eprintid: 50217 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 20655 dir: disk0/00/05/02/17 datestamp: 2025-07-02 05:59:41 lastmod: 2025-07-02 05:59:41 status_changed: 2025-07-02 05:59:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: hanytututhandayani@gmail.com creators_name: Handayani, Hany Tutut creators_id: 7772230033 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Atikah, Cucu contributors_name: Sholih, Sholih contributors_id: 196612271992032001 contributors_id: 196006141987021002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: PASCASARJANA corp_creators: MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN title: PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 JAWILAN ispublished: pub subjects: LB1603 divisions: TekPem divisions: PASCA full_text_status: restricted keywords: Professional Competence, Organizational Climate, Teacher Performance Kompetensi Profesional, Iklim Organisasi, Kinerja Guru note: Masih banyak guru yang memiliki kinerja kurag optimal. Kurangnya sumber daya manusia dan masalah kekurangan fasilitas juga dapat dianggap sebagai faktor penghambat bagi peningkatan kinerja guru. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kompetensi profesional dan iklim organisasi terhadap kinerja guru di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menekankan pada pengumpulan data dalam bentuk numerik untuk dianalisis dengan teknik statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri Jawilan yang berjumlah 45 orang guru. Pada Sampel mencakup seluruh guru di SMA Negeri Jawilan berjumlah 45 orang guru dengan menggunakan metode Total Sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup (berstruktur) dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu Kompetensi memberikan Pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai koefisien mencapai 0,474. Ini ditunjukkan bahwa peningkatan Kompetensi akan berdampak positif pada kinerja guru. Selain itu itu , iklim organisasi juga menunjukkan Pengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,572. Jika Kompetensi profesional peningkatan dan iklim organisasi sekolah dikondisikan secara baik akan memberikan efek positif terhadap peningkatan kinerja guru, yang pada pasangan akan berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan. abstract: Many teachers still exhibit suboptimal performance. The lack of human resources and issues related to insufficient facilities are also considered as factors hindering the improvement of teacher performance. Based on these issues, the objective of this research is to analyze the influence of professional competence and organizational climate on teacher performance in senior high schools. This study employs a quantitative method, emphasizing the collection of numerical data to be analyzed using statistical techniques. The population in this study consists of all teachers at a public high school, with a total of 45 teachers. The sample includes all teachers at the high school, also totaling 45 teachers, selected through the Total Sampling method. The data collection methods used include questionnaires and document studies. The research instrument comprises a structured closed-ended questionnaire and documentation guidelines. Data analysis techniques involve both descriptive and inferential statistical analysis. The results of the study reveal that professional competence has a positive and significant effect on teacher performance, with a coefficient value of 0.474. This indicates that improvements in professional competence will positively impact teacher performance. In addition, the organizational climate also significantly influences teacher performance, with a coefficient value of 0.572. If both professional competence and the school’s organizational climate are enhanced and well-conditioned, they will have a positive effect on improving teacher performance, which in turn will contribute to the improvement of educational quality. date: 2025 date_type: completed pages: 156 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: mphil referencetext: Buku Ahmad Rustama, dkk (2023). Aksi Komunikasi Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: PT Mahakarya Citra Utama Group. Ali Mustadi, dkk. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press. Arief Hidayat, dkk. (2024). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publising). Arvian Yuli Artha. (2022). Manajemen Pelatihan guru Sekolah Dasar Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional. Pascal Books Askuri. (2022). Membina Kompetensi Profesional Guru dengan Manajemen Kepala Sekolah melalui Kinerja Berbasis Budaya Religius. Pekalongan: NEM. Aslam. (2024). Kepemimpinan Visioner dan Iklim Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: Indonesia Emas Group Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Engelien Y, dkk. (2024). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Indramayu: PT Adab Indonesia. Febrianty, dkk. Kepemimpinan Apresiatif: Mendorong Pertumbuhan dan Keterlibatan di Tempat Kerja. Lampung: UPPM Universitas Malahayati. Fredrikus Djelahu, dkk (2024). Strategi Manajemen Organisasi dalam Pendidikan. Makasar: Nas Media Pustaka. Hamzah B.Uno, dkk. (2022). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamzah B.Uno, dkk. (2022). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Hilda Ashari. (2024). Buku Ajar Profesi Kependidikan. Makassar: Rizmedia Pustaka Indonesia Husaini Usman, (2022). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Imam Santoso. (2021). Pendidikan Pelatihan (Diklat), Iklim Organisasi dan Motivasi Berprestasi. Pekalongan: NEM Indra Prasetia. (2024). Administrasi Pendidikan:Teori, Riset dan Praktik. Medan: Umsu Press. Mailizar, dkk. (2024). Transformasi Pendidikan Menuju Kualitas Guru Unggul. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publising). Moh.Nasrudin. (2023). Kajian Pendidikan dalam Berbagai Aspek. Pekalongan: NEM. Mudatsir, dkk. (2024). Pendidikan Profesi Keguruan. Serang: Sada Kurnia Putra Mukhtar Latif, dkk. (2017). Menakar Komitmen Guru. Jambi: PT Salim Media Indonesia Nina Dwiastuty, dkk. (2025). Kinerja Guru Tantangan dan Strategi peningkatannya. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publising). Nofsri Suriyana, dkk. (2024). Tinjauan Kinerja Guru. Padang: CV Gita Lentera. Nurhadifah A, dkk. (2024). Profesi Keguruan. Yogyakarta: Samudra Biru Pingkan, dkk. (2024). Sistem Penilaian Kompetensi Profesional Guru Berbasis Elektronik. Jakarta: Bumi Aksara Rina Febriana. (2021). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara Group. Rifqah R, dkk. (2024). Perspektif Ergonomika dan Psikososial di Lingkungan Kerja. Makasar: Nas Media Pustaka Rorimpandey widdy H.F (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang: Ahlimedia Press. Rutilawati, dkk. (2020). Model Pengelolaan Kinerja Guru. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press Saring (2022). Peningkatan Kinerja Guru. Malang: Media Nusa Creative. Simamora, Henry (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-3. Yogyakarta: STIE YKPN Suci R, dkk. (2023). Kepemimpinan, iklim Organisasi Rumah Sakit, dan Kepuasan Kerja Perawat. Pekalongan: NEM Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supiani (2022). Monograf Kinerja Guru. Riau: Dotplus Publisher Yohanis, dkk. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekalongan: NEM Warman, dkk. (2024). Supervisi Akademik: Guru Profesional, Kepala Sekolah Sukses. Nomaden Institute. Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar. Indramayu: PT Adab Indonesia. Wirawan, A.W. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat Jurnal/Artikel Fatmawati, Supardi, & Atang Suryana. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(2), 199–220. https://doi.org/10.55927/fjss.v1i2.561 Gun Mardiatmoko, (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda(Canarium Indicium)). Barekeng Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342 Ilyas. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 34–40. Mumtaz, S., Rindanigsih, I., & Hidayatulloh. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru: Literature Review. Academic Journal Research, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.61796/acjoure.v1i1.12 Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265. Solihat, N., Sholih, & Asmawati, L. (2022). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 274–285. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.676. Utami, R. H., Hawik, R., Indiworo, E., & Artikel, I. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD di Kota Blora Selama Pandemi Covid 19. JBE Jurnal Bingkai Ekonomi JBE, 6(2), 1–11. http://itbsemarang.ac.id/jbe/index.php/jbe33 citation: Handayani, Hany Tutut (2025) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 JAWILAN. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/1/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/2/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/3/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/4/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/5/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/6/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/7/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50217/8/Hany%20Tutut%20Handayani_7772230033_Lamp.pdf