%0 Thesis %9 S1 %A ASHADI, NANDA SHAFIRA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2025 %F eprintuntirta:50150 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Parenting Style, Discipline, Early Childhood, Family, Character Development Pola Asuh, Disiplin, Anak Usia Dini, Keluarga, Pendidikan Karakter %P 133 %T POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PERUMAHAN VILA TOMANG BARU 2 RT06/RW01, KUTABUMI, KAB. TANGERANG - BANTEN %U https://eprints.untirta.ac.id/50150/ %X Character education in early childhood serves as a vital foundation for developing a disciplined and responsible personality. One of the primary influences in this developmental stage is the parenting style applied by parents in everyday life. This study aims to explore the parenting styles employed by parents in fostering discipline in children aged 5–6 years in the Vila Tomang Baru 2 housing complex, RT06/RW01, Kutabumi, Tangerang Regency. Using a qualitative approach with a descriptive method, data were collected through observation, interviews, and documentation involving five parents and two children within the specified age range. The participants were parents with a high school educational background, most of whom were housewives. The findings reveal that the democratic parenting style is the most prevalent, characterized by the implementation of rules supported by explanations, open communication, and consistent role modeling. Factors supporting the development of discipline includes parental consistency, effective communication, and a socially supportive environment. Conversely, challenges include parental inconsistency in rule enforcement and the negative impact of technology. These results emphasize the importance of conscious and consistent parenting strategies in shaping children's character from an early age. %Z Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk kepribadian yang disiplin dan bertanggung jawab. Salah satu peran utama dalam pembentukan karakter tersebut adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam membentuk karakter disiplin anak usia 5–6 tahun di Perumahan Vila Tomang Baru 2 RT06/RW01, Kutabumi, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap lima orang tua yang memiliki anak usia 5–6 tahun. Subjek penelitian merupakan orang tua berlatar belakang pendidikan menengah (SMA) yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga dan dua orang anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis adalah yang paling dominan diterapkan di Vila Tomang Baru 2 RT 06/RW 01. Pola ini ditandai dengan pemberian aturan yang disertai penjelasan dan komunikasi terbuka, serta penerapan disiplin melalui pembiasaan dan keteladanan. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter disiplin antara lain konsistensi orang tua, komunikasi yang baik, dan lingkungan sosial yang mendukung. Sementara itu, faktor penghambat mencakup tidak konsisten orang tua dalam menegakkan aturan dan pengaruh negatif teknologi.