eprintid: 49818 rev_number: 35 eprint_status: archive userid: 13952 dir: disk0/00/04/98/18 datestamp: 2025-07-14 02:31:59 lastmod: 2025-07-14 02:31:59 status_changed: 2025-07-14 02:31:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 2227210094@untirta.ac.id creators_name: AMANDA, NESYA creators_id: 2227210094 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: DEWI, RATNA SARI contributors_name: SYACHRUROJI, A contributors_id: 198105052005012002 contributors_id: 197908162005011006 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1501 divisions: PGSD divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Communication skills, cooperative learning, IPAS Keterampilan komunikasi, pembelajaran kooperatif, IPAS note: Keterampilan komunikasi merupakan bagian penting dari keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki peserta didik untuk mendukung keberhasilan belajar dan kesiapan menghadapi tantangan global. Pada realitanya, masih banyak peserta didik yang memiliki keterampilan komunikasi rendah akibat pembelajaran yang kurang efektif, rendahnya kepercayaan diri, dan minimnya kesempatan berkomunikasi aktif di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru perlu mengganti pola pembelajaran tradisional ke pembelajaran abad 21 yang berpusat kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPAS dengan fokus pada beberapa tipe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru dalam pembelajaran kooperatif dilakukan secara terstruktur dengan menyusun tujuan pembelajaran berdasarkan ATP dan Platform Merdeka Mengajar, memilih materi sesuai tingkat kesulitan, menentukan strategi dan metode pembelajaran koperatif, menentukan media/sumber belajar dengan memanfaatkan platform BuGuruRia dan media sosial yang relevan, menyusun asesmen individu maupun kelompok, serta membuat modul ajar pembelajaran kooperatif yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, 2) strategi pelaksanaan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik diterapkan oleh guru melalui lima tipe pembelajaran kooperatif, yaitu: Group Investigation (GI), Co-op Co-op, Student Teams Achievement Division (STAD), Team Game Tournament (TGT), dan Jigsaw, yang meliputi langkah-langkah: menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik, menyajikan informasi secara kontekstual, membentuk kelompok kecil heterogen, membimbing diskusi dan kerja kelompok, memfasilitasi kegiatan evaluasi berupa presentasi maupun penugasan, serta pemberian penghargaan individu dan kelompok, 3) keterampilan komunikasi lisan dan tulisan peserta didik meningkat secara positif melalui diskusi, kerja tim, dan presentasi dalam pembelajaran kooperatif. Peserta didik mampu menyampaikan dan menerima pendapat, melakukan kegiatan presentasi secara sistematis, bertanya dan menjawab pertanyaan sesuai konteks, menyampaikan laporan dengan jelas, mampu menggunakan grafik, tabel, atau gambar, menyajikan informasi dengan tata bahasa yang mudah dipahami, dan mengubah bentuk penyajian data. abstract: Communication skills are an essential part of 21st-century skills that students must possess to support successful learning and to prepare for global challenges. In reality, many students still have low communication skills due to ineffective teaching, lack of self-confidence, and limited opportunities for active communication in the classroom. To address these issues, teacher needs to shift from traditional teaching methods to 21st-century learning that is student-centered. This study aims to describe the teacher's strategies in improving students' communication skills through the implementation of cooperative learning models in IPAS (Science and Social Studies), with a focus on several types of cooperative learning. This study employs a qualitative approach with a descriptive method. The results of the study show that: (1) the teacher's planning in cooperative learning is carried out systematically by formulating learning objectives based on the ATP (Learning Objectives Flow) and the Platform Merdeka Mengajar, selecting materials according to their level of difficulty, determining appropriate cooperative learning strategies and methods, selecting relevant media/learning resources, preparing both individual and group assessments, and designing cooperative learning lesson modules using platforms such as BuGuruRia and social media; (2) the implementation strategy of cooperative learning to enhance students' communication skills is carried out through five cooperative learning types, namely Group Investigation (GI), Co-op Co-op, Student Teams Achievement Division (STAD), Team Game Tournament (TGT), and Jigsaw. These strategies include several steps: conveying learning objectives and preparing students, presenting information, forming heterogeneous small groups, guiding discussions and group work, facilitating evaluation activities such as presentations and assignments, and providing individual and group rewards; (3) students' verbal and written communication skills have shown positive improvement through discussions, presentations, and teamwork within cooperative learning. Students are able to express and receive opinions, conduct presentations systematically, ask questions to teachers or peers, answer questions contextually, present information clearly, use charts, tables, or images, write reports with understandable grammar, and convert data presentations into different formats. date: 2025 date_type: published pages: 358 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Abbas, M. J. (2023). Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Mosikolah (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial), 1(3), 1-8. Akmal, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 228-235. Alfiyanti, D. G., & Erita, Y. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (PP) pada Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 9(2), 1489-1504. Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin,, 7(1), 247-264. Alwan, M. (2024). Pengaruh Komunikasi Nonverbal dalam Meningkatkan Efektivitas Interaksi antar Budaya. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH), 4(3), 1345-1350. Amalia, N. R., N., H., & Irwandani. (2020). Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Debat Aktif. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 1-11. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Anas, N., & Sapri. (2021). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1-8. Anggraena, Y., dkk. (2022). Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi. Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, 1(2), 234-239. Anggita, A. D., Subekti, E. E., & Prayito, M. P. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPAS di Kelas 4 SDN Panggung Lor. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78-84. Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 353-361. Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Medan: PERDANA PUBLISHING. Aziz, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on islamic Education and Social Science (ACIEDSS), 1(2), 308-318. Chusna, I. F., Aini, I. N., Putri, K. A., & Elisa, M. C. (2024). Literatur Review: Urgensi Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4). Dahlan, D., Parhah, S., & Herdiansyah, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk Mengoptimalkan Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 77-86. Dewi, A. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449-459. Djabba, R., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(3), 264-270. Fahrozy, F. P., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093-3101. Fauziyah, S. H., & Hernawan, A. H. (2024). PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3575-3589. Fazliani, B., Maryono, & Khoirunnisa. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas V Di Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(11), 12682-12694. Fendiyanto, P. (2025). nalisis Kelengkapan dan Kesesuaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pada Pembelajaran Matematika SMPN 21 Samarinda. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 137-145. Filmillah, Q., Najwa, W. A., & Najih, A. R. (2025). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model PembelajaranKooperatif Tipe Team Games Tournament Pada Siswa KelasV. SENTRATAMA Seminar Transformasi dan Teknologi Pendidikan Al Hikmah (1), 338-350. Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. JPPGI: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28-42. Gusteti, R. U., & Neviterni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika¸ 3(3), 636-646. Gustri, & Karnati, N. (2021). Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review. Intizar, 27(2), 127-135. Habibullah, N. (2020). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Persoalan Karakteristik Peserta Didik. AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 47-58. Hajron, K. H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Lisan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(1), 403-409. Hamsina, S., Supriadi, Nuriani, & Bahri, A. (2023). Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Abad 21 Dengan Menggunakan Model Talking Chip Kantong Ajaib Doraemon Di MTs Negeri Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 164-180. Hamuni, Idrus, M., & Aswati. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA. Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2021). Perilaku an Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 105-117. Hariko, R. (2024). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan, 2(2), 41–49. Hartati, S. (2023). Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Siklus Hidup Tumbuhan. Berajah Journal (Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri), 3(1), 277-284. Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13. Hayati, M. T. (2020 ). Learning Natural Science Materials of Light Through Cooperative Learning Model Class IV SDN Tiyaran 02. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 411– 421. Hayatunnida, J. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa di MIN 12 Nagan Raya. Madinah : Jurnal Studi Islam, 8(1), 11-21. Hidayati, M. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Mata Pelajaran SKI Kelas V MI Uswatun Hasanah Merambung Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hikmah, L. .., Poncowati, L., & Sari, M. I. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Untuk Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Diskusi Pada Peserta Didik Kelas Iv Mata Pelajaran IPAS SDN Wonotingal Semarang. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidikan, 10(1), 45-50. Hilmansah, D., & Komarudin. (2023). Analisis Perkembangan Peserta Didik dan Perkembangan Agama Peserta Didik Perspektif Al-Quran. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(1), 72-89. Islami, R. P., & Riadi, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 271-281. Jenike, R., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemindikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1), 197-208. Juita, R., & Sari, A. K. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Pagerjaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 503-515. Kartini. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Kenampakan Alam dan Gejala Sosial Negara-Negara Tetangga Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Siswa Kelas VI Semester I SDN Bile Penanggak Kec. Janapria Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal dan Pendidikan Ilmu Sosial, 4(1), 230-237. Khoerunisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) Pada Mahasiswa. IKTISYAF: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2(2), 55-68. Khulaifiyah, Eka, & Leni. (2023). The Use of Interactive Learning Technology in Improving Students' Presentation Performance. Jurnal Kependidikan Profesi, 1(1), 172-178. Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7(1), 1-10. Kusmayadi, M. A., Makki, M., & Syazali, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 255-258. Luckyta, L., Sutisnawati, A., & Usatun, D. A. (2020). Peran Kemampuan Komunikasi Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 68-73. Lumbanbatu, J. S., & Barus, E. R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learningpada Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-6. Lumbantobing, W. L., L, S. M., & Saputro, T. V. (2023). Analisis Penerapan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(2), 528-535. Magdalena, I., Handayani, S. S., & Putri, A. A. (2021). Analisis Faktor yang Memengaruhi Keterampilan Berbicara Siswa di SDN Kosambi 06 Pagi Jakarta Barat. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 107-116. Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90. Makiyah, Y. S., Mahmudah, I. R., Sulistyaningsih, D., & Susanti, E. (2021). Hubungan Keterampilan Komunikasi Abad 21 dan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1-10. Maman, Rachman, E. S., Irawati, Hasbullah, & Juhji. (2021). Karakteristik Peserta Didik: Sebuah Tinjauan Studi Kepustakaan. Geneologi PAI, 8(1), 255-266. Manik, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Pemahaman SiswaDalam Materi Macam-Macam Sujud Pada Kelas VIII SMP Negri 2 Sampoiniet . Serambi Konstruktivis, 3(2), 68-79. Masri, A. S., Nuryatin, A., Subyantoro, S., & Doyin, M. (2022). Dongeng sebagai Media Penanaman Keterampilan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1-5. Maulida, N., Sa'adah, S., & Ukit. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Berorientasi TPACK Dengan Blended Learning Pada Materi Sistem Gerak. BioEdUIN: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 11(2), 79-87. Meylovvia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91 Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya. Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan Diri dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20. Munawaroh, M., & Muhaimin, A. (2019). Korelasai Antara Perencanaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar di SMPI Baburrohman Mojosari Mojokerto 2017-2018. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 310-327. Mustabsyirah, Nurjannah, Ismail, Takdir, & Irmayanti. (2023). Penggunaan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13-17. Nadhifah, Y., Zannah, F., Fauziah, N., Hairunisa, Pikoli, M., Asyhar, A. D., Hizqiyah, I. D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Padang: Global Eksekutif Teknologi . Nasution, A. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SD Negeri 101887 Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Nasution, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Pemrograman Web Dalam Era Abad Ke-21. Klaten: Penerbit Lakeisha. Nasution, Z., Jati, A. K., & Setia, S. (2019). Pelatihan Etika Berbahasa Bagi Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi di Media Sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 117-128. Ningsih, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Di Kelas V SD Islam Alhusnayaini Pekanbaru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. GUNAHUMAS: Jurnal Kehumasan, 2(2), 387-402. Nurlaelah, I., Widodo, A., Redjeki, S., & Rahman, T. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Pada Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja Berbasis Riset Terintegrasi Keterampilan Proses Sains. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), 194-201. Nurmahwati, & Rahmawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 41-49. Pemerintah Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013. Pemerintah Indonesia. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2023 Tentang Standar Pengelolaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20230810_163641_2023pmkemdikbud47.pdf. Pemerintah Indonesia. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/281843/permendikbudriset-no-8-tahun-2024. Pemerintah Indonesia. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/281847/permendikbudriset-no-12-tahun-2024. Piliati, I., Wahyuni, M., & Nurmalina. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3572-3582. Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & K., J. A. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3b), 1639-1646. Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Who Am I. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Putri, A. J., Arsil, & Kurniawan, A. R. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 154-161. Putri, D. E., & Sitepu, T. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Keterampilan Menulis Siswa Nida Suksasat School Thailand. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 26-33. Putri, J. H., Adella, M., Putri, D. A., Walidaini, I., & Nasution, I. (2024). Peran Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kolaborasi di Lingkungan Pendidikan Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 547-552. Putri, K. M., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. (2024). Artikel Model Pembelajaran Cooperative Learning. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 1-6. Putri, R. D., Herpratiwi, & Rosidin, U. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5937-5945. Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 19(2), 106-120. Qudsya, H., Yantoro, & Risdalina. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 273-283. Rahmawati, R. A. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271 - 6279. Rahmawatii, Y. P., & Salehudin, M. (2021). Optimalisai Pembelajaran Abad 21 Pada SMP dan SMA. Journal of Instructional and Development Researches, 1(3), 112-122. Rambe, S. D., Manurung, P., & Syarqawi, A. (2022). Faktor Pendukung Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Siswa di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Al Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam 4(1). Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, A., Salamatussaadah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 20-31. Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253. Rianingsih, D., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 339-346. Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339. Ruzakki, H., & Hosaini. (2021). Pengembangan Pembelajaran Fiqih Dengan Model Cooperative Learning Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah Sukerejo. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192. Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339. Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41. Saputra, I. P., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson andLearning Studies, 4(1), 13-19. Saputri, D. Y., Rukayah, & Wardana, I. G. (2024). Penerapan Team Game Turnament (TGT) berbantuan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 506-513 Sari, D. P. (2024). Keterampilan Mengajar Guru Abad 21. Analysis: Journal Of Education, 2(2), 231-240. Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7-17. Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23-33. Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., D., Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia . Siregar, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas V SD Negeri 112331 Aek Kota Batu Labura Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Boston: Allyn & Bacon. Suartina, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co–Op Co-Op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Yadnya Secara Online. Journal of Education Action Research, 5(2), 151-158. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. Suhelayanti, Syamsiah, Z., I., R., Tantu, Y. R., Kunusa, W. R., Suleman, N., Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) . Medan: Yayasan Kita Menulis. Sukmanasa, W., Anwar, W. S., & Novita, L. (2023). Penerapan keterampilan abad 21 di Kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 86-92. Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA. Tanango, S. M., Kudrat, M., & Husain, R. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran IPAMenggunakan Pendekatan Kurikulum MerdekaKelas IVSekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8907-8919. Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. el-Ghiroh, 17(1), 1-13. Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., Saparingga, H. S., & Firmansyah, R. (2021). Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(5), 345–358. Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigationdi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230-237. Tusyanah, Pujiati, A., Ismiyati, Rachmadi, M. F., Suryanto, E., & Chayati, N. (2024). Perencanaan Pembelajaran dengan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru di SMKN 9 Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 601-612. Utari, M. W., Leksono, S. M., & Resti, V. D. (2025). Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning Tema Biotik Abiotik Di Sekitarku Untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 182-191 . Widodo, S., & Ramdani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185-197. Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. ACIET: Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 105-113. Wulandari, K. (2021). Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7. citation: AMANDA, NESYA (2025) STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/1/NESYA%20AMANDA_2227210094_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/19/NESYA%20AMANDA_2227210094_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/3/NESYA%20AMANDA_2227210094_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/4/NESYA%20AMANDA_2227210094_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/5/NESYA%20AMANDA_2227210094_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/6/NESYA%20AMANDA_2227210094_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/7/NESYA%20AMANDA_2227210094_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/20/NESYA%20AMANDA_2227210094_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/8/NESYA%20AMANDA_2227210094_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49818/9/NESYA%20AMANDA_2227210094_LAMP.pdf