@phdthesis{eprintuntirta49833, author = {AZAHRA JASMIN SALSABILA}, year = {2025}, title = {EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya pemahaman pendidikan seksual siswa dan kurangnya media dalam memberikan pendidikan seksual pada siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memberikan materi pendidikan seksual menggunakan media yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pop up book untuk meningkatkan pemahaman pendidikan seksual siswa kelas tinggi sekolah dasar. Media pop up book yang digunakan merupakan media yang dikembangkan oleh Yunia Rahayu Ningsih. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan jenis nonequevalent control group design, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pemberian treatment dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelompok. Dari jumlah 204 siswa yang mengikuti pre-test teradapat 60 siswa pada kategori rendah, 87 siswa pada kategori sedang, dan 57 siswa pada kategori tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pendidikan seksual skala guttman dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis non-parametrik dengan uji hipotesis Mann-Whitney U mendapatkan hasil nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 artinya nilai tersebut kurang dari 0,05. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa Asymp. Sig (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book efektif dan berpengaruh signifikan pada peningkatan pemahaman pendidikan seksual siswa kelas V dan VI SD Negeri 4 Anyar.}, abstract = {This study was conducted based on the problem of low understanding of students sexual education and the lack of media in providing sexual education to students. Efforts that can be made to overcome this problem are by providing sexual education materials using interactive and interesting media. This study aims to determine the effectiveness of pop-up book media to improve the understanding of sexual education in high school students. The pop-up book media used is a media developed by Yunia Rahayu Ningsih. This study uses a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design type, the sampling technique used is purposive sampling. Treatment was given to two groups, namely the experimental group and the control group with 30 students in each group. Of the 204 students who took the pre-test, there were 60 students in the low category, 87 students in the medium category, and 57 students in the high category. The data collection technique used a guttman scale sexual education questionnaire and unstructured interviews. The data analysis technique used is non-parametric analysis with the Mann-Whitney U hypothesis test obtaining an Asymp.Sig (2-tailed) value of 0.000, meaning that the value is less than 0.05. Based on the hypothesis test, it shows that Asymp. Sig (2-tailed) {\ensuremath{<}}0.05, so it can be concluded that the use of pop-up book media is effective and has a significant effect on increasing the understanding of sexual education of grade V and VI students of SD Negeri 4 Anyar.}, keywords = {Sexual Education, Pop Up Book, Quasi Experiment Pendidikan Seksual, Pop Up Book, Quasi Eksperimen}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/49833/} }