%D 2025 %A NENI APRIANI %T PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL WARGA NEGARA (Studi Korelasi terhadap Pengguna Instagram Mahasiswa PPKn FKIP Untirta) %K Social Media, Instagram, Digital Literacy Media Sosial, Instagram, Literasi Digital %O Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial Instagram dalam meningkatkan Literasi Digital Warga Negara pada mahasiswa PPKn FKIP Untirta. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa PPKn FKIP Untirta pada semester genap 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif PPKn Untirta angkatan 2021-2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial Instagram berada pada kategori sedang sebesar 85% dengan jumlah mahasiswa sebanyak 64 mahasiswa. Sedangkan untuk literasi digital warga Negara menghasilkan kategori sedang sebesar 80% dengan jumlah mahasiswa sebanyak 60 mahasiswa. Dengan tingkat pengaruh berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dan berdasarkan nilai t: diketahui nilai thitung = 5,208 > ttabel = 1,666, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X) media sosial Instagram berpengaruh terhadap variabel (Y) literasi digital warga Negara. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Media Sosial Instagram terhadap Literasi Digital warga Negara pada mahasiswa PPKn FKIP Untirta. %L eprintuntirta49953 %X This research aims to determine the influence of Instagram social media in increasing citizen digital literacy among PPKn FKIP Untirta students. This research was carried out on PPKn FKIP Untirta students in the even semester 2023/2024. The research method used is a survey method with a quantitative approach. The population in this study were active PPKn Untirta students class 2021-2024. The sampling technique used is a probability sampling technique with simple random sampling. The research results show that the use of Instagram social media is in the medium category at 85% with a total of 64 students. Meanwhile, digital literacy of citizens is in the medium category at 80% with a total of 60 students. With a level of influence based on a significance value of 0.001 < 0.05. And based on the t value: it is known that the value of tcount = 5.208 > ttable = 1.666, so it can be concluded that variable (X) social media Instagram has an influence on variable (Y) digital literacy of citizens. So it can be concluded that there is an influence between Instagram Social Media on the Digital Literacy of Citizens among PPKn FKIP Untirta students. %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA