%0 Thesis %9 S1 %A Larasati, Kanya %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2025 %F eprintuntirta:50195 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K arrangement; learning environment; loose parts; teacher penataan; lingkungan belajar; loose part; guru %P 187 %T Penataan Ragam Kegiatan Bermain Dengan Menggunakan Media Loose Parts (Penelitian Kualitatif Deskriptif di PAUD Al-Kautsar Cilegon Banten) %U https://eprints.untirta.ac.id/50195/ %X Loose parts are flexible materials that can be used in various ways, such as being removed, installed, or combined with other materials, which can stimulate children's curiosity. The success of its use depends on the arrangement of play activities and instructions given by the teacher. This study aims to determine what types of Loose parts are used in learning, analyze how teachers organize various play activities and provide instructions in the use of Loose parts media at PAUD Al-Kautsar Cilegon. The method used is qualitative descriptive with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that PAUD Al-Kautsar has implemented the use of Loose parts media well in learning. The Loose parts used are very diverse. These Loose parts are arranged in various play areas designed to attract children's interest and encourage active involvement. The school also carries out regular maintenance of Loose parts and ensures the safety and accessibility of materials for children. Teachers play an active role in directing children from the early inspiration stage, accompanying them during play, and closing activities with a reflection session. With this, Loose parts can be utilized optimally to support children's play process. PAUD Al-Kautsar proves that child centered learning can be realized through effective environmental planning, utilization of existing resources, and the active role of teachers in accompanying children. %Z Loose parts adalah material fleksibel yang dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti dilepas, dipasang, atau digabungkan dengan bahan lainnya, yang dapat merangsang rasa ingin tahu anak. Keberhasilan penggunaannya bergantung pada penataan kegiatan bermain dan instruksi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis loose part apa saja yang digunakan dalam pembelajaran, menganalisis bagaimana guru menata ragam kegiatan bermain dan memberikan instruksi dalam penggunaan media loose parts di PAUD Al-Kautsar Cilegon. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Al-Kautsar telah menerapkan penggunaan media loose parts secara baik dalam pembelajaran. Loose parts yang digunakan sangat beragam. Loose parts ditata dalam berbagai area bermain yang dirancang untuk menarik minat anak dan mendorong keterlibatan aktif anak. Sekolah juga melakukan perawatan loose parts secara berkala serta memastikan keamanan dan aksesibilitas bahan bagi anak. Guru berperan aktif dalam mengarahkan anak sejak tahap inspirasi awal, mendampingi selama bermain, serta menutup kegiatan dengan sesi refleksi. Dengan ini, loose parts dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung proses bermain anak. PAUD Al-Kautsar membuktikan bahwa pembelajaran berpusat pada anak dapat diwujudkan melalui penataan ragam kegiatan bermain yang efektif, pemanfaatan sumber daya yang ada, serta peran aktif guru dalam mendampingi anak.