relation: https://eprints.untirta.ac.id/50282/ title: PENGEMBANGAN SISTEM KENDALI WAKTU GESEK DAN KECEPATAN PUTAR PADA RANCANG BANGUN MESIN ROTARY FRICTION WELDING UNTUK PENYAMBUNGAN ALUMINIUM 6063 creator: SANTO ARNOLDUS, CALVIN subject: TS Manufactures description: Rancang bangun mesin rotary friction welding (RFW) yang telah dilakukan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 2015 sudah memiliki sistem kendali untuk mengukur parameter tekanan aksial, namun belum memiliki sistem kendali untuk mengukur parameter waktu gesek dan kecepatan putar. Akibatnya, pengukuran waktu gesek masih mengandalkan stopwatch, sementara pengukuran kecepatan putar masih menggunakan tachometer. Hal ini membuat pengukuran parameter proses belum dapat dilakukan secara aktual dan kurang optimal, terutama dalam penyambungan Aluminium 6063. Berdasarkan adanya keterbatasan pada mesin RFW yang dirancang sebelumnya maka mesin rotary friction welding ini perlu dilakukan pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar. Proses pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar ini menggunakan rangkaian listrik sederhana yang tersusun di dalam panel box agar mempermudah pengoperasian pada mesin rotary friction welding. Pengembangan sistem kendali waktu gesek dan kecepatan putar pada mesin bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dalam mendapatkan hasil sambungan yang konsisten. Hasil sambungan yang konsisten berarti semua hasil pengelasan yang diujikan dapat menyambung dan tidak ada hasil pengelasan yang gagal terbentuk ikatan. Setelah dimodifikasi, mesin RFW dilakukan uji performa menggunakan material Aluminium 6063 dengan parameter penyambungan antara lain waktu gesek dan kecepatan putar. Variasi waktu gesek yang digunakan adalah 5 detik, 7 detik, dan 9 detik. Sementara itu, variasi kecepatan putar adalah 1900 rpm, 2100 rpm, dan 2300 rpm. Hasil pengujian tarik memperoleh kekuatan tarik maksimum pada sambungan sebesar 158,3 MPa atau 69,7% dari kekuatan logam dasar sehingga pengembangan sistem kendali ini menunjukkan peningkatan performa karena dapat mengukur parameter secara aktual dan terkontrol daripada sebelumnya. date: 2025-06-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/1/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_Fulltext.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/2/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_01.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/3/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_02.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/4/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_03.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/5/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_04.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/6/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_05.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/7/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_Ref.pdf format: text language: id identifier: https://eprints.untirta.ac.id/50282/8/Calvin%20Santo%20Arnoldus_3334200036_Lamp.pdf identifier: SANTO ARNOLDUS, CALVIN (2025) PENGEMBANGAN SISTEM KENDALI WAKTU GESEK DAN KECEPATAN PUTAR PADA RANCANG BANGUN MESIN ROTARY FRICTION WELDING UNTUK PENYAMBUNGAN ALUMINIUM 6063. S1 thesis, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.