@phdthesis{eprintuntirta49574, school = {Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, title = {IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI PENGUATAN DIMENSI KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kelas VII di SMP Darul Mukhlishin Jakarta)}, author = {Yuliadi Alfian}, year = {2024}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya untuk memperkuat dimensi kreatif peserta didik di SMP Darul Mukhlishin Jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan fokus pada kelas VII. Temuan utama penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk memastikan kesuksesan dan efektivitas implementasi. Evaluasi melibatkan penentuan tujuan yang kuat, evaluasi bahan yang diperlukan, pengaturan waktu dan peserta, serta penilaian terhadap kelengkapan, keunikan, validitas, kekuatan, penyediaan, distribusi, dan daya tarik hasil projek. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan gambaran tentang upaya untuk meningkatkan dimensi kreatif peserta didik melalui penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Darul Mukhlishin Jakarta. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan Projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Darul Mukhlishin Jakarta melibatkan beberapa langkah, antara lain pembentukan tim fasilitator, evaluasi kesiapan satuan pendidikan, penentuan dimensi, tema, dan alokasi waktu, serta penyusunan modul Projek. (2) Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Darul Mukhlishin Jakarta Tahun 2023/2024 mengikuti rangkaian proses yang terdiri dari persiapan sumber belajar, pembentukan kelompok, pengenalan Projek dengan menjelaskan tujuan dan konteksnya, eksplorasi permasalahan di lingkungan sekitar, tahap implementasi atau aksi nyata, dan pembagian hasil, dan (3) Evaluasi Projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Darul Mukhlishin Jakarta Tahun 2023/2024 berfokus pada penilaian terhadap seluruh proses pelaksanaan Projek, termasuk evaluasi terhadap partisipasi Peserta didik, efektivitas tim, dan pencapaian tujuan Projek.}, keywords = {Implementation, Projek to Strengthen the Pancasila Student Profile Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila}, abstract = {This study aims to describe the implementation of the Projek to strengthen the Pancasila student profi le as an eff ort to enhance the creative dimensions of students at SMP Darul Mukhlishin Jakarta. The research methodology used is descriptive study focusing on grade VII. The main fi ndings of this study emphasize the importance of evaluating the Projek to strengthen the Pancasila student profi le to ensure the success and eff ectiveness of its implementation. The evaluation involves setting strong goals, assessing necessary materials, organizing time and participants, and evaluating the completeness, uniqueness, validity, strength, provision, distribution, and appeal of the Projek results. The conclusion of this study provides an overview of eff orts to enhance the creative dimensions of students through the strengthening of the Pancasila student profi le at SMP Darul Mukhlishin Jakarta. Thus, it can be concluded that (1) The planning of the Projek to strengthen the Pancasila student profi le at SMP Darul Mukhlishin Jakarta involves several steps, including the formation of a facilitator team, evaluation of the readiness of the educational unit, determination of dimensions, themes, and time allocation, as well as the preparation of the Projek module. (2) The implementation of the Projek to strengthen the Pancasila student profi le at SMP Darul Mukhlishin Jakarta for the year 2023/2024 follows a series of processes consisting of the preparation of learning resources, formation of groups, introduction of the Projek by explaining its goals and context, exploration of problems in the surrounding environment, implementation or real action phase, and sharing of results. (3) The evaluation of the Projek to strengthen the Pancasila student profi le at SMP Darul Mukhlishin Jakarta for the year 2023/2024 focuses on the assessment of the entire Projek implementation process, including the evaluation of student participation, team eff ectiveness, and the achievement of Projek goals.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/49574/} }