eprintid: 49495 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 19024 dir: disk0/00/04/94/95 datestamp: 2025-06-18 02:40:08 lastmod: 2025-06-18 02:40:08 status_changed: 2025-06-18 02:40:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shidiq, Asep Permana creators_id: 6662200208 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: FITRIYAH, NEKA contributors_id: 197708112005012003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: ILMU KOMUNIKASI title: PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU “IMPULSIVE BUYING” DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI (UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA) ispublished: pub subjects: communication-general divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted abstract: Asep Permana Shidiq. NIM 6662200208. SKRIPSI. Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Impulsive Buying di kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Pembimbing : Dr. Neka Firtiyah, S.Sos., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku Impulsive Buying di kalangan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Untirta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aplikasi marketplace Shopee yang menawarkan fitur Shopee Paylater dimana fitur tersebut dapat memfasilitasi pembelian mahasiswa tanpa harus membayar di awal yang dapat memicu terjadinya perilaku Impulsive Buying. Dalam penelitian ini menggunakan teori Perilaku Konsumen. Metode peneltian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Untirta angkatan 2020, 2021 dan 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear dengan menggunakan bantuan IBM SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai R Square 0,547. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel Penggunaan Shopee Paylater berpengaruh sebesar 54,7% terhadap variabel Perilaku Impulsive Buying (Y), kemudian untuk 45,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti padauji penelitian ini. Kemudian dari hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung (10,876) > t_tabel (1,660) dan nilai signifikansi (0,001) < alpha (0,05) maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung memiliki kebiasaan impulsive buying setelah di fasilitasi oleh Shopee Paylater, artinya terdapat Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Impulsive Buying di kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Kata Kunci: Marketing Communication, Perilaku Konsumen, Impulsive Buying, Communication Studies, Shopee Paylater, Shopee date: 2025-06-11 date_type: published institution: University of Sultan Ageng Tirtayasa department: Communication Science thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Shidiq, Asep Permana (2025) PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU “IMPULSIVE BUYING” DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI (UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA). S1 thesis, University of Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/1/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/3/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/4/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/5/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/6/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/7/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/8/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49495/17/Asep%20Permana%20Shidiq_6662200208_01.pdf