eprintid: 50221 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 22681 dir: disk0/00/05/02/21 datestamp: 2025-07-02 06:12:48 lastmod: 2025-07-02 06:12:48 status_changed: 2025-07-02 06:12:48 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: zahrohass@gmail.com creators_name: Sakinah, Zahroh As creators_id: 7772230026 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Asphianto, Aan contributors_name: Asmawati, Luluk contributors_id: 196301052002121002 contributors_id: 197306072008122001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: PASCASARJANA corp_creators: MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN title: HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN WARINGINKURUNG ispublished: pub subjects: LB1501 divisions: TekPem divisions: PASCA full_text_status: restricted keywords: Efficacy self, Devices learning, Teacher performance Efikasi diri, Perangkat pembelajaran, Kinerja guru note: Kinerja sebagai bagian fungsi dari faktor kemampuan juga motivasi, yang dapat diartikan jika terdapat perubahan dari salah satunya secara langsung, maka akan mempengaruhi kinerjanya. Faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru, diantaranya : kemampuan (ability) dan motivasi (motivation). Penelitian ini bertujuan dan dimaksudkan untuk menganalisis hubungan efikasi diri dan perangkat pembelajaran dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Waringinkurung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dalam bentuk angka dianalisis dengan statistik dan hasilnya dideskripsikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari hasil uji korelasi pearson secara parsial, bahwa pada variabel X1 (Efikasi Diri) terhadap Y (Kinerja Guru) yaitu sebesar 0,039 yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian pada variabel X2 (Perangkat Pembelajaran) terhadap Y (Kinerja Guru) yaitu sebesar 0,000 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Sementara itu, berdasarkan hasil uji korelasi berganda secara simultan bahwa Sig.F Change, yaitu memiliki nilai sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara variabel X1 dan X2 dengan Y secara simultan atau secara bersama-sama. Kemudian berdasarkan nilai R yaitu sebesar 0,498 maka dapat disimpulkan bahwa derajat hubungan yang dimiliki antara variabel X1 dan X2 dengan Y memiliki derajat hubungan sedang/cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan perangkat pembelajaran dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Waringinkurung. abstract: Performance as part function from factor ability and motivation , which can interpreted If there is change from one of them in a way directly , then will influence its performance . Factors that can influence teacher performance , including : ability and motivation . Research This aimed and intended For analyze connection efficacy self and device learning with performance of elementary school teachers in the sub-district Waringinkurung . The method used in study This use approach quantitative . The data obtained in form number analyzed with statistics and results described . Based on results obtained from correlation test results pearson in a way partial , that in variable X1 ( Efficacy) Self ) towards Y (Teacher Performance) ie of 0.039 which can be interpreted that there is significant relationship . Then on the variable X2 ( Device Learning ) towards Y (Teacher Performance) , namely of 0.000 which means there is significant relationship . While that , based on correlation test results multiple in a way simultaneous that Sig.F Change , namely own mark of 0.000 which shows existence connection significant between variables X1 and X2 with Y simultaneous or in a way together . Then based on the R value is of 0.498 then can concluded that degrees relationship that is owned between variables X1 and X2 with Y have degrees connection moderate / sufficient . With thus can concluded that there is significant relationship between efficacy self and device learning with performance of elementary school teachers in the sub-district Waringinkurung. date: 2025 date_type: published pages: 174 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: mphil referencetext: Buku Arikunto, Suharsimi. 2022. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Reinika Cipta. Feist,J., & Feist, G.J. (2020). Teori Kepribadian (Theory of Personality). Jakarta: Salemba Humanika Gunawan, Ibrahim, dan Almukarramah. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K-13). Jakarta: Sefa Bumi Persada Hamzah Pagarra, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, & Sayidiman (2022). Media Pembelajaran. Malang : Badan Penerbit UNM Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta : Trusmedia Grafika Helmi, Rembulan, & Reginasari. (2020). Psikologi Untuk Indonesia: Isu-isu Terkini Relasi Sosial dari Intrapersonal hingga Interorganisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Jaka Wijaya Kusuma, Supardi, Rijalul Akbar, Hamidah, Ratnah. Muh Fitrah, & Sepriano (2023). Dimensi Media Pembelajaran. Jambi : Sonpedia Publishing Indonesia Rorimpandey, W. H. F. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar (1st ed.). Malang: Ahlimedia Press Septiawan, B., Masrunik, E., dan Rizal, M. (2020). Motivasi Kerja dan Generasi Z: (Teori dan Penerapan). Blitar: Zaida Digital Publishing Simze Joen, dkk (2022). Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Magama : Sulawesi Tengah Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alphabet Sunarsi, D. (2020). Panduan Peningkatan Kinerja dan Kepuasan Guru. Serang: Desanta Muliavisitama. Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan (1st ed.). Banjarmasin: Prodi. Pend. Sejarah FKIP ULM. Woolfolk, A. 2019. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Yayat Ruhiyat, Aan Asphianto, John Chaidir, Haerofiatna, & Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (2023). Statistik Pendidikan Analisis Berbasis Skala Pengukuran dengan Ms Excel, SPSS-25, dan Smart PLS. Banten : Media Edukasi Indonesia Jurnal Abdul Syaban & Fitria Wahud (2023). Analisis Pelaksanaan Kinerja Guru Pendidikaan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Aspek Perencanaan Pembelajaran Di SMK Negeri 4 Kendari. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 848-857 Doi: https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.753 Andi Maulana (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, pp. 133-13 Anisah, Ferdian Ari Bowo dan Eka Wahyu Hidayat (2022). Peranan Efikasi Diri Guru Dalam Prestasi Belajar Siswa. Volume 15, hh 41-46 Alzahrani, H. (2020). The Roles of a Teacher in the 21st Century. International Journal of Education and Practice, 8(2), 72-78. Anwar, A,S & Mubin, F. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Jurnal Pendidikan Islam doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66 Boang,M, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174 Devitha, C. T. P., Baharuddin, F. R., dan Purnamawati, P. (2021). Analisis Pengaruh Masa Kerja dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru Produktif SMK Negeri di Kota Kendari. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 69. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20633 Dona Nengsih, Winda Febrina, Maifalinda, & Junaidi (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Kompetif Dwi Luspita Sari, dkk (2024). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, Hal 338-348 Doi: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.884 Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74–80. Hikmah, H. N., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2021). Hubungan efikasi diri dengan CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Vol 8 No 1, Maret 2025358 kreatifitas kerja guru pegawai negeri sipil (PNS) sekolah dasar negeri sekecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 10-17. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.289 Jong, Romi de. et.al. (2014). How pre-service teachers’ personality traits, selfefficacy, and discipline strategies contribute to the teacher–student relationship. British Journal of Educational Psychology. Vol. 84. h. 294– 310 Karima Khoirunnisa & Amidi (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Model CORE dan Strategi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ Minarni (2020). Efikasi Diri Guru (Studi Di Kabupaten Sidenreng Rappang - Sulawesi Selatan). Poros Onim : Jurnal Sosial Keagamaan, 121-130 http://ejournal.iainfmpapua.ac.id/index.php/porosonim Mohamad Muspawi (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 101-106 Musarwan & Idi Warsah (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 2 Juli 2022 EISSN: 2809-4557 Musnaeni, Abidin, S., dan Purnamawati. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1168 Nurmawati, I., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Di SMA Negeri Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 71–82. Nurwinanda Mayang Sari, Tahmid Sabri, & Hery Kresnadi (2020). Analisis Perangkat Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Masa Covid-19 Di Kelas IV SD. Vol 9, No 11, https://doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43256 Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77 Syaiful Rohman (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Taksonomi Bloom. STIT Al-Ibrohimy Bangkalan, Vol. 8 No. 30 Juni 2023 Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391. Wang, Hui. et.al. (2015). Self-efficacy and causal attributions in teachers : Effects on burn out, job satisfaction, illness, and quitting intentions. Teaching and Teacher Education. Vol. 47. h. 120-130 Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi perilaku sosial anak usia dini melalui media loose parts (bahan lepasan). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894-1904 Lainnya Hartanto, S., dan Purwanto, S. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Moh. Amin, Validitas Logis dan Validitas Empiris, diakses dari http://makalah pendidikanislamlengkap.blogspot.co.id/2015/06/validitas-logis-danempiris-evaluasi.html? m=1, pada tanggal 5 Nopember 2020 Mufidah, Elia Firda, Cindy Asli Pravesti, Dimas Ardika, and Miftah Farid, ‘Urgensi Efikasi Diri: Tinjauan Teori Bandura’, Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2022, 30–35 N Berninda (2024). Analisis Alur Tujuan Pembelajaran Dalam Pendidikan Pancasila di SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Skripsi Nina Tarasenkova, I. A. (Aug 2022). Instructional design of mathematics and language integrated learning (MLIL) for future Mathematics teachers. Educação & Formação. Panggabean, N. H., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains (J. Simarmata (ed.); 1 ed.). Yayasan Kita Menulis. Permendikbud No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Probosiwi, P., & Retnasari, L. (2020). Penyusunan RPP format terbaru mewujudkan merdeka belajar bagi guru sekolah dasar di PCM Prambanan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2964(November), 409–420. citation: Sakinah, Zahroh As (2025) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN WARINGINKURUNG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/3/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/4/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/5/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/6/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/7/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/8/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/17/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50221/19/ZAHROH%20AS%20SAKINAH_7772230026_01.pdf