@phdthesis{eprintuntirta49835, note = {Lembaga Pendidikan XYZ merupakan institusi pendidikan tinggi vokasi yang didirikan dari transformasi pusat pendidikan dan pelatihan sebuah perusahaan. Sebagai bentuk pengembangan dari pusat pelatihan industri ke institusi pendidikan formal, Lembaga Pendidikan XYZ berfokus pada penguasaan keahlian terapan, yang memanfaatkan teknologi untuk keterampilan industri dari sebuah perusahaan yang mengusung pembentukan Lembaga Pendidikan XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital mahasiswa di Lembaga Pendidikan XYZ berdasarkan empat dimensi utama: keterampilan digital (digital skill), etika digital (digital ethics), budaya digital (digital culture), dan keamanan digital (digital safety). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI), yang memungkinkan pengukuran sejauh mana harapan mahasiswa terhadap literasi digital sesuai dengan kenyataan yang mereka alami. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa aktif, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi prioritas perbaikan dan tingkat kepuasan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat literasi digital berada pada kategori cukup baik, namun terdapat beberapa indikator yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut, khususnya dalam aspek keamanan digital dan budaya digital. Nilai CSI yang diperoleh sebesar 73,35\% mengindikasikan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa berada dalam kategori puas. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi peningkatan literasi digital yang lebih efektif dan relevan.}, month = {June}, school = {Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, title = {ANALISIS KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN DIMENSI LITERASI DIGITAL DENGAN INTEGRASI METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: LEMBAGA PENDIDIKAN XYZ)}, author = {Mochamad Hatta Alghifari}, year = {2025}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/49835/}, abstract = {XYZ Institute of Education is a vocational higher education institution established from the transformation of a company's education and training center. As a form of development from an industrial training center to a formal educational institution, Lembaga Pendidikan XYZ focuses on mastering applied expertise, which utilizes technology for industrial skills from a company that carries the formation of Lembaga Pendidikan XYZ. This study aims to analyze the level of digital literacy of students at Lembaga Pendidikan XYZ based on four main dimensions: digital skills, digital ethics, digital culture, and digital safety. The methods used in this research are Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI), which allow measuring the extent to which students' expectations of digital literacy match the reality they experience. Data was collected through distributing questionnaires to active students, then analyzed to identify improvement priorities and overall satisfaction levels. The results show that in general the level of digital literacy is in the good enough category, but there are several indicators that need further attention, especially in the aspects of digital security and digital culture. The CSI value obtained of 73.35\% indicates that the level of student satisfaction is in the satisfied category. This finding can be the basis for educational institutions in designing more effective and relevant digital literacy improvement strategies.} }