@phdthesis{eprintuntirta49414, author = {DHEA VIOLINA}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGARUH PEMASARAN ONLINE DAN MODAL KERJA TERHADAP PENDAPATAN UMKM (Studi Kasus UMKM Olahan Hasil Pertanian di Kota Tangerang)}, note = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari pemasaran online dan modal kerja secara parsial dan secara simultan terhadap pendapatan UMKM Olahan Hasil Pertanian di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian mengacu pada pelaku usaha olahan hasil pertanian di Kota Tangerang yang merupakan binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tangerang. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Penentuan sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin yang didapat hasilnya sebesar 95 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T dan uji-F, serta Koefisien Determinasi (R?) yang sebelumnya data telah diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk pengujian kuesioner dan uji asumsi klasik. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 21.0. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi diperoleh hasil persamaan sebagai berikut: Y = 13.571 + 0.326X1 + 0.281X2 + e. Analisis linear berganda didapat bahwa Pemasaran Online (X1) sebesar 0,326 dengan nilai t-hitung sebesar 2,788 dan t-tabel (Sig 0,05) serta Modal Kerja (X2) sebesar 0,281 dengan nilai t-hitung sebesar 2,454 dan t-tabel (Sig 0,05). Hasil analisis Koefisien determinasi (R?) adalah 0,131 artinya sebesar 13,1\% variabel Pemasaran Online (X1) dan Modal Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Pendapatan UMKM (Y), sedangkan sebesar 86,9\% lainnya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar dari penelitian ini. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran Online berpengaruh positif dan signifikan (0,006 {\ensuremath{<}} 0,05) terhadap Pendapatan UMKM, (2) Modal Kerja berpengaruh positif dan signifikan (0,016 {\ensuremath{<}} 0,05) terhadap Pendapatan UMKM, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan (0,002 {\ensuremath{<}} 0,05) antara Pemasaran Online dan Modal Kerja secara simultan atau bersama-sama terhadap Pendapatan UMKM Olahan Hasil Pertanian di Kota Tangerang.}, year = {2025}, keywords = {online marketing, working capital, micro, small, and medium enterprises (MSMEs), income}, abstract = {Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are business entities carried out by groups, individuals, households, up to small business entities that meet the standards as micro businesses. The purpose of this study is to analyze the effect of online marketing and working capital partially and simultaneously on the income of MSMEs Processed Agricultural Products in Tangerang City. This study uses a quantitative method with primary and secondary data sources. The population in the study refers to agricultural product processing business actors in Tangerang City which are fostered by the Tangerang City Industry, Trade, Cooperatives and MSMEs Service. The sampling technique uses the Probability Sampling technique with the Simple Random Sampling method. The determination of the sample is calculated using the Slovin formula which obtained the results of 95 respondents. The data analysis technique in this study uses the multiple linear regression analysis method. Based on the results of the study using the regression test, the following equation results were obtained: Y = 13,571 + 0.326X1 + 0.281X2 + e. Multiple linear analysis obtained that Online Marketing (X1) was 0.326 with a t-count value of 2.788 and t-table (Sig 0.05) and Working Capital (X2) was 0.281 with a t-count value of 2.454 and t-table (Sig 0.05). The results of the determination coefficient analysis (R?) were 0.131, meaning that 13.1\% of the Online Marketing (X1) and Working Capital (X2) variables had a significant effect on the UMKM Income variable (Y), while the other 86.9\% could be explained by other variables outside of this study.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/49414/} }