eprintid: 50233 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 10662 dir: disk0/00/05/02/33 datestamp: 2025-07-04 03:29:39 lastmod: 2025-07-04 03:29:39 status_changed: 2025-07-04 03:29:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yasmin, Salma Alfina creators_id: 2290200061 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: KUNTARI, SEPTI contributors_name: HARYONO, HARYONO contributors_id: 197906052024211001 contributors_id: 197511282023211003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN SOSIOLOGI title: PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PADA KOMUNITAS K-POP DI KABUPATEN GARUT ispublished: pub subjects: HM divisions: Sosiologi divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Consumptive Behavior, Affective Learning Outcomes, K-Ppo, Community Perilaku Konsumtif, Hasil Belajar Afektif, K-Pop, Komunitas note: Popularitas K-Pop ini salah satunya telah menciptakan perilaku konsumtif bagi penggemarnya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumtif terhadap hasil belajar afektif pada komunitas K-Pop di Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas K-Pop Carat Home di Garut dengan jumlah 40 anggota. Penenelitian ini memanfaatkan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji linearitas), dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikansi antara perilaku konsumtif (X) terhadap hasil belajar afektif (Y), diindikasikan oleh nilai koefisien perilaku konsumtif 0,671 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Perilaku Konsumtif, maka nilai Hasil Belajar Afektif bertambah sebesar 0,671. Koefisiensi regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif, diperkuat oleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Meskipun dalam hasil regresi sederhana menunjukkan pengaruh positif, namun pada penelitian ini menunjukkan fenomena selective learning yang di mana individu lebih memusatkan perhatian sumber daya belajar hanya pada topik yang menarik minat secara pribadi, dalam penelitian ini anggota komunitas lebih antusias mempelajari budaya K-Pop dibanding materi pembelajaran umum. Maka dari itu suatu komunitas dan pihak tertentu untuk memberikan edukasi mengenai konsumsi yang bijak dan perhatian khusus agar suatu kegemaran bisa dipadukan dengan hasil belajar afektif yang lebih optimal. abstract: The popularity of K-Pop has contributed to the emergence of consumptive behavior among its fans. Therefore, this study aims to analyze the influence of consumptive behavior on affective learning outcomes in the K-Pop community in Garut. This research employs a quantitative approach. The population of this study consists of all 40 members of the K-Pop Carat Home community in Garut. This study utilizes validity tests, reliability tests, classical assumption tests (normality test, heteroscedasticity test, and linearity test), and hypothesis testing using simple regression analysis. The results indicate a significant positive influence of consumptive behavior (X) on affective learning outcomes (Y), as evidenced by the consumptive behavior coefficient value of 0.671. This means that for every 1% increase in consumptive behavior, the affective learning outcomes increase by 0.671. The regression coefficient is positive, indicating a positive relationship between variable X and Y, further supported by a significance value of 0.000 < 0.05. Although the simple regression results indicate a positive influence, this study also highlights the phenomenon of selective learning, where individuals tend to focus their learning resources only on topics that personally interest them. In this case, community members are more enthusiastic about learning K-Pop culture compared to general educational materials. Therefore, it is essential for communities and relevant stakeholders to provide education on responsible consumption and special attention to ensure that personal interests can be integrated with more optimal affective learning outcomes. date: 2025 date_type: published pages: 118 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN SOSIOLOGI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Yasmin, Salma Alfina (2025) PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PADA KOMUNITAS K-POP DI KABUPATEN GARUT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/1/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/2/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/3/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/4/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/5/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/6/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/7/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/8/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50233/18/SALMA%20ALFINA%20YASMIN_2290200061_CP.pdf