eprintid: 50134 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 20261 dir: disk0/00/05/01/34 datestamp: 2025-07-03 07:35:13 lastmod: 2025-07-03 07:35:13 status_changed: 2025-07-03 07:35:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURASIAH, SITI creators_id: 2280210003 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SAEFULLAH, ASEP contributors_name: ANTARNUSA, GANESHA contributors_id: 199009292018031001 contributors_id: 199112212019031014 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA title: IMPLEMENTASI E-MODUL FISIKA TERINTEGRASI ESD PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ispublished: pub subjects: L1 subjects: QC divisions: FKIP divisions: Fisika full_text_status: restricted keywords: E-module, ESD, Renewable Energy, Critical Thinking E-Modul, ESD, Energi Terbarukan, Berpikir Kritis note: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas e-modul terintegrasi ESD pada materi energi terbarukan dalam meningkatkan kemampuuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Pandeglang tahun ajaran 2024/2025. Penelitia ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan pendekatan penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dari kelas X-9 dan kelas X-10. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar pre-posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan e-modul fisika terintegrasi ESD pada materi energi terbarukan dan angket untuk mengukur respon siswa terhadap e-modul. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. hasil N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 0.46 kategori sedang dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 0.27 kategori rendah. abstract: This study aims to analyze the effectiveness of ESD integrated e-modules in improving students' critical thinking skills on renewable energy material. This research was conducted at SMA Negeri 6 Pandeglang in the 2024/2025 academic year. The method used in this study was a quasi-experimental study, with a pretest-posttest non-equivalent control group design research approach using two classes, namely the experimental class and the control class. The sample in this study was 60 students from grades X-9 and X-10. Data collection was carried out through pre-posttest sheets to determine student learning outcomes using ESD integrated physics e-modules on renewable energy material and questionnaires to measure student responses to the e-module. The results showed a significant difference in improving critical thinking skills between the experimental class and the control class. The N-gain results showed that the experimental class experienced a higher increase in critical thinking skills with an average value of 0.46 in the medium category compared to the control group with an average value of 0.27 in the low category. date: 2025 date_type: published pages: 177 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN FISIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NURASIAH, SITI (2025) IMPLEMENTASI E-MODUL FISIKA TERINTEGRASI ESD PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/1/SITI%20NURASIAH_2280210003_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/2/SITI%20NURASIAH_2280210003_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/3/SITI%20NURASIAH_2280210003_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/4/SITI%20NURASIAH_2280210003_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/5/SITI%20NURASIAH_2280210003_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/6/SITI%20NURASIAH_2280210003_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/7/SITI%20NURASIAH_2280210003_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/9/SITI%20NURASIAH_2280210003_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/50134/19/SITI%20NURASIAH_2280210003_CP.pdf