%0 Thesis %9 S1 %A Ningrum, Loka Ayu Sri Kusuma %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Pertanian, %A Jurusan Agribisnis, %B Agribisnis %D 2025 %F eprintuntirta:49866 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Business development strategy, milkfish bone crackers, SPACE analysis, QSPM analysis %P 135 %T STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERUPUK TULANG IKAN BANDENG (Studi Kasus pada UMKM Roktal Snack Kelurahan Kramatwatu Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang) %U https://eprints.untirta.ac.id/49866/ %X Milkfish Bone Chips are one of the products derived from the utilization of milkfish bone waste, which has potential for development because this snack is enjoyed by consumers from various cities and receives support from the local Government and related institutions. However, fluctuating sales trends have prompted Roktal Snack UMKM to determine alternative strategies in running their milkfish bone cracker business. The research was conducted at Jl. Swadaya, Kramatwatu Village, Kramatwatu District, Serang Regency. The research method used was descriptive analysis employing a three-decision analysis framework with the help of SPACE matrix analysis and QSPM analysis. The results showed that Roktal Snack UMKM, in implementing the business development strategy for milkfish bone crackers, is in an aggressive position, with the generated alternative strategies being backward integration, forward integration, market penetration, and market development. The obtained alternative strategies were then prioritized for implementation, and it was found that the priority order for the milkfish bone cracker business strategies is market penetration, followed by market development, backward integration, and Forward integration. %Z Kerupuk Tulang Ikan Bandeng merupakan salah satu produk hasil pemanfaatan limbah tulang bandeng yang memiliki potensi untuk dikembangkan karena camilan ini digemari oleh konsumen dari berbagai kota serta mendapat dukungan dari Pemerintah daerah dan instansi terkait. Namun, tren penjualan yang fluktuatif mendorong UMKM Roktal Snack untuk menentukan strategi alternatif dalam menjalankan usaha keripik tulang bandeng mereka. Penelitian dilakukan di Jl. Swadaya, Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan kerangka analisis tiga keputusan menggunakan bantuan analisis matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) dan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Roktal Snack, dalam menerapkan strategi pengembangan usaha keripik tulang bandeng, berada pada posisi agresif, dengan strategi alternatif yang dihasilkan berupa integrasi ke belakang (backward integration), integrasi ke depan (forward integration), penetrasi pasar (market penetration), dan pengembangan pasar (market development). Strategi alternatif yang diperoleh kemudian diprioritaskan untuk diimplementasikan, dan ditemukan bahwa urutan prioritas strategi usaha keripik tulang bandeng adalah penetrasi pasar, diikuti oleh pengembangan pasar, integrasi ke belakang, dan integrasi ke depan.