TY - THES EP - 454 TI - PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GIMKIT UNTUK MENINGKATKAN RETENSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA N1 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya retensi dan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkannya model pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Dalam penelitian ini sebagai jalur alternatif, menggunakan media pembelajaran berbasis gamifikasi yaitu Gimkit, dengan menggunakan Gimkit ini diyakini dapat meningkatkan retensi dan kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan Gimkit dalam meningkatkan retensi dan kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Pandeglang tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent pretest-posttest control group design dan melibatkan 2 kelompok. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar siswa, skala kemandirian, dan angket terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika menggunakan Gimkit berpengaruh dalam meningkatkan retensi belajar siswa, 2) Pembelajaran matematika menggunakan Gimkit berpengaruh dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, 3) Pembelajaran matematika menggunakan Gimkit berpengaruh positif terhadap respon siswa dalam belajar. UR - https://eprints.untirta.ac.id/49694/ KW - Gimkit KW - Student Learning Retention KW - Student Learning Independence. Gimkit KW - Retensi Belajar Siswa KW - Kemandirian Belajar Siswa. A1 - Azrien, Zalfah Chordelia M1 - sarjana N2 - This study is motivated by the low retention and independence of students in learning mathematics. One of the factors that influence this is the use of learning methods that are less interesting and less appropriate. Therefore, there is a need for an innovative learning model that can improve these abilities. In this study, as an alternative path, using gamification-based learning media, namely Gimkit, using Gimkit is believed to be able to increase student retention and learning independence. The purpose of this study was to determine the effect of mathematics learning using Gimkit in improving student retention and learning independence compared to students who received conventional learning models. This research was conducted at SMA Negeri 9 Pandeglang in the academic year 2024/2025. The research method used was quasi-experiment with a research design of Nonequivalent pretest-posttest control group design and involved 2 groups. Sampling was done by purposive sampling, while the sample in this study amounted to 60 class X students. The instruments used in this study consisted of student learning retention tests, independence scales, and open-ended questionnaires. The results of this study showed that: 1) Mathematics learning using Gimkit has an effect in improving students' learning retention, 2) Mathematics learning using Gimkit has an effect in increasing students' learning independence, 3) Mathematics learning using Gimkit has a positive effect on students' response to learning. AV - restricted PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA Y1 - 2025/// ID - eprintuntirta49694 ER -