%0 Thesis %9 S1 %A Agustin, Taski Adelia %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, %B PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR %D 2025 %F eprintuntirta:50199 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Role, Transformational Teacher, Differentiated Learning Peran, Guru Penggerak, Pembelajaran Berdiferensiasi %P 306 %T ANALISIS PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN CILEGON II %U https://eprints.untirta.ac.id/50199/ %X Differentiated learning is an approach that accommodates various learning needs. However, its implementation is not easy. This is where the role of the transformational teacher becomes crucial, as they have received special training that equips them with the knowledge and skills needed to address diverse student learning needs. This study aims to describe the profile of the transformational teacher, to analyze their role in planning and implementing differentiated learning, and to examine the implications of this role in the implementation of differentiated learning. This research uses a descriptive qualitative method, with data collection techniques including interviews, observations, and documentation. The informants in this study were transformational teacher and students from grades III, V, and VI. The findings show that transformational teacher at SDN Cilegon II are actively involved in professional development activities and make significant contributions to creating positive changes in the school environment. In the planning stage, teachers play a role in mapping students’ learning needs and designing teaching modules using a differentiated approach. During implementation, they serve as guides, facilitators, innovators, motivators, and directors. This role has had a positive impact on improving students’ self-esteem, motivation, learning interest, as well as their social and collaborative skills. %Z Pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pendekatan yang mengakomodasi berbagai kebutuhan belajar dimana dalam penerapannya tidaklah mudah. Disinilah peran penting guru penggerak, karena guru penggerak adalah seorang guru yang telah mendapatkan pelatihan khusus yang membekali guru baik pengetahuan maupun keterampilan untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil guru penggerak, untuk menganalisis peran guru penggerak dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, serta untuk menganalisis implikasi dari peran guru penggerak dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu guru penggerak dan peserta didik kelas III, V dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penggerak di SDN Cilegon II memiliki keterlibatan aktif dalam kegiatan pengembangan profesional serta berkontribusi nyata dalam menciptakan perubahan positif di sekolah. Dalam perencanaannya, guru berperan dalam melakukan pemetaan kebutuhan belajar, merancang modul ajar dengan pendekatan berdiferensiasi, serta dalam pelaksanaan guru berperan sebagai pembimbing, pengarah, fasilitator, inovator, dan motivator. Serta berimplikasi positif terhadap peningkatan self-esteem, motivasi dan minat belajar, serta keterampilan sosial dan kolaboratif peserta didik.