TY - THES KW - Differentiated Learning Strategy KW - Social Skills KW - Pancasila Education Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi KW - Keterampilan Sosial KW - Pendidikan Pancasila Y1 - 2025/// M1 - sarjana N1 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat mengembangkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penggunaan media, serta evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru melakukan asesmen diagnostik non kognitif dan merancang materi serta moda pembelajaran yang bervariasi sesuai kebutuhan peserta didik. Tahap pelaksanaan melibatkan kegiatan dan latihan yang bervariasi, interaksi aktif, umpan balik berkelanjutan, serta pembentukan kelompok berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar. Penggunaan media pembelajaran yang digunakan beragam, termasuk poster, maket, alat musik, dan properti lainnya, yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan diri secara kreatif dan mendukung proses pembelajaran yang lebih inklusif dan kondusif. Evaluasi dilakukan melalui penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta tindak lanjut pembelajaran yang menekankan penguatan motivasi dan refleksi. Secara keseluruhan, strategi pembelajaran berdiferensiasi di SMAN 1 Kota Tangerang dapat berkontribusi positif dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik kelas X seperti komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. EP - 312 A1 - Wardani, Aisyah Sekar Tri AV - restricted PB - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ID - eprintuntirta49771 TI - STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 1 Kota Tangerang) N2 - This study aims to determine how differentiated learning strategies can develop students' social skills in Pancasila education class X at SMA Negeri 1 Tangerang City. This research uses descriptive qualitative research methods and data collection is done through observation, interviews and documentation. The results showed that differentiated learning strategies were implemented through planning, implementation, media use, and evaluation stages. In the planning stage, teachers conduct diagnostic assessments and design materials and learning modes that vary according to the needs of students. The implementation stage involves varied activities and exercises, active interaction, continuous feedback, and group formation based on readiness, interest, and learning profile. The use of learning media is diverse, including posters, mock-ups, musical instruments, and other props, which allow learners to express themselves creatively and support a more inclusive and conducive learning process. Evaluation is done through assessment of attitude, knowledge, and skills aspects, as well as learning follow-up that emphasizes strengthening motivation and reflection. Overall, differentiated learning strategies at SMAN 1 Tangerang City can contribute positively in developing social skills of Grade X students such as communication, collaboration, and cooperation in learning Pancasila Education. UR - https://eprints.untirta.ac.id/49771/ ER -