eprintid: 49464 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 9663 dir: disk0/00/04/94/64 datestamp: 2025-06-11 06:19:13 lastmod: 2025-06-11 06:19:13 status_changed: 2025-06-11 06:19:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAFDI, MUHAMMAD ABI creators_id: 6662200087 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: MUKHROMAN, IMAN contributors_name: FATHONY, IVAN ISSA contributors_id: 197502022002121002 contributors_id: 198701212022031003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: JURUSAN ILMU KOMUNIKASI title: STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @IPRAHUMASINDONESIA SEBAGAI MEDIA PENYALURAN INFORMASI SEPUTAR KEHUMASAN ispublished: pub subjects: Communication divisions: FISIP divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted keywords: Communication Strategy, Social Media, Instagram Strategi Komunikasi, Media Sosial, Instagram note: Di era digital ini, perkembangan media semakin pesat dengan dukungan teknologi yang serba canggih. Perkembangan teknologi yang serba digital sekarang ini memberikan kemudahan untuk banyak orang dalam mencari dan mengakses sumber-sumber informasi dan pengetahuan termasuk informasi tentang dunia kehumasan. Berbagai perusahaan, organisasi, lembaga, komunitas dan juga instansi lainnya tidak tertinggal untuk memanfaatkan Instagram sebagai media informasi. Salah satu contohnya adalah Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas Indonesia). Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi melalui akun media sosial Instagram @iprahumasindonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dengan jenis Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil pembahasan Akun @iprahumasindonesia menggunakan Instagram untuk saling berkomunikasi memberikan informasi pada Masyarakat tentang komunikasi dan dunia kehumasan. Dalam Pengelolaan Akun Instagram tentunya harus memiliki strategi komunikasi yang baik, hal ini menunjukkan pentingnya memperhatikan strategi komunikasi guna mencapai target audiens dengan lebih efektif dan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana penyebaran informasi. Akun Instagram @iprahumasindonesia menerapkan strategi pengelolaan yang komprehensif melalui empat tahapan penting, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. abstract: In this digital era, media development is growing rapidly with the support of sophisticated technology. The development of digital technology now makes it easy for many people to find and access sources of information and knowledge, including information about the world of public relations. Various companies, organizations, institutions, communities and also other agencies are not left behind to take advantage of Instagram as an information medium. One example is the Indonesian Public Relations Association (Iprahumas Indonesia). This research discusses the communication strategy through the Instagram social media account @iprahumasindonesia. The method used in this research is a Qualitative Approach with a Case Study type. Data collection techniques using observation, interview and documentation techniques. The results of the discussion of the @iprahumasindonesia account use Instagram to communicate with each other to provide information to the public about communication and the world of public relations. In managing Instagram accounts, of course, you must have a good communication strategy, this shows the importance of paying attention to communication strategies to reach the target audience more effectively and the use of Instagram social media as a means of disseminating information. The @iprahumasindonesia Instagram account implements a comprehensive management strategy through four important stages, namely planning, implementation, supervision, and evaluation. date: 2025 date_type: published pages: 119 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ILMU KOMUNIKASI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: RAFDI, MUHAMMAD ABI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @IPRAHUMASINDONESIA SEBAGAI MEDIA PENYALURAN INFORMASI SEPUTAR KEHUMASAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/1/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/3/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/4/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/5/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/6/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/7/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/8/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49464/9/Skripsi%20Muhammad%20Abi%20Rafdi_Lamp.pdf