eprintid: 49929 rev_number: 54 eprint_status: archive userid: 22586 dir: disk0/00/04/99/29 datestamp: 2025-06-26 02:43:22 lastmod: 2025-06-26 02:43:22 status_changed: 2025-06-26 02:43:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 1111210087@untirta.ac.id creators_name: Oktaviani, Putri Dwi creators_id: 1111210087 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fasyehhudin, Mohamad contributors_name: Citrawan, Ahmad Lanang contributors_id: 196212092001121001 contributors_id: 198610052015041002 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Hukum corp_creators: Ilmu Hukum title: IMPLEMENTASI WEBSITE SOBAT DUKCAPIL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG GUNA MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 38 TAHUN 2017 TENTANG INOVASI DAERAH ispublished: pub subjects: K1 divisions: FH divisions: IH full_text_status: restricted keywords: Sobat Dukcapil, Public Services, Good Governance Sobat Dukcapil, Pelayanan Publik, Pemerintahan Yang Baik note: Sarana Online Bantu Administrasi Tuntas (Sobat Dukcapil) merupakan inovasi daerah yang diciptakan untuk meningkatkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang guna mewujudkan pemerintahan yang baik sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi website Sobat Dukcapil dalam meningkatkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah? (2) Bagaimana kendala dan solusi dalam implementasi website Sobat Dukcapil guna mewujudkan pemerintahan yang baik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis-empiris dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, serta observasi langsung terhadap penggunaan website Sobat Dukcapil. Teori yang menjadi pisau analisis adalah teori good governance dan teori pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Sobat Dukcapil telah memberikan kontribusi positif dalam mempercepat proses layanan administrasi kependudukan, meningkatkan keterbukaan informasi, dan mengurangi praktik birokrasi yang berbelit. Namun, masih terdapat kendala dalam hal literasi digital masyarakat serta keterbatasan infrastruktur dan responsivitas yang menghambat optimalisasi pemanfaatan website ini. Oleh karena itu, diperlukan penguatan infrastruktur digital, responsivitas penyedia layanan, serta peningkatan sosialisasi kepada masyarakat guna mengoptimalkan manfaat website ini secara luas dalam jangka panjang. abstract: Sarana Online Bantu Administrasi Tuntas (Sobat Dukcapil) is a regional innovation created to improve the services of the Population and Civil Registration Office of Tangerang City in order to realize good governance as mandated in Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 38 of 2017 concerning Regional Innovations. The problem formulations in this research are: (1) How is the implementation of the Sobat Dukcapil website in improving the services of the Population and Civil Registration Office of Tangerang City based on Government Regulation Number 38 of 2017 concerning Regional Innovations? (2) What are the obstacles and solutions in the implementation of the Sobat Dukcapil website to realize good governance at the Population and Civil Registration Office of Tangerang City based on Government Regulation Number 38 of 2017 concerning Regional Innovations? The research method used is juridical-empirical with a qualitative approach. Data were obtained through document studies, interviews, and direct observation of the use of the Sobat Dukcapil website. The theories used as analytical tools are good governance theory and public service theory. The results showed that the Sobat Dukcapil website has made a positive contribution in accelerating the population administration service process, increasing information disclosure, and reducing complicated bureaucratic practices. However, there are still obstacles in terms of community digital literacy as well as limited infrastructure and responsiveness. date: 2025 date_type: published pages: 113 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Fakultas Hukum thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Oktaviani, Putri Dwi (2025) IMPLEMENTASI WEBSITE SOBAT DUKCAPIL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG GUNA MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 38 TAHUN 2017 TENTANG INOVASI DAERAH. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/17/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/3/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/4/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/5/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/6/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_05%20.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/7/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/8/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49929/19/PUTRI%20DWI%20OKTAVIANI_1111210087_01.pdf