TY - THES A1 - RAMADHAN, ADINDA PUTRI KW - Gadget Use KW - Parental Role KW - Social Development KW - Early Childhood KW - Supervision Gadget KW - Peran Orang Tua KW - Perkembangan Sosial KW - Anak Usia Dini KW - Pengawasan N1 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia 3?4 tahun. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian dilakukan di Kampung Masjid RT02/03, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap dua orang tua yang memiliki anak usia 3?4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menyadari pentingnya pendampingan dan pengawasan dalam penggunaan gadget oleh anak. Meskipun anak telah diperkenalkan dengan gadget sejak usia dini dan menunjukkan kecenderungan ketergantungan, orang tua berupaya mengatasi hal tersebut dengan membatasi waktu penggunaan dan menyediakan alternatif kegiatan yang bersifat edukatif dan sosial. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat menghambat interaksi sosial anak, namun dengan pengawasan yang tepat, gadget juga dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran aktif orang tua sangat penting dalam mengarahkan penggunaan gadget agar tidak menghambat perkembangan sosial anak usia dini. UR - https://eprints.untirta.ac.id/49884/ TI - PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KAMPUNG MASJID RT02/RW03 KELURAHAN JOMBANG KECAMATAN CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN EP - 171 PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA ID - eprintuntirta49884 Y1 - 2025/// N2 - This study aims to describe the role of parents in addressing the impact of gadget use on the social development of children aged 3?4 years. Using a qualitative descriptive approach, the study was conducted in Kampung Masjid RT02/RW03, Ciputat District, South Tangerang City. Data were collected through observation and semi-structured interviews with two parents. The findings indicate that parents are aware of the importance of accompanying and supervising their children's gadget use. Although the children showed early signs of dependency on gadgets, parents attempted to address this by limiting screen time and offering alternative educational and social activities. Uncontrolled gadget use can hinder children's social interaction, but with proper supervision, it may enhance language and communication skills. The study concludes that active parental involvement is essential to ensure that gadget use does not impede the social development of early childhood. M1 - sarjana AV - restricted ER -