eprintid: 49271 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 21695 dir: disk0/00/04/92/71 datestamp: 2025-06-10 02:46:22 lastmod: 2025-06-10 02:46:22 status_changed: 2025-06-10 02:46:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BANTANI, FEBRIANTI DWI creators_id: 2227200058 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ROSIDIN, ODIN contributors_name: YULIANA, RINA contributors_id: 197612222002121001 contributors_id: 198604242014042001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS BILINGUAL ispublished: pub subjects: L1 subjects: communication-general divisions: FKIP divisions: PGSD full_text_status: restricted keywords: communication skills, bilingual learning, learning strategies, interaction, students. keterampilan komunikasi, pembelajaran bilingual, strategi pembelajaran, interaksi, peserta didik. note: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran kelas bilingual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari peserta didik dan guru yang terlibat dalam kelas bilingual. Penelitian ini dilakukan di SD Evfia Land Kota Serang, subjek yang di ambil yaitu peserta didik kelas 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dapat mengemukakan ide, mengajukan serta menanggapi pertanyaan menggunakan bilingual selama proses pembelajaran. Selain itu, mereka juga menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan guru dan teman sebaya secara bilingual dengan tingkat kelancaran yang cukup baik. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan kosakata dan kurangnya rasa percaya diri. Strategi pembelajaran yang melibatkan pendekatan komunikatif, diskusi kelompok, dan penggunaan media interaktif terbukti membantu meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan tersebut berkontribusi pada perkembangan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik dalam pembelajaran kelas bilingual yang sudah menunjukkan hasil yang baik. abstract: This study aims to analyze students' communication skills in bilingual classroom learning. The research method used is a qualitative approach with observation, interviews, and documentation techniques to collect data from students and teachers involved in the bilingual class. This research was conducted at SD Evfia Land Kota Serang, with third-grade students as the subjects. The results indicate that students can express ideas, ask, and respond to questions using bilingual language during the learning process. Additionally, they demonstrate the ability to interact with teachers and peers bilingually with a fairly good level of fluency. However, some challenges were identified, such as limited vocabulary and a lack of confidence. Learning strategies involving a communicative approach, group discussions, and the use of interactive media have been proven to help improve students' communication skills. Based on the findings, it can be concluded that these approaches contribute to the development of students' interpersonal communication skills in bilingual classroom learning, which has shown positive results. date: 2025 date_type: published pages: 242 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: BANTANI, FEBRIANTI DWI (2025) ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS BILINGUAL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/1/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_Full%20Text.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/2/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/3/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/4/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/5/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/6/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/7/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/8/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/9/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49271/10/Febrianti%20Dwi%20Bantani_2227200058_Lamp.pdf