eprintid: 50273 rev_number: 34 eprint_status: archive userid: 14054 dir: disk0/00/05/02/73 datestamp: 2025-07-10 04:37:52 lastmod: 2025-07-10 04:37:52 status_changed: 2025-07-10 04:37:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JUHANDI, MOH. TAUFIQ creators_id: 2280210050 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SAEFULLAH, ASEP contributors_name: SEPTIYANTO, RAHMAT FIRMAN contributors_id: 199009292018031001 contributors_id: 198709042015041001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN KONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA TEMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ispublished: pub subjects: L1 subjects: QC divisions: FKIP divisions: Fisika full_text_status: restricted keywords: Teaching materials, Socio-scientific Issues, Nuclear Power Plant, Critical thinking, Bahan ajar, Socio-scientific Issues, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Berpikir kritis note: Dalam penelitian ini akan dilakukan pengembangan bahan ajar Socio-scientific Issues (SSI) pada tema Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam penelitian ini prosedur yang dilakukan dibatasi sampai tahapan Development. Dihasilkan sebuah bahan ajar dengan tema PLTN yang disusun menyesuaikan tahapan SSI dan indikator berpikir kritis. Bahan ajar akan dinilai kelayakan oleh validator menggunakan angket validasi ahli media dan meteri, serta angket respons siswa untuk mengetahui respons siswa. Hasil dari validasi materi mendapat penilaian 77.81% termasuk dalam kategori “layak” dan validasi media mendapatkan penilaian 79.16% termasuk dalam kategori “layak”. Hasil dari angket respons siswa tersebut didapat dengan rata-rata sebesar 74.33% tergolong dalam kategori “menarik”. abstract: This study aims to develop teaching materials based on Socio-Scientific Issues (SSI) on the theme of Nuclear Power Plants (PLTN) to facilitate students' critical thinking skills. The objectives of this research are to identify the development process and determine the feasibility level of the developed teaching materials. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model as the instructional design procedure, consisting of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. In this study, the procedure was limited to the Development stage. The result is a teaching material themed on PLTN, structured according to the SSI stages and critical thinking indicators. The feasibility of the teaching material was assessed by validators using media and content expert validation questionnaires, as well as student response questionnaires to evaluate student perceptions. The content validation received a score of 77.81%, categorized as "feasible," and the media validation received a score of 79.16%, also categorized as "feasible." The results of the student response questionnaire showed an average score of 74.33%, which falls into the “interesting” category. date: 2025 date_type: published pages: 160 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN FISIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: A. Yanto, D. (2023). Penerapan Manajemen Persepsi Masyakarat dengan Pendekatan Inklusi Sosial dalam Meningkatkan Penerimaan PLTN di Bangka Belitung. PROSIDING SEMINAR KESELAMATAN NUKLIR 2023, 208–217. Adumiranti, Y., & Widyaningrum, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sosio Scientific Issue pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 228–241. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.1004 Agustinaningsih, W. (2023). Melangitkan Bahan Ajar, Membumikan Media Fisika. Deepublish Digital. Ahied, M. (2015). Efisiensi Material Pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir LWR (Light Water Reactor) Dan PHWR (Pressurized Heavy Water Reactor). Jurnal Pena Sains, 2(1), 1–6. Arjaya, I. B. A., & Surata, S. P. K. (2024). Systematic Review: Trends Socioscientific Issues in Climate Change Materials. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 14(1), 52–65. https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8666 Aziz, F., Mardianto, & Rivai, A. K. (2021). PLTN dan riset material reaktor maju. Deepublish. Azizah, H. P., Ilhami, A., & Hafiza, N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA SMP Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) : Systematic Review. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(4). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i4.206 Badiah, S., Saefullah, A., & Antarnusa, G. (2024). Development of Integrated Education for Sustainable Development Digital Teaching Materials on Renewable Energy To Facilitate Students’ Critical Thinking Abilities. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 63–73. https://doi.org/10.59052/edufisika.v9i1.32225 Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 Cahyani, A., & Putri, S. O. (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 286–297. Canadian Nuclear Association. (n.d.). Nuclear Fuel. https://cna.ca/reactors-and-smrs/nuclear-fuel/ Chaudhari, N. (2023). Nuclear Power Reactor- An Overview. Saudi Journal of Engineering and Technology, 8(07), 155–162. https://doi.org/10.36348/sjet.2023.v08i07.001 Diharjo, R. F., Budijanto, & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs, 4(39), 445–449. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/899/571 Dr. E. Kosasih, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=UZ9OEAAAQBAJ Dwiatmanto, L. J. (2016). Penantian pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di indonesia. Orbith, 12(2), 59–66. Eliyanti, M. (2016). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(02). Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594 Ennis, R. H. (2016). Critical Thinking Across the Curriculum : A Vision. Topoi, 2011. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4 Evren Yapıcıoğlu, A., & Aycan, Ş. (2018). Pre-service Science Teachers’ Decisions and Types of Informal Reasoning about the Socioscientific Issue of Nuclear Power Plants. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 13(1), 31–53. https://doi.org/10.29329/epasr.2018.137.2 Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530 Hanam, E. S., Van Harling, V. N., Agustina, E. B., Budirohmi, A., Rismawati, E., Pada, S. S., Agustine, D., Afrida, J., Irvani, A. I., Arifuddin, W., & others. (2024). Elektron dalam Atom. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=GE4lEQAAQBAJ Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048 Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714 Herawati, N., & Sudagung, A. D. (2020). Persepsi Masyarakat dan Potensi Public Acceptance Terkait Wacana Pembangunan PLTN di Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pengembangan Energi Nuklir, 22(2), 111. https://doi.org/10.17146/jpen.2020.22.2.6125 Jho, H., Yoon, H. G., & Kim, M. (2014). The Relationship of Science Knowledge, Attitude and Decision Making on Socio-scientific Issues: The Case Study of Students’ Debates on a Nuclear Power Plant in Korea. Science and Education, 23(5), 1131–1151. https://doi.org/10.1007/s11191-013-9652-z Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 152–161. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.258 Kusumaningtyas, P., Oktafiani, R., Nurhadi, M., & Sulistyaningwarni, S. (2020). Pengaruh Isu Sosiosaintifik Dalam Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5172 Latifah, N., Setyadi Kurniawan, E., kunci, K., Flipbook Maker, K., & Berpikir Kritis, K. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development of Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability of Students. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01, 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips Malaka, M. (2019). Dampak Radiasi Radioaktif Terhadap Kesehatan. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(2), 199. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i2.204 Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120 Nurul Huda Panggabean, Amir Danis, & Nadriyah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204–218. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1177 OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education: Vol. I (PISA (ed.)). OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en. OECD. (2024). PISA 2022 Technical Report (PISA (ed.)). OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/01820d6d-en. Pratiwi, E., & Sudibyo, E. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. 9(1), 273–278. Rahmawati, N. L., Sudarmin, & Pukan, K. K. (2013). PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU BILINGUAL DENGAN TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1), 157–164. Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Stem pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117–123. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.7900 Rohmaya, N. P. M. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues(SSI). Jurnal Pendidikan MIPA, 12, 107–117. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553 Ruslan, R. (2021). Status Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan dan Opsi Nuklir dalam Bauran Energi Nasional. Jurnal Pengembangan Energi Nuklir, 23(1), 39. https://doi.org/10.17146/jpen.2021.23.1.6161 Sa’adah, S., Wulandari, A. Y. R., Fikriyah, A., & Muharrami, L. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Pemanasan Global Dengan Sola Berbasis Pendekatan Socioscientific Issues (SSI). Natural Science Education Research, 4(3), 231–241. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8516 Saefullah, A., Guntara, Y., & Nulhakim, L. (2020). Reconstruction of Teaching Materials with Socio-Scientific Issues Context on Source of Energy Content. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012022 Santika, A. R., Purwianingsih, W., & Nuraeni, E. (2018). Analysis of students critical thinking skills in socio-scientific issues of biodiversity subject. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012004 Septiningrum, D., Khasanah, N., & Khoiri, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Virus Berbasis SocioScientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 87–104. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.4973 Suhaemi, T. (2016). Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Menopang Kebutuhan Eenergi Listrik Nasional. Seminar Nasional TEKNOKA_FT UHAMKA, 1, 162–170. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/809 Sunu, W., & Dwandaru, B. (2023). Socio-scientific issues in physics learning to improve students ’ critical thinking skills. June, 1–6. Susdarwono, E. T. (2021). Reaksi Fisi dan Reaksi Fusi dalam Mekanisme Bom Atom dan Senjata Termonuklir. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.19 Tiruneh, D. T., & Cock, M. De. (2017). Measuring Critical Thinking in Physics : Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Magnetism. 663–682. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9723-0 Udin, M. B. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan. In Forum Statistika dan Komputasi (Vol. 8, Issue 1). Wasito, D., & Bukhori, B. (2024). Optimasi Biaya Operasi Tahun ke n untuk mensukseskan NZE2060 dengan cara menentukan Project Pembangkit yang tepat dan Pengaturan Fleksible Power …. Jurnal Energi Dan Ketenagalistrikan, 2(1), 1–13. https://jurnal-puslitbangpln.id/index.php/juke/article/download/39/25 Wijaya, A. I., Ariana, P., & Hidayah, R. R. (2022). PERSEPSI DAN KESIAPAN MASYARAKAT TERHADAP POTENSI NUKLIR SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(3), 22–28. Yudianto, A. A. (2017). Perencanaan Kebijakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Dalam Menunjang Ketahanan Energi Di Provinsi Kalimantan Timur. Ketahanan Energi, 3(2), 47–65. Yulinawati, H., Zulaiha, S., Pristianty, R., & Siami, L. (2019). Kontribusi Metropolitan terhadap Polutan Udara Berbahaya Timbal dan Merkuri dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Batu Bara). Seminar Nasional Pembangunan Wilayah Dan Kota Berkelanjutan, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.25105/pwkb.v1i1.5256 Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283 Zairina, S., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis Keterampila Argumentasi Siswa SMP Berbantuan Socio-Scientific Issue Pemanasan Global. Jurnal Pensa : Pendidikan Sains, 10(1), 37–43. Zega, S. P., Gulo, S. H., Informasi, T., Nias, U., Informasi, T., & Nias, U. (2024). Analisis literatur fisika nuklir dan pengembangan reaktor fusi. 01(November), 32–38. citation: JUHANDI, MOH. TAUFIQ (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN KONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA TEMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/1/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/19/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/3/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/4/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/5/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/6/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/7/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/8/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50273/9/MOH.%20TAUFIQ%20JUHANDI_2280210050_LAMP.pdf