eprintid: 49632 rev_number: 82 eprint_status: archive userid: 5460 dir: disk0/00/04/96/32 datestamp: 2025-06-25 02:23:43 lastmod: 2025-06-25 02:23:43 status_changed: 2025-06-25 02:23:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Reshanandra creators_id: 2287210001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sidik, Sistriadini Alamsyah contributors_name: Utami, Yuni Tanjung contributors_id: 198705142015042002 contributors_id: 198706282019032008 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Jurusan Pendidikan Khusus title: PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH SOFIANA ARRAUF ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB divisions: FKIP divisions: Khusus full_text_status: restricted keywords: cerebral palsy child type hemiplegia, fine motor, traditional game congklak Anak cerebral palsy tipe hemiplegia, motorik halus, permainan tradisional congklak note: Anak cerebral palsy adalah anak yang mengalami masalah fisik dan motorik yang disebabkan oleh kerusakan di dalam otak. Salah satu akibat yang umum terjadi pada anak dengan kondisi cerebral palsy yaitu kesulitan dalam melakukan kegiatan motorik, baik kasar maupun halus. Dalam kegiatan keseharian, kemampuan motorik halus menjadi elemen dasar yang perlu dikuasai oleh anak, tidak terkecuali pada anak cerebral palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak cerebral palsy hemiplegia menggunakan permainan tradisional congklak. Dalam penelitian ini, bermain congklak dengan pendekatan game based learning merupakan perlakuan yang diberikan. Penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dan menggunakan desain reversal A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes perlakuan melalui instrumen yang telah di uji validitas isi berupa expert judgement dan uji reliabilitas konsistensi internal dengan teknik alpha cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan hasil perolehan berbentuk grafik. Subjek yang diteliti adalah seorang anak cerebral palsy tipe hemiplegia kelas 4 (fase B) SDKh berinisial AR. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan permainan congklak mampu meningkatkan kemampuan motorik halus cerebral palsy hemiplegia di SKh Sofiana Arrauf, ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata data pada keempat target behavior (menggerakkan jari, menjumput, memegang dan memindahkan benda) setelah diberikannya intervensi/perlakuan. Dengan demikian, kesimpulan pada penelitian ini adalah permainan tradisional congklak mampu meningkatkan keterampilan motorik halus cerebral palsy tipe hemiplegia kelas 4 SDKh di SKh Sofiana Arrauf. abstract: Children with cerebral palsy are children who experience physical and motor problems caused by damage in the brain. One of the common consequences of children with cerebral palsy is difficulty in doing motor activities, both gross and fine. In daily activities, fine motor skills become a basic element that needs to be mastered by children, cerebral palsy is no exception. The purpose of this study is to determine the improvement of fine motor skills of children with cerebral palsy type hemiplegia using the traditional game congklak. In this study, playing congklak with a game based learning approach is the treatment given. This research is a quantitative type of experimental method with a single subject research (SSR) approach and uses an A-B-A reversal design. The data collection technique used is a treatment test through instruments that have been tested for content validity in the form of expert judgment and internal consistency reliability test with the alpha cronbach technique. The data analysis technique in this research is a descriptive statistical technique with the results obtained in the form of a graph. The subject studied was a child with cerebral palsy type hemiplegia grade 4 (phase B) SDKh with the initials AR. Based on the results of research showing that the implementation of the congklak game is able to improve fine motor skills cerebral palsy type hemiplegia in SKh Sofiana Arrauf, shown by the increase in the average data value of the four target behaviors (moving fingers, picking, holding and moving objects) after giving intervention/treatment. Thus, the conclusion of this study is that the traditional game of congklak is able to improve fine motor skills cerebral palsy type of hemiplegia grade 4 SDKh in SKh Sofiana Arrauf. date: 2025 date_type: published pages: 291 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Pendidikan Khusus thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Putri, Reshanandra (2025) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH SOFIANA ARRAUF. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/25/Reshanandra%20Putri_2287210001_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/22/Reshanandra%20Putri_2287210001_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/26/Reshanandra%20Putri_2287210001_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/4/Reshanandra%20Putri_2287210001_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/5/Reshanandra%20Putri_2287210001_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/6/Reshanandra%20Putri_2287210001_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/9/Reshanandra%20Putri_2287210001_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/10/Reshanandra%20Putri_2287210001_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49632/8/Reshanandra%20Putri_2287210001_Lamp.pdf