [6] B. Imawan, “Pengaruh Sudut Chamfer dan Kekasaran Permukaan Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Gesek Al-Mg-Si,” repository.ub.ac.id, 2015. [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143169 [7] Balasubramanian, “Optimization of process parameters of rotary friction welding of low alloy steel tubes using response surface methodology,” Forces Mech., vol. 10, p. 100175, 2023, doi: https://doi.org/10.1016/j.finmec.2023.100175. [8] M. Kutz, Mechanical Engineers’ Handbook, Fourth Edi., vol. 11, no. 1. Canada: John Wiley & Sons, Inc, 2015. [9] T. Hartini, Termodinamika, Cetakan 1. Jakarta Selatan: Uhamka Press, 2015. [Online]. Available: www.uhamkapress.com [10] S. Babu, “Evaluation of Mechanical and Metallurgical Properties Of Metals Joined by Rotary Friction Welding With Conventional Lathe,” Cochin University Of Science and Technology, 2016. [Online]. Available: https://www.slideshare.net/slideshow/rotary-friction-welding-by-conventional-lathe-mtech-projectpdf/253767413 [11] L. Dalian Bluestar Trading Co., “Rotary Friction Welding Machine.” [Online]. Available: https://www.alibaba.com/product-detail/Friction-welding-machine-Friction-welder-machine_62390614078.html [12] H. Purwanto, “Rancang Bangun Mesin Las Gesek Untuk Penelitian Dan Praktikum,” Universitas Wahid Hasyim, 2022. [Online]. Available: http://eprints.unwahas.ac.id/3204/1/Mesin Las Gesek Laboratorium.pdf [13] I. Kurniawan, P. Pujono, M. Nurhilal, and D. Prabowo, “Rancang Bangun Mesin Friction Weldinguntuk Pengelasan Baja St 37 Dengan Diameter Maksimal ½ Inch,” Bangun Rekaprima, vol. 8, no. 1, p. 110, 2022, doi: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3555. [14] B. Andriyanto, “Rancang dan Fabrikasi Alat Pengeselasan Gesek (Friction Welding) Otomatis dengan Berbasis Arduino UNO,” Universitas Lampung, 2019. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57143 [15] P. J. Blau, Friction Scienceand Technology From Concepts to Applications, 2nd Editio. Boca Raton: CRC Press Taylor & Francis Group, 2009. doi: 9780429137112. [16] Sularso and K. Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan 11. Jakarta: Pradnya Paramita, 2004. [17] Y. D. Novitasari, “Perhitungan Ulang Transmisi Sabuk Dan Puli Serta Pemilihan Alternator Pada Kinetic Flywheel Convertion I (Kfc I) Untuk Memaksimalkan Kerja Alat Di Terminal Bbm Surabaya Group – Pertamina Perak,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018. [Online]. Available: https://repository.its.ac.id [18] A. Susanto, “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Kontrol Rotary Flexible Fixture Berbasis PLC Dengan Kompensator PID,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018. [Online]. Available: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55777 [19] Komarudin, Y. I. Pratama, and I. Soleh, “Perancangan Power Unit Sistem Hidrolik untuk Payung Hidrolik di Masjid Raya Aceh,” J. Tera, vol. 2, no. 1, pp. 34–47, 2022. [20] E. Santoso, “Modifikasi Sistem Kontrol Waktu, Tekanan dan Putaran Pada Mesin Friction Welding dengan Sistem Manual,” Politeknik Negeri Semarang, 2014. [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id [21] A. Yulizar, “Studi Konsumsi Energi Terhadap Perubahan Kecepatan dan Beban Pada Motor Induksi Tiga Phasa,” SainETIn J. Sains, Energi, vol. 6, no. 1, pp. 23–31, 2021, doi: 10.31849/sainetin.v6i1.7301. [22] M. Abdullah, Fisika Dasar II. 2017. [Online]. Available: https://fmipa.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/7/2017/12/Fisika-Dasar-II-Mikrajuddin-Abdullah-Mei-2017.pdf [23] Ihsan Faturrohman, “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3fasa Dengan Mengatur Frekuensi Menggunakan VSD di PERUMDAM Tirta Madani Serang,” J. Sains dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 46–56, 2023, doi: 10.58169/saintek.v2i1.135. [24] D. H. Sinaga and O. Y. Hutajulu, Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik, 1st ed. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2021. [25] Non-Ferrous Founders’ Society, Copper Casting Alloys, 1st Editio. New York: Copper Development Association Inc, 1994. [Online]. Available: https://www.copper.org/publications/pub_list/pdf/7014.pdf [26] R. N. Bulacu, M. Dhondt, Y. Demmouche, C. Bădulescu, E. L. Nițu, and D. M. Iordache, “A Review on Friction Stir Welding of Copper: Tool Geometry, Process Parameters, and Joint Properties,” Materials (Basel)., vol. 17, no. 21, 2024, doi: 10.3390/ma17215374. [27] G. E. Dieter, “Metallic Materials Specification Handbook,” Int. Metall. Rev., vol. 18, no. 4, pp. 191–191, 1973, doi: 10.1179/imtlr.1973.18.4.191. [28] Prayogo Arie Bowo, “Pengaruh Kecepatan Putaran Dan Burn-Off Length (Bol) Terhadap Kekuatan Tarik Dissimilar Friction Welding A6061 Dengan S50,” Universitas Brawijaya, 2019. [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171197 [29] British Standards Institute, “BS EN ISO 15620 Welding - Friction welding of metallic materials,” 2019, [Online]. Available: https://shop.bsigroup.com/ProductDetail/?pid=000000000030336085 [30] G. Wang, “Study on microstructure evolution of AISI 304 stainless steel joined by rotary friction welding,” Weld. World, vol. Volume 62, p. pages 1187–1193, 2018, [Online]. Available: https://link.springer.com/article/10.1007/s40194-018-0613-7 [31] M. Iswar, “Mikro Hasil Pengelasan Gesek Pipa Stainless Steel AISI 304L,” Jurnal.poliupg.ac.id, vol. 5, no. 1, pp. 84–97, 2017. [32] A. Purnomo, “Struktur Mikro Sambungan Friction Welding Antara Bahan Paduan Tembaga dan Paduan Aluminium Akibat Waktu Tekanan Berbeda,” J. rekayasa mesin polines, vol. 10, no. 3, pp. 95–102, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.32497/rm.v10i3.205. [33] J. D. Sibarani, “Study Pengaruh Torsi Terhadap Kinerja Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan MatLab,” Unsrat Repos., vol. 2, no. 51, pp. 1–11, 2020. [34] ASTM E407, Standard Practice for Microetching Metals and Alloys, 7th Editio. ASTM standards, 2012. doi: 10.1520/E0407-07R15E01. [35] M. Cheepu and W. S. Che, “Effect of Burn-off Length on the Properties of Friction Welded Dissimilar Steel Bars,” J. Weld. Join., vol. 37, no. 1, pp. 46–55, 2019, doi: 10.5781/jwj.2019.37.1.6. [36] Sugiarto, “Characteristic of friction welding weld joint of AA6061 on elevated environmental temperature,” Mater. Sci. Eng., vol. 1034, no. 1, p. 12178, Feb. 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1034/1/012178. citation: Rohmansyah, Rohmansyah (2025) MODIFIKASI RANCANG BANGUN MESIN ROTARY FRICTION WELDING UNTUK PENINGKATAN PERFORMA PENYAMBUNGAN TEMBAGA DENGAN PENAMBAHAN SISTEM SLIDING DAN PENGATUR KECEPATAN PUTAR. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/1/Rohmansyah_3334200021_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/2/Rohmansyah_3334200021_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/3/Rohmansyah_3334200021_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/4/Rohmansyah_3334200021_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/5/Rohmansyah_3334200021_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/6/Rohmansyah_3334200021_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/7/Rohmansyah_3334200021_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50320/8/Rohmansyah_3334200021_Lamp.pdf