eprintid: 49222 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 1882 dir: disk0/00/04/92/22 datestamp: 2025-06-04 03:59:49 lastmod: 2025-06-04 03:59:49 status_changed: 2025-06-04 03:59:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZZAHRA, MARSHA creators_id: 6662200127 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: WINANGSIH, RAHMI contributors_id: 196810192005012001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: JURUSAN ILMU KOMUNIKASI title: SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KAMERA SAKU DIGITAL BEKAS PAKAI PADA INSTAGRAM @WARISAN_ANALOG ispublished: pub subjects: communication-general divisions: FISIP divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted keywords: Marketing Communications, Social Media Marketing, Digital Pocket Camera, Sales Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Media Sosial, Kamera saku Digital, Penjualan note: Penggunaan kamera saku digital atau kamera digital point-and-shoot tengah menghadapi kebangkitan dalam beberapa tahun terakhir. Media sosial menjadi salah satu kekuatan di balik adanya kebangkitan kamera saku digital. Komunikasi pemasaran secara online melalui media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran yang banyak digunakan. Hal ini juga dilakukan oleh warisan analog yang memanfaatkan social media marketing di instagram dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui social media marketing yang dilakukan oleh @warisan_analog dalam meningkatkan penjualan kamera saku digital bekas pakai di instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 4 elemen pemasaran media sosial (Content creation, Content sharing, Connecting, Community building) oleh Gunelius. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Content creation (pembuatan konten) terdapat tiga tahapan yaitu tahap perencanaan konten, produksi konten, dan distribusi konten. Content sharing (berbagi konten) dilakukan dengan memposting konten yang dibuat melalui feeds dan story instagram dengan menyisipkan link terusan akun e-commerce dalam membagikan konten pada story instagram. Connecting (terhubung), @warisan_analog membangun hubungan dengan cara berinteraksi melalui kolom komentar, direct message, live streaming, dan membuka question box pada instagram, serta melakukan kolaborasi dengan akun bisnis lain. Community building (membangun komunitas), @warisan_analog memanfaatkan fitur saluran siaran (broadcast channel) yang terdapat di Instagram. abstract: The use of digital pocket cameras or point-and-shoot digital cameras has seen a resurgence in recent years. Social media in one of forces behind the rise of digital pocket cameras. Online marketing communication through social media has become one of the widely used marketing tools. This is also done by @Warisan_analog which utilizes social media marketing on instagram to increase sales. This study aims to determine the social media marketing carried out by @warisan_analog in increasing sales of used digital compact cameras on instagram. this research uses qualitative approach with 4 elements of social media marketing (Content creation, Content Sharing, Connecting, Community Building) by Gunelius. The data collection technique used include interview, observation, and documentation. The result of this study show that in content creation there are three stages, namely the content planning stage, content production, and content distribution. Content sharing is done by posting content created through instagram feeds and stories by inserting e-commerce account forward links in sharing content on instagram stories. Connecting, @warisan_analog build relationships by interacting through comments, direct messages, live streaming, and open question box on instagram, as well as collaborating with other business accounts. Community building, @warisan_analog utilizes the broadcast channel feature found on Instagram. date: 2024 date_type: published pages: 147 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ILMU KOMUNIKASI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: AZZAHRA, MARSHA (2024) SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KAMERA SAKU DIGITAL BEKAS PAKAI PADA INSTAGRAM @WARISAN_ANALOG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/1/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/2/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/19/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/6/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/7/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/8/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/9/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/10/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49222/11/MARSHA%20AZZAHRA_6662200127_LAMP.pdf