TY - THES A1 - BANTANI, FEBRIANTI DWI KW - communication skills KW - bilingual learning KW - learning strategies KW - interaction KW - students. keterampilan komunikasi KW - pembelajaran bilingual KW - strategi pembelajaran KW - interaksi KW - peserta didik. UR - https://eprints.untirta.ac.id/49271/ N1 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran kelas bilingual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari peserta didik dan guru yang terlibat dalam kelas bilingual. Penelitian ini dilakukan di SD Evfia Land Kota Serang, subjek yang di ambil yaitu peserta didik kelas 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dapat mengemukakan ide, mengajukan serta menanggapi pertanyaan menggunakan bilingual selama proses pembelajaran. Selain itu, mereka juga menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan guru dan teman sebaya secara bilingual dengan tingkat kelancaran yang cukup baik. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan kosakata dan kurangnya rasa percaya diri. Strategi pembelajaran yang melibatkan pendekatan komunikatif, diskusi kelompok, dan penggunaan media interaktif terbukti membantu meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan tersebut berkontribusi pada perkembangan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik dalam pembelajaran kelas bilingual yang sudah menunjukkan hasil yang baik. EP - 242 TI - ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KELAS BILINGUAL ID - eprintuntirta49271 Y1 - 2025/// PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA AV - restricted N2 - This study aims to analyze students' communication skills in bilingual classroom learning. The research method used is a qualitative approach with observation, interviews, and documentation techniques to collect data from students and teachers involved in the bilingual class. This research was conducted at SD Evfia Land Kota Serang, with third-grade students as the subjects. The results indicate that students can express ideas, ask, and respond to questions using bilingual language during the learning process. Additionally, they demonstrate the ability to interact with teachers and peers bilingually with a fairly good level of fluency. However, some challenges were identified, such as limited vocabulary and a lack of confidence. Learning strategies involving a communicative approach, group discussions, and the use of interactive media have been proven to help improve students' communication skills. Based on the findings, it can be concluded that these approaches contribute to the development of students' interpersonal communication skills in bilingual classroom learning, which has shown positive results. M1 - sarjana ER -