eprintid: 49727 rev_number: 49 eprint_status: archive userid: 12439 dir: disk0/00/04/97/27 datestamp: 2025-06-20 01:55:24 lastmod: 2025-06-20 01:55:24 status_changed: 2025-06-20 01:55:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 2225210011@untirta.ac.id creators_name: Malisa, Sri creators_id: 2225210011 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anriani, Nurul contributors_name: Mutaqin, Anwar contributors_id: 198201192006042003 contributors_id: 197608102003121001 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Jurusan Pendidikan Matematika title: PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF DENGAN INTEGRASI GAME SCRATCH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP ispublished: pub subjects: L1 divisions: Matematika divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: E-LKPD; Interactive; Scratch Game; Mathematics Concept Understanding Ability E-LKPD; Interaktif; Game Scratch; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika note: Pengembangan E-LKPD Interaktif dengan Integrasi Game Scratch untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Agen Tirtayasa. 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa secara umum. Namun belum tersedianya media pembelajaran yang secara khusus digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Fenomena yang sering terjadi bahwa pembelajaran matematika dinilai kurang menarik, monoton, dan rendahnya keterlibatan siswa serta kurangnya penggunaan teknologi yang terintegrasi dengan game. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan E-LKPD interaktif dengan integrasi game scratch untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Kota Serang dengan responden berjumlah 40 siswa kelas VIII. Hasil uji kevalidan ahli materi diperoleh nilai 83% dan ahli media diperoleh nilai 85%, sehingga dinyatakan sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respons siswa diperoleh nilai 76%, sehingga dinyatakan dengan kriteria praktis. Hasil uji keefektifan diperoleh nilai 83% dari hasil pengukuran melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, sehingga dinyatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut, produk E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. abstract: Development of Interactive E-LKPD with Scratch Game Integration to Measure Mathematics Concept Understanding Ability of Junior High School Students. Undergraduate Thesis. Department of Mathematics Education. Faculty of Teacher Training and Education. Sultan Agen Tirtayasa University. 2025. This research was hampered by the low level of students' understanding of mathematical concepts in general. However, there are no learning media that is specifically used to measure students' concept understanding ability. The phenomenon that often occurs is that math learning is considered less interesting, monotonous, and low student involvement and lack of use of technology integrated with games. Therefore, it is necessary to develop interactive E-LKPD with scratch game integration to measure students' mathematical concept understanding ability. This research used the Borg & Gall development model. This research was conducted at SMPN 18 Serang City with 40 respondents in class VIII. The results of the material expert validity test obtained a score of 83% and the media expert obtained a score of 85%, so it was declared very valid. The practicality test results based on student response to questionnaires that obtained a value of 76%, so it was stated with practical criteria. The effectiveness test results obtained a value of 83% from the measurement results through the test of students' mathematical concept understanding ability, so it was declared effective. Based on this, the E-LKPD product developed meets the criteria of being very valid, practical, and effective. date: 2025 date_type: published pages: 191 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Pendidikan Matematika thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. Research Gate, May. Amelia. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Ustard (Uno Stacko & Card) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Anriani, N., Hidayat, S., & Setiani, Y. (2020). Digitalisasi Pembelajaran di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 390–393. Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478 JIPMat, 5(1), 36–48. Atmowilaga, W. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Numerasi Menggunakan Wizer.me Pada Pembelajaran Matematika SMP. Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2646–2657. Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). Longman. Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, S. A. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282 294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993 75 Delfita, O., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1184–1196. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.316 Elfrianto, & Lesmana, G. (2022). Metodoloogi Penelitian Pendidikan (B. N. Tanjung (ed.); 1st ed.). Umsu Press. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendidikan/4 3yAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview Fobia, A. S., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat. Haumeni Journal of Education, https://doi.org/10.35508/haumeni.v3i1.10840 3(1), 63–76. Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Allyn & Bacon. Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515 7(1), 751–765. Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia ( Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas 76 Siliwang, 1, 375–385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302 Hamzah, A. M., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2023). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) as A Measurement for Student Mathematics Assessment Development. 12 Waiheru, 9(2), 189–196. https://doi.org/10.47655/12waiheru.v9i2.144 Hansun, S. (2014). Scratch Pemrograman Visual untuk Semuanya. Jurnal ULTIMA InfoSys, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.31937/si.v5i1.218 Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125 Hendrakus, Sarassanti, Y., & Lestari, N. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 2(1), 29–36. Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 191–202. Kania, W. F., & Ristiana, M. G. (2021). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1255-1268 4(5), 1255–1268. Khotimah, K., Istinganah, S., Umardiyah, F., & Nasrulloh, M. F. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis HOTS pada Materi Bangun 77 Ruang Prisma dan Limas SMP Kelas VIII. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(5), 48–57. https://doi.org/10.32764/joems.v5i5.799 Mardianti, Y., Untari, E., & Muzaki, F. I. (2022). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Permainan Edukatif Terintegrasi Karakter Kreatif Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd. Metodik https://doi.org/10.17509/md.v18i1.35244 Didaktik, 18(1), 10–21. Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Respository LPPM Unila, http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Pengembangan.pdf 10, Penelitian 1–8. dan Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan Pembelajaran Yang Interaktif Dalam Menumbuhkan Critical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan Guru https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.793 Sekolah Dasar, 1(4), 10. Miftaqulzanah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa KelasVII SMP. Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060 Mutaqin, A., Hendrayana, A., Studi, P., Matematika, P., Sultan, U., Tirtayasa, A., Analysis, R., & Obstacles, L. (2022). Analisis kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis pada mata kuliah analisis real. 4, 1–11. Nabilla, N., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika 78 Interaktif Berbasis Literasi Digital. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1581–1594. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1581-1594 Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di MI. Jurnal Auladuna, 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf Ngafifi, M. (2023). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 26–53. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272 Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Claudia Maharani, S. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi 3(2), 289–298. OECD. (2022). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. Peritami, S. A., Afifah, A. S., Rijal, A. K., Suhartono, I., Listiyanto, & Ridlo, M. R. (2021). Membangun Logika Coding melalui Scratch dengan Pembuatan Game di SMP-IT Cahaya Islam. JATIMIKA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2, 235–239. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/15382 Pitaloka, A. A. (2024). “Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Menggunakan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif https://doi.org/https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9144/ Siswa SMP”. 79 Prista, D., Sumarmi, S., Mutia, T., Utaya, S., & Bernadi, A. I. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Game-Based Learning Berbantuan Live Worksheets pada Materi Pemetaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(12), https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1380-1395 1380–1395. Putri Hapsari, Y. H., & Gularso, D. (2024). Pengembangan Kepraktisan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Wirosaban. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1351 1357. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3309 Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. Rahman Hakim, Z., Taufik, M., & Novianda Firdayanti, R. (2019). Pengembangan Media FlipChart pada Tema “Diriku” Subtema “Tubuhku” SDN Serang 3. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 66–75. Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Ristiani, L., & Loviana, S. (2023). Pengembangan E-Lkpd Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal of Mathematics Education, 4(2), 104–115. Salvia, N. Z., & Karimah, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Wizer.me Materi Barisan dan Deret untuk Melatih Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK Maarif Nu Doro. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 5, 601–613. 80 Saman. (2023). Tinjauan Teoritis Media Pembelajaran Matematika Dengan Aplikasi Tiktok Theoretical Review Mathematics Learning Media With Tiktok Applications. Jurnal Saintifik (Multi Science), 21(2), 79–88. Sari, L. P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 2 Ratna Daya. Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265 Application, 3(1), 67–75. Sidik, Z. M., Susanto, S., Suwito, A., Setiawan, T. B., & Safrida, L. N. (2023). Kepraktisan dan Keefektifan Penggunaan E-LKPD Konteks Sosial Budaya Berbantuan Workbook GeoGebra terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik pada Materi Limas. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 231–244. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.231-244 Silvi. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kooperatif Learning untuk Siswa SMP pada Mata Pelajaran Matematika. Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635 5(2), 1919–1927. Sofia, & Loviana, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Open Ended Kelas VIII SMP. Eksponen, https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1070 14(1), 63–73. 81 Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1390–1398. Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233 2(7), 1256–1268. Suta, I. W. B. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Triyani, R., Pamungkas, A. S., & Santosa, C. A. H. F. (2024). Pengembangan e lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 34–52. Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993 Utami, M., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2024). Sytematic Literature Review : E Lkpd Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.15859 9(1), 1–13. Wahyusi, E., & Sinaga, B. (2021). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan 82 Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII-Alrusyd Di SMP Swasta Islam Terpadu Khairul imam Medan. Jurnal Fibonaci, 2(1). Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793 1(1), 31–38. Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Dalfian, Nurcahyati, S., & Devriany, A. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Wikasari, A., Suweken, G., & Suparta, I. N. (2024). Pengembangan LKPD Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa SMP. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(3), 231–238. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6594 Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074 5(2), 3928–3936. Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891 (IJTIS), 1(2), 43–48. Yasmansyah, & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. JPION : Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. Yuberti. (2020). Penelitian dan Pengembangan yang Belum diminati dan 83 Perspektifnya. Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615–630. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1946 citation: Malisa, Sri (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF DENGAN INTEGRASI GAME SCRATCH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/5/SRI%20MALISA_2225210011_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/19/SRI%20MALISA_2225210011_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/1/SRI%20MALISA_2225210011_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/2/SRI%20MALISA_2225210011_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/3/SRI%20MALISA_2225210011_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/20/SRI%20MALISA_2225210011_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/4/SRI%20MALISA_2225210011_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/7/SRI%20MALISA_2225210011_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49727/9/SRI%20MALISA_2225210011_LAMP.pdf